Salah satu penyebab masalah kebersihan lingkungan merupakan kurangnya kesadaran masyarakat pada lingkungan. Seharusnya masyarakat menyadari dan peduli terhadap lingkungan sekitar karena keadaan lingkungan mempengaruhi kehidupan masyarakat. Selain itu juga apabila hujan deras, lingkungan yang kotor  akan menjadi bencana bagi masyarakat setempat yaitu bencana banjir. Terkadang masyarakat seringkali memindahkan tugasnya ke orang lain atau ke tukang sampah padahal sudah kewajiban masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungannya, karena ini salah satu bagian dari masyarakat itu sendiri.
Pembahasan makna
TEMA : #CLBK CINTAI LAGI BUMI KITA, membantu gerakan WALHI JAKARTA
HEADLINE : JAKARTA MINIM SERAPAN AIR berdasarkan observasi sesuai fakta untuk mendapatkan empati masyarkat
Menggunakan bentuk komunikasi NON VERBAL
SYMBOL : - Tokoh, salah satu faktor keberhasilan komunikasi persuasi dengan menampilkan tokoh yang kredible
           - Symbol kota Jakarta serta symbol RECYCLE, REDUCE, dan REUSED. Â
Target : Masyarakat karena Pernyataan Pak Anies mengenai Kebersihan adalah Tanggung Jawab Bersama.
Poster tersebut dibentuk berdasarkan Teori
Teori Behavioristik
      Teori prilaku berakar dari pemikiran behaviorisme. Dalam perspektif behaviorisme pembelajaran diartikan sebagai proses pembentukan hubungan antara rangsangan (stimulus) dan balas (respon). Pembelajaran merupakan proses pembiasaan, hasil pembelajaran diharapkan adalah perubahan perilaku berupa kebiasaan. Maka didalam poster dimasukkan FAKTA dan SOLUSI tujuannya untuk mendapat stimulus dan respon.Â
Pembahasan Konsep Design
Design : MEMPHIS (Design yang sedang hits karena simple dan mudah diaplikasikan melalui Photoshop)
Layout : InfografikÂ
Font   :   - Futura pada bagian head sehinggan seperti Majalah
           - Arial dibagian teks body
Warna :   - Merah, Warna merah biasanya dapat memicu tingkat emosional seseorang dan paling sering menarik perhatian. maka saya letakkan pada              dahan sebagai symbol darurat lingkungan supaya masyarakat makin peduli dengan lingkungan
          - Biru, Penggunaan warna biru akan memberikan efek kepercayaan
          - Kuning, warna cerah atau ceria yang dapat merangsang otak serta membuat manusia lebih waspada dan tegas.
          - Putih, Digunakan untuk menambah aksen simple serta mampu memberikan efek keyakinan akan kualitas yang tidak akan mengecewakan
          - Hijau, melambangkan lingkungan
Poster Persuasif ini dibuat selain untuk tugas Persuasif dan tentunya  membantu gerakan walhi jakarta dan pemerintahan DKI Jakarta untuk mengajak masyarakat supaya bisa lebih peduli dan sadar atas lingkungannya. sebab kebersihan lingkungan adalah tanggung jawan kita bersama.
NAMA Â Â Â Â Â Â Â Â Â : ARI (Penulis dan Design poster)
NPM Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 1835160050Â
PRODI Â Â Â Â Â Â Â Â Â : ILMU KOMUNIKASI
MATA KULIAH : KOMUNIKASI PERSUASI
DOSEN PENGAMPU : FAUZIAH, S,Sos. M.Ikom
FISIP ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI