Mohon tunggu...
Regita mutiara winri
Regita mutiara winri Mohon Tunggu... Mahasiswa - universitas muhammadiyah jakarta

saya seorang mahasiswa di universitas muhammadiyah jakarta, ilmu sosial dan ilmu politik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Penting dan Dampak Iklan di Dalam Masyarakat Modern

8 Juli 2024   20:17 Diperbarui: 8 Juli 2024   20:53 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.istockphoto.com

Nama : Regita Mutiara Winri

Nim : 23010400037

Dosen : Velda Ardia, S.Ikom, M.Si

Mata Kuliah :  Pengantar Advertising

Iklan memiliki peran penting di dalam Masyarakat. Iklan tidak hanya berfungsi sebagai suatu tempat promosi produk ataupun jasa, tetapi iklan juga sebagai suatu media yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen nya sendiri. Seperti di dalam sebuah konteks sosial yang sering dianggap integral di daalam kehidupan kita sehari-hari baik itu secara langsung ataupun tidak langsung.

   Adanya peran iklan di dalam Masyarakat sering kali digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan suatu produk ataupun jasa. Dengan melalui sebuah iklan, Perusahaan dapat dengan mudah memperkenalkan produk atapun jasa mereka kepada Masyarakat. Dan dengan adanya iklan, dapat membantu untuk dapat menciptakan sebuah kesadaran akan suatu produk ataupun jasa yang sedang ditawarkan kepada konsumen, sehingga konsumen dapat dengan mudah mengenali barang itu dan konsumen pun tertarik untuk membelinya.

Meningkatkan kesadaran dan pengetahuan

   Iklan memiliki peran utama yaitu untuk dapat meningkatkan sebuah kesadaran Masyarakat terhaadaap suatu produk atau jasa yang tertentu. Dengan adanya iklan, atau informasi mengenai fitur, hingga manfaat, serta keunggulan suatu produk dapat di sampaikan secara luas. Contohnya seperti iklan televisi yang sedang memberikan informasi tentang adanya promo diskon sebuah produk kepada Masyarakat sehingga dapat meningkatkan pengetahuan mereka.

Mendorong prilaku konsumen

   Iklan juga sering kali menggunakan Teknik-teknik pemasaran yang tepat, sehingga iklan dapat dengan mudah untuk mempengaruhi perilaku konsumen nya. Iklan juga dapat membujuk konsumen agar dapat membeli produk ataupun jasa mereka. Disini, iklan dapat menggunakan psikologi konsumen seperti daya Tarik visual, endorsement selebriti, agar dapat meningkatkan minat konsumen terhadap produk yang diiklan kan. Contohnya, seperti adanya iklan yang menampilkan testimoni dari pelanggan nya yang puas dengan produk/ jasa mereka, sehingga masyaraakat terpengaruh dan ingin mencoba produk tersebuut.

Membentuk citra dan branding

   Tetapi tidak hanya itu, disini iklan juga berperan dalam membentuk sebuah citra Perusahaan, karena citra Perusahaan sangatlah penting untuk dapat mempengaruhi konsumen terhadaap sebuah merek. Dengan melalui iklan, Perusahaan dapat dengan mudah membangun sebuah citra Perusahaan seperti citra modern, yang inovatif, dan sangat berkualitas. Misalnya seperti iklan kreatif yang dan menarik yang dapat membantu menciptakan brand awareness yang kuat. Dengan itu iklan dapat memposisikan sebuah Perusahaan sehingga dapat membedakan dirinya dengan pesaing.

Mendorong inovasi dan pesaingan yang sehat

   Dengan adanya kehadiran iklan dapat mendorong sebuah inovasi produk dan layanan. Antar pesaing dan Perusahaan dalam membuat iklan yang lebih menarik dan efektif untuk memicu terciptanya produk-produk baru yang lebih baik dari paada sebelumnya. Sehingga, konsumen juga dapat memperoleh manfaat dari adanya variasi produk dan layanan baru yang terus berkembang.

Mendukung perekonomian

   Selain adanya aspek promosi dan pemasaran, iklan juga dapat dengan mudah memainkan suatu peran yang penting dalam sebuah ekonomi. Di sini industri periklanan merupakan salah satu sektor ekonomi yang sangat besar sehingga dapat menciptakan suatu lapangan pekerja untuk ribuan orang yang tidak memiliki pekerjaan. Mulai dari creator iklan, fotografer, hingga talenta yang terlibat daalam produksi iklan.  Iklan juga sering memberikan kontribusi yang besar terhadap suatu pertumbuhan ekonomi sebuah negara, dengan mendorong konsumsi hingga investasinya.

Menjangkau target audience

   Iklan juga dapat disesuaikan dengan untuk dapat menjangkau target yang lebih spesifik. Dengan melalui segmentasi dan analisis pasar. Iklan juga dapat difokuskan kepada suatu kelompok Masyarakat yang memiliki pontensi tinggi untuk menjadi konsumen, karena hal ini dapat membantu efektivitas sebuah kampanye iklan untuk dapat mencapai tujuan pemasarannya.

Edukasi dan informasi

   Disini iklan juga dapat berperan sebagai suatu sumber edukasi dan sumber informasi bagi Masyarakat. Contohnya seperti dengan adanya iklan layanan Masyarakat yang dapat memberikan informasi tentang Kesehatan, lingkungan ataupun sosial yang dapat meningkatkan suatu kesadaran Masyarakat terhadap isu-isu penting yang perlu kita perhatikan.

   Peran iklan yang ada didalam Masyarakat sangatlah kompleks, karena iklan tidak hanya sebagai suatu sarana untuk promosi suatu produk ataupun jasa namun juga dapat di jadikan sebagai media yang bisa mempengaruhi perilaku konsumen nya. Untuk dapat membentuk suatu citra Perusahaan dan dapat memainkan peran dalam suatu ekonomi dan budaya yang ada.

   Iklan memiliki pengaruh yang sangat signifikan di dalam sisi budaya. Karena iklan sering kali mencerminkan sebuah nilai atapun tren, serta gaya hidup yang sedang berlaku di dalam Masyarakat saat ini. Iklan juga menjadi sebuah cerminan dari konsumen nya seperti dengan adanya iklan music, fashion ataupun film. Maka dari itu, iklan tidak hanya mempengaruhi prilaku konsumen nya, tetapi ia juga dapat membentuk identitas didalam suatu budaya Masyarakat.

   Akan tetapi perlu di ingat, bahwa iklan juga memiliki dampak negative di dalam nya, seperti dengan dapat mendorong komsumsi yang melebihi batas, kemudian iklan juga dapat menimbulkan kontroversi. Maka dari itu, kita sebagai konsumen harus bisa menjadi konsumen yang kritis dan cerdas terhadap iklan yang kita lihat sehari-hari.

   Jika kita satukan secara keseluruhan nya, peran iklan yang ada didalam suatu Masyarakat sangatlah kompleks dan multifaset. Karena disini iklan tidak hanya digunakan untuk sarana promosi suatu barang ataupun jasa. Tetapi ia juga sering kali digunakan untuk dapat membentuk citra Perusahaan, dapat mempengaruhi konsumen dengan mudah, dan juga bisa memainkan peran didalam ekonomi dan budaya. Degan itu, Masyarakat dapat lebih bijak memahami, menaggapi, serta mengomsumsi informasi yang disampaikan melalui iklan dengan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun