Perkenalkan saya Regi Grinita, mahasiswa Ilmu Administrasi Niaga Universitas Indonesia.
Untuk memenuhi tugas akhir semester mata kuliah Kewirausahaan, berikut ini adalah rangkaian mengenai Business Model Canvas dari produk ComBack - Pouch Wallet
Selamat membaca..
Latar Belakang Masalah
Dalam menjalani aktivitas sehari-hari kita membutuhkan tas sebagai salah satu bagian kebutuhan dasar manusia. Tas dapat digunakan oleh semua kalangan, seperti pelajar, mahasiswa, pekerja, dan traveler. Tas juga cocok untuk laki-laki maupun perempuan. Bagi sebagian perempuan, mereka menggunakan tas yang berbeda-beda sesuai dengan tempat dan kebutuhan sehingga bermunculan beragam jenis tas dengan variasi warna dan model. Untuk laki-laki, mereka juga punya beragam jenis tas namun biasanya tidak sebanyak perempuan.
Namun salah satu permasalahan dengan memiliki banyak jenis tas yaitu biaya pengeluaran yang lebih banyak dan sering ketinggalan barang bawaan atau lupa meletakkan barang di salah satu tas. Kesulitan dalam pembelian tas adalah menemukan tas dengan kualitas bermutu dengan harga yang terjangkau. Karena biasanya kita menemukan tas dengan kualitas baik namun dengan harga yang cenderung mahal hanya untuk satu tas saja.
ComBack merupakan salah satu brand lokal asli Indonesia yang menjadi alternatif dari permasalan tersebut. Tagline yang digunakan oleh ComBack adalah “Four Style In One Bag” dimana kami menghadirkan tas dengan 4 style yaitu backpack, sling bag, hand bag,dan shoulder bag. Jadi, produk kami cocok bagi semua kalangan yang memiliki banyak aktivitas dengan kebutuhan yang berbeda-beda.
Setelah ComBack diterima di pasaran, kami akan melakukan pengembangan ide bisnis dengan membuat ComBack - Pouch Wallet.Produk baru ini menambah 1 style yaitu pouch walletyang biasa digunakan saat hangout dengan teman atau disaat tidak membawa barang bawaan yang banyak. Didalam pouch wallett dapat organizer set sehingga barang seperti HandPhone, kartu kredit, pulpen, atau barang lainnya bisa diletakkan dengan rapi.
Business Model Canvas
Customer segments
Produk ComBack - Pouch Wallet yang menampilkan nilai flexible dalam pemakaiannya maka kami menargetkan pasar kami ke dalam tipe segmented, dimana bisnis modelnya membedakan antara kebutuhan pelanggan. Tidak kalangan masyarakat dalam customer segmen kami yaitu pelajar/mahasiswa, pekerja dan traveler.
Value Propositions
a. Flexible
ComBack - Pouch Wallet memiliki kelebihan bisa digunakan dalam 5 style dalam satu tas. Dengan kelebihan tersebut maka pengguna bisa menyesuaikan barang bawaan dengan tas model apa yang digunakan. Dan dalam pemakaiannya bisa digunakan untuk kuliah, sekolah, kerja, hangout atau traveling.
b. Accessibility
Untuk memudahkan jangkauan pelanggan, kami menjual ComBack - Pouch Walletsecara online karena tujuan awal kami adalah untuk customer satisfaction. Jadi pelanggan lebih mudah dalam mengakses dan membeli produk kami karena tidak terbatasi oleh jarak. Saluran komunikasi yang digunakan adalah Whatsapp, Line Messenger, Instagram, dan Line@. Sedangkan untuk mempermudah proses pengiriminan produk, kami menggunakan jasa JNE dan Go-send.
c. Multistyle
ComBack - Pouch Walletmerupakan 1 tas dengan keunggulan bisa berubah menjadi 5 style yaitu dapat dijadikan backpack, sling bag, hand bag, shoulder bag, dan pouch wallet. Dengan keunggulan tersebut akan menambah nilai multistyle dalam produk.
Channels
Channels dari ComBack - Pouch Walletterdiri dari :
- Saluran komunikasi
Dalam berkomunikasi dengan vendor tas di Donny Lc Cipayung yaitu melalui via Short Message Service (SMS)
- Saluran distribusi
Untuk mempermudah saluran distribusi kami menggunakan jasa JNE dan Go-send untuk pengiriman bahan bak dan produk ComBack - Pouch Wallet kepada customer.
- Saluran penjualan
Untuk saluran penjualan kami mengunakan Intagram dan Line@
- Saluran pemasaran
Untuk memperkenalkan dan memasarkan ComBack - Pouch Wallet kami menggunakan Intagram @Line dan YouTube. Channel YouTube terdapat iklan produk dan tutorial cara penggunaan tas.
Customer relationship
Customer relationshippada ComBack - Pouch Wallet adalah co-creation karena kami ingin terjadi komunikasi dua arah dengan para customer untuk menciptakan nilai baru. Customer dapat memberikan kritik dan saran mengenai produk kami.
Key Resources
Key Resources merupakan sumber daya utama yang dimiliki untuk menjalankan sebuah bisnis. Salah satu bagian dari key resources adalah sumber daya manusia. ComBack team terdiri dari 6 orang dengan peran masing-masing yaitu:
- Angelica Marcia sebagai Research and Development
-Angeline Lucile Maurilla pada bagian marketing
- Galuh Setowati Harsono pada bagian finance
- Mannaria Esther pada bagian logistik dan customer relationship
- Regi Grinita sebagai Research and Development
-Soraya Azizah sebagai designer
Bagian lain dari key resources adalah fisik, dimana kami menggunakan bahan baku utama kanvas dengan beberapa pilihan warna. Kelebihan dari kanvas adalah tidak berbekas atau kusut saat dilipat.
Key Activities
Pada bisnis ComBack - Pouch Wallet terbagi menjadi 6 aktivitas yaitu :
a. Penetapan desain atau produk
b. Membuat BMC
c. Survey vendor dan bahan baku
d. Production
e. Sales and marketing
Key Partners
Key partnersdalam business model canvas mendeskripsikan siapa saja yang menjalin kerja sama secara langsung dengan kami. Dalam proses produksi ComBack - Pouch Wallet, kami memiliki partners berupa vendor yaitu antara lain :
- Vendor kain kanvas : Toko Anugrah – Komplek Pertokoan Auri Blok E Pasar Tanah Abang
- Vendor item pelengkap tas : Komplek Pertokoan Auri Blok E Pasar Tanah Abang
- Vendor tas : Donny LC – Cipayung Jakarta Timur
- Tempat packaging : Pandawa Depok
Cost Structure
Dalam bisnis model ComBack - Pouch Wallet, cost structureyang digunakan adalah cost driven. Kami ingin menekankan biaya serendah mungkin untuk memungkinkan mempertahankan cost structure yang lebih minim. Pada usaha kami hanya terdapat variable cost yang berisi pengeluaran untuk bahan baku dalam pembuatan tas, seperti kanvas, karet, zipper, peles, webbing, merk, dan lain sebagainya.
Revenue Stream
Revenue streammerupakan pendapatan perusahaan yang dihasilkan dari setiap segmen customer Osterwalder dan Pigneur (2010, 30). Dalam bisnis model ComBack - Pouch Wallet,kamu mendapatkan pendapatkan dari transaction revenues yaitu pendapatan dari penjualan yang diperoleh dalam setiap pembayaran baik secara tunai maupun transfer via bank.
Terima kasih telah berkenan membaca tugas Kewirausahaan saya
Semoga bermanfaat
Note:
Tulisan ini dibuat untuk tugas mandiri Ujian Akhir Semester Kewirusahaan 2017
Terima kasih kepada pengajar yaitu:
Prof. Dr. Chandra Wijaya
Dr. Fibria Indriati, S.Sos, M.Si
Dra. Novita Ikasari, M.Comm, Ph.D
Nurul Safitri, S.Sos, MIA
yang telah membimbing saya selama satu semester ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H