Media menurut KBBI merupakan alat (sarana) komunikasi untuk menyampaikan suatu informasi. Adapun media dalam konsep perancangan ini didefinisikan sebagai alat (sarana) yang akan digunakan untuk menyampaikan informasi terkait celengan dari masa ke masa.
Dan menurut KBBI, media massa adalah sarana dan saluran resmi sebagai alat komunikasi untuk menyebarkan berita dan pesan kepada masyarakat luas.
Secara singkat media massa merupakan sarana untuk menyampaikan pesan atau bisa dibilang alat untuk berkomunikasi. Peran media massa sangatlah penting, berdasarkan UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers, media massa berfungsi untuk menginformasikan, mendidik, menghibur, dan pengawasan sosial (social control) pengawas perilaku publik dan penguasa.
 Baca juga.
Setiap media pasti memiliki efek atau pengaruh terhadap individu, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Efek tersebut dapat ditimbulkan melalui:
- Wujud fisik media massa
- Isi pesan yang disampaikan
1. Efek Wujud Fisik Media Massa
Efek yang akan terjadi ketika adanya wujud fisik media massa misalnya, perubahan gaya jenis makanan atau cepat saji, lebih suka menayangkan lagu-lagu barat, perubahan gaya hidup yang lebih tinggi, maraknya pembunuhan dengan tujuan menjual organ tubuh degan gaya bintang film yang ada di TV, penggunaan sabun yang diiklankan dan sebagainya.
Steven H. Chaffee menyebut lima efek media massa dalam bentuk fisik:
1. Efek ekonomis
2. Efek sosial
3. Efek pada penjadwalan kegiatan
4. Efek pada penyaluran/penghilangan perasaan tertentu
5. Efek pada perasaan orang terhadap media
2. Efek Isi Pesan Yang Disampaikan
2. Efek Isi Pesan Yang Disampaikan
Efek yang akan muncul oleh isi pesan yang disampaikan media ialah:
 -Perubahan yang terjadi pada diri khalayak (perubahan kognitif)
- Penbentukan dan perubahan citra: terbentuk dari perjalanan pengalaman masa lalu
- Agenda setting: menciptakan kesadaran dalam diri
- Efek prososial kognitif
- Perubahan perasaan atau sikap (perubahan afektif)
- Pembentukan dan perubahan sikap
- Rangsangan emosional
- Rangsangan seksual
- Perubahan perilaku (perubahan behavioral)
- Efek prososial behavioral
- Agresi sebagai efek komunikasi massa
- Teori efek sosial komunikasi massa: Medium is the message (kultivasi)
Contoh dari efek pesan yang disamapaikan:
Setelah menonton iklan sabun mandi, anda mengetahui komposisi yang ada didalam kandungan sabun tersebut (kognitif), anda kemudian tertarik membeli karna menggunakan bahan yang bagus untuk merawat kulit anda (afektif), dan mungkin anda akan memebeli sabun tersebut di supermarket terdekat (behavioral).Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H