Mohon tunggu...
Regina Pahrun
Regina Pahrun Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiswa universitas negeri gorontalo

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peran Psikologi Manajemen dalam Dunia Pendidikan

2 Januari 2023   23:00 Diperbarui: 21 Januari 2023   14:36 1442
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Regina Pahrun, Novianty Djafri, Sukma Nurilawati Botutihe

Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo

Abstak : Psikologi pendidikan adalah cabang psikologi yang berspesialisasi dalam memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Pemahaman tentang belajar mengajar dapat memberikan dasar bagi guru dan pengelola pendidikan untuk memahami kemampuan dan lingkungan siswa, yang dapat dijadikan acuan untuk menentukan sifat dan metode pengajaran, pengelolaan kelas, dan secara tepat menangani siswa dengan kebutuhan pendidikan setiap siswa, mungkin keadaan, pengukuran pembelajaran, evaluasi dan pemantauan. Dengan penerapan ilmu psikologi yang tepat dalam dunia pendidikan, seharusnya dapat dipertahankan atau ditingkatkan mutu pendidikan yang dihasilkan dan mutu lulusannya sehingga tujuan pendidikan yang termaktub dalam undang-undang dapat tercapai.

Kata Kunci : Psikologi Manajemen Pendidikan, Tujuan, Manfaat

PENDAHULUAN

Kestabilan dan perkembangan peradaban bangsa akan sangat tergantung pada kualitas sumber dayanya sendiri. Selain sumber daya alam yang cukup, sumber daya manusia dan karakter ketangguhan yang prima sangat diperlukan untuk menjaga keberlangsungan dan pembangunan negara. Salah satu langkah dalam menciptakan keturunan yang unggul adalah dengan menjamin mutu pendidikan.

Pendidikan yang dilakukan saat ini akan membentuk kehidupan bangsa di masa depan akan datang, Oleh karena itu, harus dilihat dari pelaksanaan pendidikan yang sedang berlangsung. Bab ini ditulis untuk memahami kelemahan dan kelebihan alam dunia pendidikan untuk membantu merumuskan solusi alternative untuk mengatasi buat mengatasi kelemahan yang ada. (Sakerabau, 2018).

 Pendidikan sebelumnya mengatakan bahwa pendidikan ini berperan sama pentingnya bagi pembangunan bangsa Indonesia sebagai peran penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Namun, ketimpangan kualitas pendidikan yang masih terjadi di beberapa daerah di Indonesia, menggerogoti harapan untuk mencetak pemimpin yang mampu membangun bangsa (Kurniawan & Andriani, 2021).

METODE

Penulisan ini digunakan dengan metode literatur. Kajian literatur dilakukan untuk memperoleh pandangan yang lebih dalam dan komprehensif tentang peran dan penerapan psikologi dalam pendidikan dari sumber yang relevan.

Sumber data dalam penelitian ini ada dua jenis: Sumber data primer adalah data dasar yang diperoleh dari publikasi ilmiah berupa buku atau artikel jurnal yang berkaitan dengan psikologi pendidikan. Data sekunder berupa literatur yang digunakan untuk mendukung teori utama berupa artikel jurnal atau publikasi tentang subjek yang dipelajari.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Psikologi manajemen pendidikan merupakan ilmu pengetahuan yang menggabungkan antara dua bidang ilmu yaitu ilmu pengetahuan psikologi dan pendidikan. Ilmu psikologi pada prinsipnya mempelajari fenomena yang terjadi dalam kehidupan manusia yang berupa gejala-gejala lainnya semua manusia yang begitu kompleks mencerminkan suatu kejiwaannya.

Secara umum, psikologi memiliki beberapa tujuan yang dapat dikelompokkan sebagai berikut:

  • Mendeskripsikan  perilaku organisme yang berbeda (tujuan pertama psikologi adalah mendeskripsikan perilaku organisme yang berbeda).
  • Untuk menjelaskan sebab-sebab tingkah laku (tujuan psikologi lainnya adalah menjelaskan sebab-sebab tingkah laku).
  • Memprediksi bagaimana organisme akan berperilaku dalam situasi tertentu (tujuan ketiga adalah memprediksi bagaimana organisme akan berperilaku dalam situasi tertentu).

Psikologi manajemen Pendidikan juga diartikan sebagai ilmu ilmiah yang mempelajari tingkah laku sadar sedemikian rupa sehingga berbagai faktor yang berkaitan dengan anak didik dan potensi dirinya serta lingkungan alam dengan kemungkinan-kemungkinannya saling berinteraksi. Selama proses penyadaran, siswa menemukan dirinya dengan kelebihan dan kekurangannya dan menemukan lingkungan alamnya dengan kemungkinan-kemungkinan yang tersedia.

Pada dasarnya psikologi manajemen pendidikan mengkaji tentang perilaku peserta didik yang terlibat dalam proses pendidikan tersebut, yaitu. guru dan siswa, sehingga pokok bahasan psikologi pendidikan adalah pengajaran dan praktik atau pelaksanaannya.

Psikologi manajemen pendidikan ada dasarnya ditujukan untuk mencapai tujuan penyelenggaraan pendidikan, dengan tidak mengabaikan perkembangan setiap peserta didik sebagai individu. Penerapan ilmu psikologi diharapkan tidak hanya menghasilkan  pendidikan yang  unggul secara kognitif, tetapi juga hasil pendidikan yang efektif dan psikomotorik.

Rumusan tujuan psikologi manajemen pendidikan dapat diuraikan sebagai berikut:

  • Mendeskripsikan gejala siswa sebagai manifestasi kemungkinan interaksi siswa dengan lingkungan alamnya.
  • Menjelaskan faktor-faktor yang dapat menyebabkan kesulitan belajar.
  • Memprediksi perilaku seseorang dalam menghadapi situasi yang berkaitan dengan kegiatan belajar dan dalam belajar mengajar atau belajar.

Adapun manfaat psikologi manajemen pendidikan sangat luas, beberapa manfaat tersebut antara lain:

  • Pendidik lebih memahami siswa dan kebutuhan belajarnya, memungkinkan guru untuk memilih metode pembelajaran yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajarannya.
  • Pendidik lebih memahami bagaimana siswa  mempelajari sesuatu yang baru, memungkinkan guru menyesuaikan metode yang tepat dan memandu metode pembelajaran yang efektif bagi siswa.

PENUTUP

Kesimpulan

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kemajuan dan kelangsungan suatu bangsa. Pendidikan yang dilakukan dengan benar dapat menghasilkan lulusan yang mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Memang, pendidikan yang tepat harus dipandu oleh keadaan dan kebutuhan anak didik, bukan oleh keinginan pendidik atau penyelenggara pendidikan.

DAFTAR PUSTAKA

Woodworth, Woodworth, Psikologi Studi Kehidupan Mental, Methuen & Co. GmbH:London, 1955.

Jalaluddin, Filsafat Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 1997.

Dodi, N (2016). Pentingnya guru dalam kajian psikologi pendidikan Saaristo (Journal of Social Sciences), 1(12), 59-63.

Kurniawan, R. & Andriani, H.F. (2011) Pentingnya Kualitas Pengajaran dalam Pendidikan Kepemimpinan Indonesia. Kepulauan:Jurnal Ilmu Sosial, 8(3), 407-411.

Mulyadi, S., Basuki, H., & Rahardo, W. (2019). Psikologi Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun