Mohon tunggu...
RAYHAN D TIRTANATA
RAYHAN D TIRTANATA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

20y.o

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal

Sistem Pengendalian Internal Manajemen pada Perusahaan Air Minum (PAM) Kota Palopo

28 Mei 2024   18:30 Diperbarui: 28 Mei 2024   18:33 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Halo Lokal. Sumber ilustrasi: PEXELS/Ahmad Syahrir

Apa itu sistem pengendalian internal manajemen?

Jadi sistem pengendalian internal manajemen (SPIM) ini merupakan sebuah rangkaian, prosedur, kebijakan dan praktik yang dirancang dan di implementasikan oleh suatu organisasi untuk mencapai tujuan bisnis perusahaan yang efektif dan efisien.

Mari kita membahas sistem pengendalian internal manajemen pada Perusahaan Air Minum (PAM) Tirta Mangkaluku Kota Palopo.

Perusahaan Air Minum (PAM) Tirta Mangkaluku Kota Palopo ini merupakan salah satu dari banyaknya Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dibidang pelayanan penyediaan air bersih bagi masyarakat, khususnya masayarakat Kota Palopo, Sulawesi Selataan. Yang dimana, perusahaan ini memiliki persan penting dalam menjamin tersedianya air bersih yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat setempat.

pada suatu ketika terjadi sebuah komplain dari masyarakat dikarenakan semakin meningkatnya tarif setiap tahun dan tarif pemakaian yang tidak sesuai. yang dimana biaya operasional yang dikeluarkan PAM ini meningkat setiap tahunnya. masyarakat merasa keberatan dengan hal tersebut, jika kasus tersebut tidak adanya penyelesaian dan evaluasi yang diberikan, kemungkinan besar masyarakat akan lebih menggunakan sumur sebagai sumber air dalam kehidupan sehari-harinya.

PAM Tirta Mangkaluku (PAM TM) perlu melakukan evaluasi dan peningkatan pada Sistem Pengendalian Internal Manajemen (SPIM). Ada beberapa langkah-langkah yang dapat diambil dalam sistem pengendalian internal untuk mengatasi masalah ini:

1. Evaluasi dan Pengendalian Biaya Operasional

2. Peningkatan Infrastruktur dan Teknologi

3. Penilaian Risiko dan Strategi Mitigasi

4. Transparansi dan Komunikasi dengan Pelanggan

5. Peningkatan Pelayanan Pelanggan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun