PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah Bank Umum tertua di Indonesia. Bank ini mulai ada sejak tahun 1895.
Akan tetapi awalnya memiliki nama yang berbeda. Setelah beberapa kali berganti nama, barulah hadir dengan nama BRI sejak tahun 1992 sampai dengan saat ini.
Jika dihitung sejak tahun 1895 silam, maka tahun 2022 ini adalah momentum hut127BRI. Tak terasa ya, ternyata sudah satu seperempat abad lebih BRI berkontribusi dan terus menginspirasi bidang keuangan dalam negeri.
Bank yang listing di Bursa Efek Indonesia dengan kode emiten BBRI sejak tahun 2003 lalu tersebut tidak hanya berstatus sebagai bank tertua melainkan juga bank yang selalu ada.
Ia selalu ada dalam mendukung gerak langkah pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan pendekatan dan kolaborasi yang terus di bangun membuat bank yang satu ini terus tumbuh dan tangguh walaupun di usia yang sudah sangat sepuh.
"Tua tua keladi"
Ungkapan tersebut dirasa cukup tepat dalam menggambarkan BRI. Bagaimana tidak ditengah diusia yang sudah cukup menua bahkan jika diibaratkan sebagai seorang manusia BRI sudah masuk dalam cakupan lansia yang sudah tidak lagi memiliki kekuatan prima.
Namun, ditengah persaingan perbankan yang kian ketat, tetap saja BRI tidak kehilangan pamornya.
Ini semua tentunya tidaklah diraih begitu saja, melainkan program-program luar biasa yang terus dicanangkannya.
Berbicara akan hal ini penulis pribadi tertarik dengan program BRI yang sangat peduli akan kemajuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
Kemajuan UMKM adalah hal yang sangat penting, mengingat Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki penduduk terbanyak di dunia.
Sudah menjadi rahasia umum bahwa kepadatan penduduk disuatu negara ibarat dua sisi mata uang. Yang mana bisa saja menjadi musibah atau menghadirkan berkah.
Dengan hadirnya UMKM setidaknya bisa membantu pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran karna bonus demografi tadi.
Berkembangnya UMKM bisa menyerap banyak tenaga kerja sekaligus menghadirkan jiwa wirausaha bagi masyarakat Indonesia.
Berbicara akan UMKM tidak lengkap rasanya jika kita tidak mengaitkan dengan program yang dicanangkan oleh BRI yakni BRILianpreneur.
Apa itu BRILianpreneur?
Biar ga penasaran dan terus kepikiran sampai membuatmu ga bisa tidur malam. Akan lebih baik jika kita berkenalan dengannya saat ini juga.
Walaupun dengan berkenalan belum tentu membuat kamu sayang nanum setidaknya kamu bisa lebih nyaman.
BRILianpreneur adalah program yang dihadirkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai wadah pengembangan bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)
Hal ini merupakan upaya nyata yang dilakukan oleh BRI untuk mendukung kemajuan UMKM di Indonesia, yang mana nantinya UMKM di nusantara tidak hanya berkiprah di bumi tercinta tapi juga bisa berkontribusi di tingkat mancanegara.
BRIlianpreneur agar masyarakat lebih paham dan semakin tertarik menumbuhkan jiwa entrepreneur yang siap membantu perekonomian Indonesia semakin tumbuh dan berkembang dari masa ke masa sehingga tiba saatnya nanti mampu untuk bersaing ditingkat global.
Maka dari itu, beberapa waktu lalu BRI sudah melaksanakan kegiatan ExpoMenariknya sebelum kegiatan yang dilangsungkan secara offline di Jakarta, secara keseluruhan diikuti oleh 1317 produk UMKM.Â
Namun yang ditampilkan di acara tersebut hanya 500 produk umkm saja, ini masih lima kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan yang dipilih 100 UMKM Â saja untuk agenda lainnya .
100 produk UMKM terpilih dari 500 itu dikhususkan untuk memamerkan produknya dalam acara puncak Group of twenty (G20) di Bali bulan November lalu.
G20 sendiri adalah gerakan gabungan dari 20 negara dari benua yang berbeda dengan satu tujuan yang sama yakni memajukan bidang politik, Ekonomi dan lain sebagainya bagi negara negara di dunia.
Acara G20 adalah momentum langka yang didapatkan Indonesia dan merupakan peluang luar biasa bagi UMKM,apalagi Indonesia adalah pemegang presidensi G20.
Dengan adanya UMKM Â terpilih dari kegiatan BRILianpreneur yang showcase di gelaran sebesar G20 pun tidak dilewatkan begitu saja. Sehingga produk Indonesia bisa menarik perhatian dunia dan semakin berkembang pasarnya dalam tingkat global ditambah lagi sekarang ekonomi sudah bertransformasi digital.
Maka tak heran UMKM yang ada di Indonesia pun semakin berkelas dan tidak lagi menjadi alasan Ekonomi Indonesia tertinggal karna akses yang terbatas.
Dengan apa yang sudah dilakukan oleh BRI untuk kemajuan UMKM dan ekonomi Indonesia, maka sangatlah layak jika kita katakan BRIPahlawanFinansial.
Yang mana Bank ini tidak hanya berfokus pada produk penghimpunan dana seperti tabungan, Giro dan Deposito tapi juga pengembangan ketrampilan bisnis bagi masyarakatnya dengan program program yang ada untuk kesejahteraan bersama.
127 tahun berkiprah bukanlah waktu yang sebentar, dan dengan konsitensi dalam hal kontribusi bagi kemajuan ekonomi negeri akan selalu layak untuk diapresiasi.
Salam finansial dan ekonomi, semoga bisa terus berkontribusi untuk kebaikan ekonomi hari ini dan nanti tanpa ada kata berhenti.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H