Selain Yamaha RX-King, motor tua 2-tak yang masih diburu oleh para kolektor otomotif khusunya kendaraan bermotor adalah Kawasaki Ninja 2-tak series. Kedua jenis motor ber merk Yamaha RX-King dan Kawasaki Ninja 2-tak dibilang motor gorengan karena versi bekas dengan kondisi original standart pabrik mulai jarang dan dengan  harganya yang terbilang  mahal.
Pada Tahun 1996 hingga tahun 2014 silam, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) meluncurkan Kawasaki Ninja 150 berjenis mesin 2-tak silinder tunggal yang cukup disegani di dunia motor sport.Hingga kini, Kawasaki Ninja 150 masih tetap jadi primadona di balapan trek lurus dan dipakai kopdar.
Namun kini motor kencang tersebut harus stop produksi. Kiprah Ninja 150 cc 2-tak harus terhenti karena dampak regulasi emisi gas buang.Aturan Pemerintah menetapkan mulai 1 Agustus 2015, semua produksi kendaraan
roda dua harus memenuhi standar emisi gas buang Euro-3.
Menurut Standar Euro-3, motor dengan kapasitas silinder kurang dari 150 cc hanya boleh mengeluarkan emisi gas buang berupa Hidrokarbon (HC) sebanyak 0,8 gram/kilometer, Nitrogen Oksida (NOx) sebanyak 0,15 gram/kilometer; dan Karbonmonoksida (CO) sebanyak 2 gram/kilometer.
Selama 2 tahun sejak Kepmen ini, diundangkan pihak pabrikan terus mengupayakan agar motornya lolos ambang batas emisi namun tidak dengan Kawasaki Ninja 150. motor 2-tak ini, dianggap tidak memenuhi standar emisi.
''Untuk motor 2-tak ini tidak bisa memenuhi standar Euro 3. Makanya distop," ungkap Yusuke Shimada, General Manager Marketing KMI.
Kawasaki Ninja, terutama varian mesin 150 cc 2 tak-nya, merupakan motorsport paling legendaris di Indonesia meskipun dalam kondisi bekas masih banyak dicari di bursa motor bekas. Tidak banyak yang tahu bahwa Ninja 150 hadir dalam beberapa varian, termasuk varian R dan SS. Berikut adalah perbedaan dan spesifikasi keduanya:
Perbedaan Eksterior dan Performa Mesin:
Ninja R memiliki tampilan yang lebih sporty dengan headlamp mirip Suzuki Satria FU, sedangkan Ninja SS menggunakan headlamp berbentuk bulat.
Mesin Ninja SS lebih irit bahan bakar dan efisien, sementara mesin Ninja R lebih bertenaga dengan kecepatan dan akselerasi yang kuat.
Karburator Ninja R: Keihin PWL 26, sedangkan Ninja SS: Mikuni VM 28.
Desain dan Warna:
Ninja R: Tersedia dalam 3 varian warna (lime, orange, hitam).
Ninja SS: Tersedia dalam 3 varian warna (lime, kuning, merah).
Kawasaki Ninja 150 SS, meskipun dulunya kurang diminati, kini kembali menjadi sorotan. Motor sport naked ini memiliki karakteristik unik dan menarik. Mari kita bahas lebih lanjut tentang Kawasaki Ninja 150 SS:
1. Desain dan Sejarah
- Kawasaki Ninja 150 SS memiliki desain ramping dan sporty.
- Pada masanya, Ninja 150 SS mungkin kalah pamor dari versi full fairing, tetapi sekarang namanya kembali melejit dan digoreng sampai garing!
- Identitas lampu bulat di bagian depan membuatnya terlihat garang dan menantang.
2. Spesifikasi
- Dimensi: 1.975 x 719 x 1.090 mm (PxLxT)
- Sumbu roda: 1.305 mm
- Berat: 124,5 kg
- Kapasitas tangki: 10,8 liter
- Mesin: 2-tak, pendingin cairan, Super Kips, karburator Mikuni VM28
- Tenaga maksimal: 30,1 PS di 10.500 rpm, torsi 21,6 Nm di 9.000 rpm
- Pelek palang dengan ban 90/90-17 dan 110/80-17, rem cakram pada kedua roda
Sebagai info tambahan Super KIPS (Kawasaki Integrated Power Valve System) adalah sistem gas buang yang dikembangkan oleh Kawasaki. Sistem ini memanfaatkan buka-tutup katup pada saat putaran mesin rendah dan tinggi dengan tujuan untuk meminimalisir gas buang. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai Super KIPS pada Kawasaki Ninja 2-tak:
Cara Kerja Super KIPS:
Putaran Mesin Rendah (Di Bawah 7.000 RPM): Pada putaran mesin di bawah 7.000 rpm, katup Super KIPS akan tertutup. Hal ini mengurangi jumlah gas buang yang keluar dan membantu menghemat bahan bakar.
Putaran Mesin Tinggi (Di Atas 7.000 RPM): Ketika putaran mesin mencapai di atas 7.000 rpm, katup Super KIPS terbuka. Ini menghasilkan peningkatan tenaga motor secara instan dan memberikan sensasi yang lebih ganas saat dipercepat di putaran mesin tinggi 12.
Keuntungan Super KIPS:
Responsif: Dengan Super KIPS, motor Ninja menjadi lebih responsif terutama di atas 7.000 RPM.
Tenaga Lebih Ganas: Saat katup terbuka, tenaga motor langsung meningkat secara signifikan.
Hemat Bahan Bakar: Pada putaran mesin rendah, konsumsi bahan bakar lebih efisien karena katup tertutup 34.
Kekurangan Super KIPS:
Suara Knalpot: Ketika katup Super KIPS tidak aktif, suara knalpot bisa terasa lebih garing di seluruh rentang RPM.
Kehilangan Karakteristik: Beberapa penggemar Ninja mungkin merasa karakteristik khas Ninja 150 berkurang ketika Super KIPS aktif 5.
3. Harga dan Kolektor
- Harga baru dulu sekitar Rp 28 jutaan, kini tembus ratusan juta.
- Warna kuning paling langka dan banyak diburu oleh kolektor.
- Hati-hati dengan unit jadi-jadian yang diganti dari versi R menjadi versi SS.
Jadi, Kawasaki Ninja 150 SS adalah motor yang kembali naik pamor dan menjadi incaran para penggemar. Meskipun tak lagi diproduksi, keberadaannya tetap menarik perhatian. Ingat untuk teliti saat mencari unit bekasnya!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H