Mohon tunggu...
Rayhan Herlangga s
Rayhan Herlangga s Mohon Tunggu... Desainer - MAHASISWA

hobi : berenang, mendengarkan musik umur : 20tahun

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

K12- Teodisi dan Kejahatan

19 November 2022   15:35 Diperbarui: 19 November 2022   15:39 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

nama : rayhan herlangga santoso

nim : 42321o10034

dosen : apollo, prof.Dr,M.Si.Ak

universitas : mercubuana 

TEODISI DAN KEJAHATAN

Pada kenyataannya, tidak mungkin lagi terhindar dari segala hal negatif atau berbagai fenomena yang terjadi di masyarakat. Demikian pula, ada kejahatan atau keterlambatan tunggakan, yang sering disebut kejahatan. Kejahatan berasal dari kata "crime" yang berarti kejahatan. Bahkan kejahatan ini dapat dilakukan oleh siapa saja secara sadar maupun tidak sadar.  Menurut Abdulsjan, kejahatan adalah tingkah laku yang dapat menimbulkan masalah dan gangguan dalam kehidupan bermasyarakat. Sementara itu, menurut Soesilo, kejahatan memiliki dua pengertian, yaitu pertama dari segi hukum kejahatan itu melanggar hukum pidana yang berlaku. 

ALBERT CAMUS

Keberadaan kejahatan merupakan masalah tersendiri untuk mempercayai keberadaan Tuhan. Teodisi hadir untuk memberikan jawaban atas permasalahan kejahatan. Ide-ide Albert Camus disajikan secara persuasif sampai pada titik absurditas dalam kaitannya dengan masalah kejahatan. Teodisi adalah  upaya untuk menjawab masalah mengapa Tuhan membiarkan kejahatan ada di dunia, yang harus dilestarikan dalam metafisika dalam kaitannya dengan  keberadaan yang ada. Teodisi adalah upaya untuk membela Tuhan, bukan menanggapi masalah kejahatan.

"Hidup terkadang memaksa kita melihat hal-hal yang tidak ingin kita lihat dan merasakan hal-hal yang tidak ingin kita rasakan". Albert Camus adalah penulis prancis, menggunakan  secara berbeda dari pendahulunya pada abad ke-19 .  Sementara penulis  dari abad sebelumnya dikenal sebagai penulis tradisional  seperti Honor de Balzac,  Gustave Flaubert dan Emile Zola,  disajikan berbeda pemahaman . Penolakannya terhadap sejarah  melahirkan pemahaman baru tentang  dalam sastra, yang darinya Camus menjadi dasar  saat menciptakan karya-karyanya. 

Camus berpendapat bahwa Tuhan, yang berkuasa atas segalanya, harus bertanggung jawab atas keberadaan kejahatan. Di sisi lain, orang-orang di dunia ini menderita akibat kejahatan, terikat oleh irasionalitas. Camus menganggap kejahatan semacam itu sebagai kejahatan alami. Menghadapi hal ini, orang memberontak dengan kesetiaan dan cinta hidup. Orang melakukan kejahatan moral karena mereka tidak percaya pada apapun.

EUDAIMONIA

Filsafat Barat telah memahami kebahagiaan sebagai masalah setidaknya selama ribuan tahun. Bagi orang Yunani, "kebahagiaan" adalah satu-satunya konsep moral dasar yang mereka sebut Eudaimonia.  Eudaimonia adalah salah satu gagasan filosofis yang menganggap "pencarian kebahagiaan" sebagai landasan kehidupan. Namun dalam eudaimonia, pencarian kebahagiaan tidak hanya sebatas perasaan subjektif seperti kesenangan atau kegembiraan, tetapi juga perasaan objektif yang berkaitan dengan perkembangan seluruh aspek kemanusiaan seperti moral, sosial, emosional dan spiritual.

Psikolog positif Dr. Nico Rose mengatakan bahwa konsep Eudaimonia adalah kebalikan ekstrim dari konsep Hedonia (sejenis hedonisme), yang berfokus pada kesenangan atau kebahagiaan subyektif, yang telah merusak kehidupan para tiran di masa lalu.  Masalahnya, seperti yang dipahami  orang Yunani---dan  diakui oleh  psikolog positif seperti Jonathan Haidt dan Martin Seligman---adalah kebanyakan orang melihat kebahagiaan subjektif sebagai bentuk ketidakbahagiaan atau penderitaan. Beberapa bahkan menganggapnya: tirani; dia mewakili kemalasan, sikap apatis dan ketidakdewasaan. Meskipun kualitas-kualitas ini tidak "tidak bermoral", mereka tetap merupakan hal-hal yang merusak. 

Camus pernah menulis dalam salah satu catatannya bahwa "kita selalu membutuhkan kesedihan, penderitaan... untuk melihat  kebenaran yang juga terdapat dalam kebahagiaan." Dia kemudian menambahkan: "Berbahagialah hati yang 'dapat ditekuk, karena mereka tidak akan pernah hancur.'"  Oleh karena itu, bagi Camus, hanya  pemberontak yang dapat menerima suka, duka, kebahagiaan dan penderitaan hidup, karena mereka tahu lagi bagaimana kata Camus bahwa "rahasia kemuliaan hidup adalah kesediaannya menyambut segala kemungkinan yang tersembunyi di balik luka." 

Terakhir, Camus tampaknya mencoba untuk merekonstruksi gagasan Yunani kuno tentang Eudaimonia ini dari filsafat spekulatif menjadi psikologi subyektif, karena bagi Camus "tidak ada cara yang jelas dan obyektif untuk mengetahui seperti apa kehidupan yang baik di dunia yang tidak rasional". Namun seperti Aristoteles, Camus menunjukkan pandangan terbuka bahwa mengejar kebahagiaan yang "bermakna" adalah kewajiban moral kita sebagai manusia. Kami akhiri dengan mencerna ucapan Camus berikut:  "Kami dulu bertanya-tanya di mana perang itu hidup dan apa yang membuatnya begitu kejam. Tapi sekarang kita tahu di mana ia tinggal: ia ada di dalam diri kita." 

daftar pustaka 

http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/161379

https://fadlann.medium.com/albert-camus-jangan-katakan-kebahagiaan-itu-kejahatan-a655e72d6403

https://artsandculture.google.com/entity/m07dtt?hl=id

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun