Mohon tunggu...
Raysa Nahtania
Raysa Nahtania Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Hobi : membaca novel

Selanjutnya

Tutup

Beauty

Sebagai Strategi Marketing Scarlett Lakukan Kolaborasi Dengan Aktor Korea Selatan Song Joong Ki

30 Juni 2023   23:10 Diperbarui: 30 Juni 2023   23:16 1912
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : akun instagram @scarlett_whitening 

Scarlett Whitening merupakan brand produk kecantikan lokal yang didirikan pada tahun 2017, yang dimiliki oleh aktris sekaligus pengusaha muda Indonesia, Felicya Angelista. Scarlett mengeluarkan berbagai jenis produk kecantikan yang fokus untuk mencerahkan dan menjaga kesehatan kulit, baik untuk tubuh  wajah dan rambut . Produk - produk terkenal yang  diproduksi oleh  Scarlett  Whitening diantaranya  Scarlett Body  Lotion,  Scarlett  Face  Serum, Scarlett Body Scrub, dan Scarlett  Moisturizer .

Scarlett telah melakukan berbagai strategi marketing yang menjadikan Scarlett sebagai brand kecantikan lokal yang populer di Indonesia. Scarlett mampu menduduki tingkat penjualan yang tinggi di beberapa platform online shop seperti shopee ,lazada dan tokopedia.

Berikut strategi marketing yang digunakan Scarlett :

  1. Memanfaatkan media sosial 

Dengan memanfaatkan media sosial seperti instagram , twitter dan tiktok  scarlett membuat konten marketing yang menarik. Scarlett berusaha membuat konten yang kreatif serta aesthetic untuk menarik perhatian publik. Selain membuat konten, scarlett juga membuat iklan berbayar di media sosial seperti instagram ads dan tiktok ads.

  1. Reseller 

Reseller adalah orang yang menjual kembali produk orang lain dengan mengambil keuntungan beberapa persen dari harga produk yang asli.Scarlett membuka kesempatan untuk masyarakat yang ingin menjadi reseller. Dengan memanfaatkan reseller akan membantu pemasaran produk scarlett untuk di daerah yang belum terjangkau.

  1. Market Place

Scarlett memasarkan produk nya melalui marketplace  seperti shopee,tokopedia dan lazada marketplace dinilai sebagai platform praktis untuk berbelanja secara online tanpa perlu keluar rumah. Dengan memanfaatkan marketplace ,pelanggan dapat membeli rangkaian produk scarlett secara online .

  1. Endorsement

Endorse adalah bentuk periklanan dengan menggunakan tokoh / public figure  terkenal untuk mempromosikan produk atau jasa.Kerjasama yang dilakukan dalam bentuk endorse ataupun paid promote, biasanya dikemas melalui konten - konten yang mereka buat seperti postingan , video , foto dan cerita agar  dapat menjangkau audiens yang lebih banyak. Influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh yang signifikan , terutama di media sosial dan platform lainnya . Mereka memiliki jumlah  pengikut yang besar , sehingga hal ini dijadikan oleh  Scarlett Whitening sebagai peluang untuk mempromosikan produk mereka , Scarlett masih aktif menggunakan jasa para influencer sebagai strategi marketing . Tentunya Scarlett memilih public figure dengan kriteria kecantikan,ketampanan  dan tubuh yang  terawat .

5 . Brand Ambassador

Brand ambassador (BA) yaitu seseorang atau grup yang dipekerjakan dengan dikontrak oleh perusahaan untuk mempromosikan suatu produk mereka . Peran seorang brand ambassador meliputi berbagai tugas, seperti menghadiri acara promosi, mengikuti kampanye iklan, berpartisipasi dalam kegiatan pemasaran, dan berinteraksi dengan audiens melalui media sosial. selain menggaet influencer dan public figure dari Indonesia , kali ini  Scarlett menjadikan aktor papan atas dari Korea Selatan  yaitu Song Joong Ki sebagai Brand Ambassador 

Kepopuleran drama korea terus meningkat ,hal ini diperkuat dengan adanya komunitas pecinta drama korea di Indonesia. Melihat tingginya antusiasme budaya korea di masyarakat,Scarlett menjadikan ini sebagai peluang strategi marketing untuk meningkatkan brand awareness. Dengan bekerja sama  dan menjadikan  Song Joong Ki sebagai Brand Ambassador, ini merupakan strategi marketing yang cerdas karena banyaknya penggemar drama korea di Indonesia . 

Song Joong Ki adalah seorang aktor, model dan pembawa acara berkebangsaan Korea Selatan yang cukup terkenal di belahan dunia, termasuk Indonesia. Song Joong Ki meraih popularitas internasional melalui perannya dalam drama televisi populer "Descendants of the Sun". 

Melihat kepopuleran Song Joong Ki karena drama yang dibintanginya trending topic di Indonesia dan banyak dibahas oleh berbagai kalangan bahkan para artis, membuat pemilik Scarlett,Felicya Angelista melakukan kerja sama dengan Song Joong ki dan menjadikannya sebagai Star  Ambassador . 

Dengan strategi marketing  menggunakan brand ambassador ini dapat  menarik minat dan rasa penasaran konsumen bagaimana kualitas produk yang dipromosikan oleh  artis papan atas Korea Selatan, sekaligus sebagai bentuk komunikasi untuk meningkatkan brand awareness.

Pada Bulan September 2021 lalu pada akun instagram @scarlett_whitening membagikan video sambutan Joong Ki untuk para penggemar di Indonesia . Joong Ki juga menjelaskan bahwa dia telah bekerja sama dengan Scarlett yang diberi hastag  #ScarlettXSongJoongKi . Postingan tersebut sontak membuat heboh para penggemar bahkan sederet artis tutut berkomentar di postingan tersebut .

Produk kolaborasi #ScarlettXSongJoongKi adalah exclusive 5 item body care yang terdiri dari 2 body lotion,2 body shower dan 1 body scrub .selain produk body care ada juga paket face care yang terdiri dari 2 series yaitu brightly dan acne .Masing - masing series terdapat face wash ,serum, moisturizer, dan toner . Setiap pembelian set ini akan mendapat Free exclusive Photocard Song Joong Ki , sticker, dan letter. Dengan menambahkan freebies tambahan seperti photocard Song Joong Ki akan meningkatkan minat beli konsumen. Penggemar brand ambassador Song Joong Ki di Indonesia akan memanfaatkan kesempatan ini untuk memiliki sesuatu yang mewakili idola nya.

Berita kolaborasi Song Jong Ki dengan Scarlett mendapat antusiasme yang tinggi dan respon positif dari penggemar serta artis Indonesia yang mengidolakan Song Jong Ki . Bahkan kolaborasi ini sempat menjadi trending topic di Twitter. Dari trending topic ini memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan kesadaran publik terhadap produk Scarlett . Melakukan kolaborasi dengan Soong joong Ki merupakan strategi marketing yang memukau dan scarlett berhasil meningkatkan volume penjualan produk.

Nama : Raysa Nahtania

Npm : 20210110400057

Prodi : Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun