Mohon tunggu...
Heni Hariyani
Heni Hariyani Mohon Tunggu... Administrasi - Full time mom

Hidup tak perlu banyak drama. Tinggal jalankan saja sesuai dengan ajaranNya.

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Tips Membangun Rumah Bujet Minim

28 Agustus 2018   14:58 Diperbarui: 28 Agustus 2018   15:25 698
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Rumah merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi dimana tempat untuk berteduh dari panasnya matahari dan dinginnya hujan. Rumah yang nyaman adalah impian semua orang. Di mana kita bisa tidur dengan nyenyak dan aman didalamnya.

Banyak orang yang membeli rumah secara kredit, maupun cash. Adapula yang membangun rumah mereka sendiri. Membangun rumah sendiri tentu tidak mudah. Biaya awal yang cukup besar serta waktu yang lama membuat orang enggan untuk membangun rumah sendiri.

Namun, yang membuat saya tertarik untuk membangun rumah sendiri selain karena harganya lebih murah juga karena saya dapat mendesain sesuai dengan impian saya.

Berdasarkan pengalaman saya, berikut tips membangun rumah sendiri, yaitu :

1. Yakin dan Berusaha

Mempunyai keyakinan dan usaha yang kuat dapat membangun rumah sendiri itu penting, sehingga bagi saya ini adalah poin yang pertama. Keterbatasan dana adalah faktor yang paling mempengaruhi orang enggan membangun rumah. Tapi percayalah jika yakin maka bisa mendapatkannya walaupun dengan dana yang terbatas.

2. Membangun Secara Perlahan

Jika menunggu dana terkumpul banyak akan lama lagi untuk memiliki rumahnya. Maka tidak ada salahnya jika membangun rumah secara bertahap. Misalnya membangun fondasi dahulu. Oleh karena itu saya membangun secara bertahap.  Saya membangun rumah, sambil menabung.

3. Membuat Perencanaan Membangun Rumah

Membuat perencanaan juga termasuk hal yang penting. Misalnya desain rumah yang kita mau seperti apa. Jika menggunakan jasa arsitek tentu tidaklah murah.

Untuk memotong anggaran ini, saya sering jalan-jalan keperumahan untuk mendapatkan inspirasi rumah yang saya inginkan bersama suami.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun