Mohon tunggu...
R. Syrn
R. Syrn Mohon Tunggu... Lainnya - pesepeda. pembaca buku

tentang hidup, aku, kamu dan semesta

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Bimbingan Teknis Pelayanan Prima Bagi Tenaga Kontrak di DPMPTSP Kabupaten Banjar

7 September 2024   20:01 Diperbarui: 7 September 2024   20:35 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto seusai kegiatan bersama Kepala Dinas, narasumber dan peserta bimtek (dokpri)

PENDAHULUAN

Proses pelaksanaan peningkatan kualitas pelayanan perizinan untuk mewujudkan pelayanan prima (service excellence) terhadap masyarakat memerlukan peningkatan kemampuan para pelaksana pelayanan itu sendiri. Peningkatan kompetensi sifatnya wajib agar pelaksanaan pelayanan prima terhadap terhadap masyarakat bisa terus terjaga kualitasnya.

Tujuan dari pelaksanaan bimbingan teknis adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan praktis kepada para pelaksana/petugas pelayanan perizinan akan pentingnya pelayanan prima. Selain itu untuk meningkatkan kemampuan tenaga kontrak dalam menerapkan dasar pelayanan prima dalam menghadapi masyarakat yang melakukan proses pelayanan terpadu.

PELAKSANAAN KEGIATAN

Kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah kerjasama antara Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Banjar.

Pelaksanaan bimbingan teknis pelayanan prima bagi tenaga kontrak dilaksanakan pada tanggal 13 sampai dengan 18 Mei 2024 bertempat di ruang pertemuan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Banjar.  

Peserta bimbingan teknis adalah tenaga kontrak di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DINSOSP3AP2KB) sejumlah 25 orang.  

Narasumber dalam pelaksanaan bimbingan teknis adalah Kepala Dinas dan Kepala Bidang Penanaman Modal DPMPTSP Kabupaten Banjar,  Direktur PT Baidah Bangun Perkasa dan Tim Bank Kalimantan Selatan. Materi bimbingan teknis meliputi pelayanan prima, budaya kerja, kepribadian pelayanan, kemampuan komunikasi, penanganan aduan masalah dan pembentukan karakter.

Materi pelayanan prima mengulas bagaimana dasar-dasar pelayanan prima.  Tujuan dari penyampaian materi ini adalah mendeskripsikan pengertian, tujuan, dan manfaat pelayanan prima. Menerapkan prinsip-prinsip  pelayanan prima dengan baik dan benar. Menerapkan standar mutu pelayanan prima dengan baik dan benar. Mengidentifikasi jenis dan karakteristik pelanggan. Juga untuk menganalisis masalah pelayanan prima.

Materi budaya kerja menekankan pada konsep  konsep kepercayaan, proses berpikir, dan perilaku karyawan yang berdasarkan pada ideologi dan prinsip suatu institusi. Penerapan budaya kerja positif adalah sebuah keharusan bagi pimpinan institusi dan pegawainya. Hal tersebut dikarenakan cerminan nilai-nilai sebuah institusi itu sendiri.

Materi kepribadian pelayanan terkait dengan perilaku saat berinteraksi dengan pelanggan/masyarakat dan berhubungan erat dengan materi kemampuan komunikasi.  Pelajaran utama dalam materi penanganan aduan masalah adalah cara mengenali dan menghadapi pelanggan dengan sebaik mungkin. Penanganan aduan masalah berkaitan erat dengan proses pengembangan karakter yang melibatkan nilai-nilai, sikap, dan kepribadian seseorang.  Utamanya petugas pelayanan yang berhadapan langsung dengan masyarakat.


Pelaksanaan kegiatan berjalan dengan baik sesuai perencanaan yang telah ditetapkan, baik kesesuaian waktu, materi, narasumber maupun keaktifan peserta. Materi yang disampaikan pada bimbingan teknis terserap dengan cukup efektif.  

Kegiatan pada hari terakhir ditutup dengan foto bersama bersama Kepala DPMPTSP Kabupaten Banjar, narasumber dan para peserta bimbingan teknis pelayanan prima.  

Foto seusai kegiatan bersama Kepala Dinas, narasumber dan peserta bimtek (dokpri)
Foto seusai kegiatan bersama Kepala Dinas, narasumber dan peserta bimtek (dokpri)

PENUTUP

Harapan untuk selanjutnya adalah agar peningkatan kompetensi peserta bisa dievaluasi secara terus menerus untuk menjaga kualitas pelayanan prima kepada masyarakat.  Pelaksanaan bimbingan teknis pelayanan prima juga agar bisa dilakukan secara berkelanjutan untuk menjaga kualitas layanan masyarakat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun