Mohon tunggu...
Rayhan Herlangga s
Rayhan Herlangga s Mohon Tunggu... Desainer - MAHASISWA

hobi : berenang, mendengarkan musik umur : 20tahun

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

K09 - Eputthumia, Thumos, dan Logistikon untuk Terhindar dari Kejahatan atau Korupsi

29 Oktober 2022   14:35 Diperbarui: 29 Oktober 2022   14:41 638
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

siapakah plato itu ? 

plato adalah seorang filsuf yang berperan penting dalam perkembangan filsafat Yunani kuno dan filsafat Barat pada umumnya. Guru Plato Socrates dan murid Plato Aristoteles juga memberikan kontribusi besar. Selain sebagai seorang filsuf, Plato juga dikenal sebagai salah satu pendiri agama dan spiritualitas Barat. Pemikir seperti Plotinus dan Porphyry mengembangkan pemikiran Plato menjadi Neoplatonisme. Neoplantonisme memiliki pengaruh besar pada perkembangan agama Kristen, terutama pada pemikiran para bapa gereja seperti Agustinus. Filsuf Alfred North Whitehead bahkan mengutip perkataan Plato, "Ciri umum yang paling pasti dari tradisi filsafat Eropa adalah bahwa ia terdiri dari beberapa catatan kaki untuk Plato."

Socrates sangat mempengaruhi pemikiran Plato. Karyanya yang paling terkenal adalah Republik (Yunani atau Politeia, "negara"), di mana ia menguraikan visinya tentang "ideal". Dia juga menulis Hukum dan banyak dialog di mana Socrates adalah peserta penting. Perumpamaan Plato yang terkenal adalah perumpamaan tentang manusia di dalam gua. Cicero mengatakan Platon scribend est mortuus (Plato meninggal saat menulis).

Dalam karya-karya yang ditulis di masa mudanya, Plato selalu menghadirkan kepribadian dan tulisan Socrates sebagai pokok bahasan utama esainya. Plato menulis tidak kurang dari tiga puluh enam buku, sebagian besar tentang masalah politik dan etika, tetapi juga tentang metafisika dan teologi. Hampir semua karya Plato ditulis dengan nada dialog. Dalam Bab VII, Plato menegaskan bahwa pena dan tinta membekukan pemikiran sejati yang ditulis dalam huruf bisu. Oleh karena itu, menurutnya, jika pemikiran itu harus ditulis, maka menulis dalam bentuk dialog adalah yang paling tepat.

Karya Plato yang paling terkenal ditulis dalam buku Republic. Buku ini berisi ide-ide Plato tentang pemerintahan yang paling ideal. Menurut Plato, pemerintahan yang baik harus dipimpin oleh  seorang bangsawan, yaitu. pemimpin negara yang terbaik, paling bijaksana dan terpilih.  Direktur tidak boleh dipilih dengan pemungutan suara, tetapi dengan keputusan bersama yang ditunjuk oleh wali amanat. 

The Guardian sendiri mengacu pada kumpulan  penguasa dan tokoh masyarakat. Plato mengajarkan bahwa semua orang, pria dan wanita, harus memiliki hak yang sama untuk menjadi pemimpin, jadi dia adalah filsuf pertama yang mengusulkan  kesempatan yang sama tanpa memandang jenis kelamin.  Untuk menunjukkan kesempatan yang sama, Plato mengusulkan agar pendidikan dan pengasuhan anak-anak dikelola oleh negara. Pertama, anak harus mendapatkan pendidikan yang layak. Republik telah dibaca secara luas selama berabad-abad. Namun sistem politik yang didukungnya tidak pernah dijadikan model pemerintahan di negara manapun.  

Sejak zaman Plato hingga sekarang, sebagian besar negara Eropa menganut sistem kerajaan. Selama beberapa abad terakhir, beberapa negara telah mengadopsi bentuk pemerintahan yang demokratis. Ada juga yang menganut sistem pemerintahan militer atau di bawah tiran totaliter seperti Hitler dan Mussolini. Tak satu pun dari pemerintahan ini menyerupai republik ideal Plato. Teori Plato tidak pernah menjadi model partai politik atau basis gerakan politik mana pun,  seperti halnya dengan ajaran Karl Marx.

Menurut Plato, filsafat adalah ilmu yang menciptakan keinginan untuk terus belajar. Sebanyak kita semua secara alami ingin tahu, kita sebenarnya adalah filsuf di hati. Singkatnya, filsafat dimulai dengan rasa ingin tahu. (Wibowo 2010: 21).  

Selain itu, keinginan untuk mengetahui harus didasarkan pada pengetahuan diri, karena bagaimana  kita dapat mengetahui sesuatu dengan cerdas jika kita tidak mengenal diri kita sendiri.  

Jadi penting bahwa diri sejati seseorang adalah jiwanya. Ada tiga dorongan dalam jiwa ini: inti akal, kasih sayang dan nafsu. Akibatnya, dalam dunia praktis sebuah fenomena dipentaskan, yang seringkali tidak disadari dan kurang dapat dikendalikan.Sering terjadi sikap yang dilebih-lebihkan, merasa tahu segalanya, tetapi sebenarnya tidak bisa mengendalikannya, termasuk tidak bisa membedakan apa dan bagaimana menampilkan diri di depan umum.  Dalam kondisi seperti itu, orang dianggap perlu untuk belajar dan memahami bahwa pengendalian diri itu penting.

picture1-635cd5ed08a8b53f89603be2.png
picture1-635cd5ed08a8b53f89603be2.png
Menurut standar Plato, kualitas manusia yang valid dapat dilihat dalam struktur: epithumia , thamos dan logistikon.

Menurut Plato, epitumia adalah keinginan manusia primitif yang harus dipenuhi tanpa kemungkinan kompromi. Gairah tersebut merupakan naluri yang sangat sulit untuk ditundukkan dalam suatu hubungan (akal). Plato menyebutkan bahwa sifat epitum adalah irasional, tidak masuk akal, sehingga secara fisiologis epitum terletak di perut bagian bawah jauh dari kepala.

"Epithumia" adalah sumber dari semua keinginan untuk makanan, minuman, seks dan kekayaan. Dengan lambang ini, kelangsungan hidup manusia terjamin berkat nafsu makan dan minum, dan sebagai spesies manusia hidup berkat reproduksi (keturunan).  Plato menyebutkan bahwa sifat epithmia  adalah irasional, tidak masuk akal, sehingga secara fisiologis epitum terletak di perut bagian  bawah jauh dari kepala.  

Keinginan seperti seks, makan, minum dan uang adalah bagian dari epitum. Menurut Plato, nafsu tersebut berguna untuk kelangsungan hidup manusia, tetapi manusia menjadi sakit jika hanya bertujuan untuk pemenuhan keinginan tersebut tanpa mengetahui kepuasan. Sikap seperti itu hanya  menghancurkan orang itu sendiri. 

Makanan dan minuman dan seks (atau sekadar uang), yang terus-menerus dicari terus menerus, semakin tanpa batas dan tidak tahu bagaimana memuaskannya, membuat individu manusia sampai pada tingkat tertentu merusak diri sendiri.  

Plato menggambarkan rasio (logistis) sebagai kusir, emosional (thumos) dan nafsu makan (epithum) sebagai dua kuda dengan derap tak terkendali, bagi Plato, epithum adalah makna jiwa, dipahami menurut prinsip kebahagiaan dan ketidakbahagiaan.  Epithum diartikan sebagai kuda hitam yang cenderung tidak menuruti akal dan selalu ingin memenuhi kesenangan yang dicari yang akan mengganggu keutuhan orang tersebut. Karena dia selalu memandang tanpa jeda, selalu bangkit tanpa batas dan tidak mengerti arti kepuasan.  Plato menyampaikan gagasan tentang "raja filsuf". Pikiran adalah campuran dari pengetahuan yang hebat dan manajemen yang terampil di dalam kepala sendiri." Republik Plato adalah republik yang menolak negativitas. Republik ini diperintah oleh orang yang luar biasa.

Dalam politik Anda melihat sesuatu yang akan segera tiba. Dapat dibayangkan bahwa dunia tampak subjektif, artinya apa yang terlihat dalam pemahaman selalu dapat disesuaikan dengan dunia objektif. Plato membagi tingkatan-tingkatan kebaikan menjadi bagian-bagian jiwa manusia, yaitu epithumia, thumos, dan logistic. Pada mulanya kebaikan berada pada tingkat hawa nafsu ular sampai ke dasar (bagian jiwa dari epitum).  

Plato menemukan kebaikan yang dicari pada tingkat ini tidak masuk akal, karena selalu membutuhkan kepuasan. Bahayanya terletak pada hancurnya integritas manusia. Kedua, kebaikan terletak pada tingkat keteguhan, kekuatan, harga diri (bagian dari thumos animo).  Plato melihat kebaikan yang dikejar pada tingkat ini berguna. Namun, tingkat kebaikan ini masih memiliki sifat yang irasional, karena tekad dan harga diri yang terlambat dapat membengkak dan merusak integritas seseorang.  Ketiga, kebaikan terdiri dari tingkat logistik yang memberi orang rasa bahagia. Kebaikan yang dicari pada tingkat ini bersifat rasional karena memiliki dasar abstrak, nilai, kebaikan yang indah itu sendiri.

Nilai melampaui kepuasan nafsu dan harga diri. Kebaikan  abstrak ini selalu dicari karena bermanfaat bagi kehidupan manusia. Tetapi nilai utilitasnya memiliki nilai hidup dalam dirinya sendiri.  Deskripsi jiwa, yang dibagi Plato menjadi tiga elemen utama. Epitumium awal adalah simbol dari  nafsu yang lebih rendah. Dengan kata lain, epithum adalah kebutuhan untuk memenuhi aspek biologis seseorang. Seperti makan, minum, dan seks.  

Setiap orang perlu memenuhi kebutuhan biologisnya, tetapi ide dapat menjadi penghalang, karena hasrat ini bersifat irasional atau berumur pendek. Makna biologis ini, namun bukan yang paling penting untuk dipenuhi, bahwa orang tidak perlu memadamkan keinginannya, tetapi kontrol yang ketat agar tidak terjadi penghancuran diri.

'Thumos'  

Secara fisiologis, epithumia berada di perut bagian bawah, sedangkan thumos berada di leher atau dada . Thumos sangat berbeda dengan epitumia . Thumos berarti kasih sayang, rasa, gairah dan agresivitas. Keberanian muncul di Thumo. Menurut Plato, thumos bisa membuat orang tidak menyerah pada nasibnya, tidak menyerah, apalagi menahan tekanan hidup. 

 Perasaan cinta, keinginan untuk diakui, keinginan untuk dihargai, keinginan untuk dipuji adalah ciri khas thumos. Uang, makanan, dan seks bukanlah segalanya bagi orang yang dominan Tumos. Mereka membutuhkan pengakuan, rasa hormat, dan cinta. Orang yang didorong oleh inti tidak mencari hal-hal materi yang sifatnya lebih rendah. 

thumos adalah keinginan yang umumnya baik dan mudah dikendalikan oleh pikiran. Namun, dalam hal pemantauan diri, tumor bisa menjadi tidak rasional.  Kita melihat contoh orang yang mengemudi ke pendukung fanatik tim sepak bola atau kelompok fanatik agama. Mereka tidak fokus pada pemenuhan makanan, uang, dll, tetapi dapat secara irasional (sampai mati) mempertahankan apa yang mereka yakini.

Unsur thumos ini berkaitan dengan segala bentuk kasih sayang, rasa, semangat dan agresi.  Thumos adalah tempat keberanian membangkitkan dan menyegarkan jiwa manusia saat melihat sesuatu yang mengecewakan, sehingga menciptakan pemberontak/melawan yang kecewa.  Pada saat yang sama, akhirnya, seseorang tidak menyerah pada kekecewaan atau keadaan yang menyerangnya. 

Thumos mengacu pada kebanggaan, harga diri, marah pada ketidakadilan. Thumoides tidak secara khusus merujuk pada maskulinitas, karena wanita wali juga nantinya harus dilatih untuk menjadi thumoid yang diciptakan untuk dewa.  Thumos mengacu pada perasaan moral yang terletak di antara gairah (perut ke bawah) dan hubungan (di kepala).

 Prinsip thumos ini adalah bahan mentah dari kebajikan keberanian. Tapi jika tumornya tidak mapan, itu menjadi dasar dari sikap pengecut dan lamban. Epitumia sendiri adalah payudara.  Thumos, adalah prinsip semangat kebanggaan besar. Sebagai contoh, Plato menceritakan tentang Leontius Aglaionos, yang ketika berjalan di alun-alun tempat eksekusi berlangsung, di satu sisi merasakan "keinginan untuk melihat mereka" (keinginan untuk melihat mayat yang dieksekusi), tetapi di sisi lain  merasa "jijik dan jijik" (merasa jijik dan menolak melihat mayat).

Plato, bicara tentang sesuatu selain logistik, tetapi sesuatu yang berbeda dari selera irasional. Karena tindakan Leontius bertentangan dengan nafsu, yang hanya ingin mencari kesenangan dan menghindari rasa sakit.  Ada unsur lain dalam jiwa yang membuat Leo marah, tapi bukan hanya amarah, tapi amarah, kemarahan rasional karena ketidakadilan yang ada.

 Thumos adalah rasa bangga, harga diri atau kebanggaan yang membuat orang menolak selera irasional. Dia melakukan ini karena dia mencari nasihat logistik.  Nasihat logistik ini memungkinkan tums untuk mengendalikan episi. Thumos juga memainkan peran khusus dalam pertahanan diri, yang merupakan bagian yang sangat penting dari misi ini. Ia menjadi asisten logistik untuk menenangkan epithumetic / epithum  Tapi seperti epithumetic, yang tidak dapat dikendalikan, membawa orang untuk kepentingan khusus mereka, mengganggu seluruh rakyat, begitu juga tums. Terkadang seluruh orang dapat ditaklukkan oleh thumos karena kepentingan khusus mereka. Seseorang mungkin kekurangan ide dan tidak menggunakan logistik karena harga diri lebih dominan dalam kasus-kasus tertentu.

'Logistikon' adalah bagian dari jiwa rasional, sumber kebijaksanaan, bagian dari kasih sayang. Bagi Plato, bagian ini merupakan bagian jiwa manusia yang "terbaik" karena menguasai dua bagian jiwa (epithumia dan thumos).  Dengan uraian ketiga pengaturan ini, orang pada dasarnya "berkonflik" antara ketiga bagian ini.  Dari ketiga gambaran struktural ini, mudah untuk menyimpulkan bahwa epitum adalah keinginan manusia yang didorong oleh nafsu dan keinginan daging.  Thumo memiliki keinginan untuk mencapai harga diri dan rasa hormat, dan juga cenderung mengikuti pertimbangan yang lebih "logistik", tetapi tetap saja itu hanya keinginan yang ditujukan untuk harga diri. 

Menurut Plato, logistik atau logika adalah faktor terpenting. Logika digambarkan sebagai seorang kusir cerdas yang dapat mengatur epithumia (kuda hitam) dan Thumos (kuda putih) sehingga mereka dapat berjalan bersama untuk mencapai tujuan mereka. Karena logistik penuh dengan kebijaksanaan dan kecerdasan, ia berada di puncak anatomi tubuh manusia, yaitu kepala.  Menggunakan logika adalah yang paling penting untuk kehidupan yang bahagia. Plato berpendapat bahwa orang yang hidup  (hanya) dengan epithumia atau tum berbahaya bagi peradaban. Peradaban dibangun hanya  oleh orang-orang dengan logika yang baik, sehingga mereka dapat mengatur keinginan irasional mereka.

Logistik adalah keinginan yang mendominasi dua keinginan sebelumnya. Jadi menurut Plato, yang ideal adalah orang yang jiwanya tertata dengan baik, terkoordinasi untuk melayani akal/pikiran.  Oleh karena itu, pemurnian roh merupakan prasyarat, sehingga orang dapat mengarahkan diri mereka sendiri ke arah yang baik. (pada saat yang sama). 

 Apa konsekuensi positif dari ini? Paling tidak efeknya bisa diungkapkan sebagai berikut: orang memang punya banyak keinginan. Bahkan keinginan yang dicap negatif tidak dapat dihindari atau dihindari.  Itu ada dalam diri setiap orang. Dengan kenyataan tersebut, menurut penulis, yang terpenting adalah "melatih diri" untuk bisa mengelola ketiga keinginan yang ada tanpa mengabaikan satu sama lain.  Seseorang harus unggul tidak hanya secara intelektual (logistik/relasional) tetapi juga orang yang dapat menempatkan dan mengendalikan epitel dan kegelapan, di tempat yang tepat dan pada waktu yang tepat. 

 Dalam praktiknya, pengendalian diri sangat penting tidak hanya ketika ada "waktu khusus" untuk mempraktikkannya, tetapi sepanjang hidup seseorang.  Selanjutnya, setiap individu harus mampu "sadar diri" dan menyadari potensi dalam dirinya untuk merasakan apa adanya.  Sebagai seorang pemimpin, seorang tokoh politik, seorang tokoh yang dihadirkan dan menjadi teladan dalam masyarakat, seseorang harus "berdiri di sini dan menggali" nilai-nilai dan gagasan filosofis susunan jiwa manusia. Plato.  Setiap tokoh masyarakat harus mampu mengendalikan diri, sadar akan diri dan kemampuannya, serta mengatur segala cara berpikir, emosi, dan tindakannya agar dapat menunaikan segala tanggung jawabnya dengan benar. 

https://www.dictio.id/t/bagaimana-pandangan-plato-terkait-dengan-konsep-manusia/125378

https://m.merdeka.com/plato/profil

https://id.wikipedia.org/wiki/Plato

https://www.ideapers.com/2020/11/manusia-dalam-pandangan-plato.html#:~:text=Plato%20memandang%20manusia%20tidak%20hanya,%2C%20dan%20Logostikon%20(intelektual).

https://media.neliti.com/media/publications/282673-jiwa-manusia-dalam-pandangan-plato-24dd05a1.pdf

 

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun