Perkembangan teknologi telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Dalam era digital saat ini, teknologi telah membawa dampak yang signifikan dalam sistem pembelajaran. Artikel ini akan mengulas beberapa dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi dalam sistem pembelajaran di era digital.
I. Dampak Positif
1. Aksesibilitas dan Fleksibilitas:
Penggunaan teknologi dalam sistem pembelajaran telah meningkatkan aksesibilitas dan fleksibilitas bagi siswa di seluruh dunia. Dengan adanya platform pembelajaran daring dan materi edukasi yang dapat diakses secara online, siswa dapat belajar dari mana saja dan kapan saja sesuai dengan kebutuhan dan jadwal mereka.
2. Pembelajaran Interaktif:
Teknologi telah memungkinkan pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menarik. Dengan adanya multimedia, animasi, video, dan aplikasi pembelajaran, materi dapat disajikan dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Hal ini membantu meningkatkan tingkat pemahaman dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.
3. Keterhubungan Antar Siswa dan Guru:
Teknologi memfasilitasi keterhubungan antara siswa dan guru tanpa batas geografis. Siswa dapat berkomunikasi dengan guru melalui platform pembelajaran daring, email, atau pesan instan. Hal ini memungkinkan siswa untuk mendapatkan bimbingan lebih lanjut dan bertanya tentang materi pembelajaran secara lebih efektif.
II. Dampak Negatif
1. Ketergantungan pada Teknologi:
Salah satu dampak negatif dari perkembangan teknologi dalam sistem pembelajaran adalah ketergantungan siswa terhadap teknologi. Jika tidak diatur dengan baik, siswa dapat menjadi terlalu bergantung pada perangkat teknologi dan kurang mengembangkan keterampilan interpersonal dan komunikasi sosial.
2. Ketidaksetaraan Akses:
Meskipun teknologi telah meningkatkan aksesibilitas pembelajaran, masih ada tantangan terkait ketidaksetaraan akses bagi beberapa siswa. Beberapa siswa mungkin tidak memiliki akses ke perangkat atau internet yang stabil, sehingga mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran daring dengan efektif.
3. Gangguan dan Distorsi Fokus:
Penggunaan teknologi dalam pembelajaran juga dapat menyebabkan gangguan dan distorsi fokus. Siswa mungkin tergoda untuk bermain game atau menggunakan media sosial selama proses pembelajaran, yang dapat mengurangi efektivitas belajar mereka.
Perkembangan teknologi telah membawa banyak perubahan positif dalam sistem pembelajaran di era digital, seperti meningkatkan aksesibilitas dan fleksibilitas, serta membuka peluang untuk pembelajaran interaktif dan diversifikasi metode pembelajaran. Namun, ada pula dampak negatif yang perlu diatasi, seperti ketergantungan pada teknologi, ketidaksetaraan akses, dan gangguan fokus. Oleh karena itu, guru dan seluruh staff sekolah yang berkaitan perlu bijak dalam memanfaatkan teknologi untuk mempermudah proses pembelajaran serta mempertimbangkan beberapa dampak negatifnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H