Mohon tunggu...
Ratu Ummu Salmah
Ratu Ummu Salmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Hobbi berwirausaha

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bakso Ikan

16 Desember 2023   08:51 Diperbarui: 16 Desember 2023   08:59 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

WAWANCARA

Nama Pemilik : SUDRAJAT 

Alamat : LINK PANYINDANGAN RT 001/ RW 003 KEL. UNYUR KEC. SERANG

Nomor HP Pemilik : 0859102718285

Nama Toko/ koperasi/ jasa/ Bumdes /UMKM :" Bakso Ikan Do'a Ibu" UMKM                           

Proses produksi : Melalui penggilingan,Di cetak,dan Direbus

Jenis Usaha : Bakso Ikan                                                        

Strategi mendapatkan bahan baku   : Riset harga terlebih dahulu, Beli dalam jumlah banyak, Langsung Beli di pabrik/Distributor, Beli Bahan Baku Impor, Bergabung Dalam Komunitas Usaha.

Sejarah berdirinya usaha  : Awal mulai pada tahun 2012 disaat mendesak perekonomian yang di haruskan berjualan.                     

Strategi meningkatkan kualitas produk : Dengan cara memilah - milih bahan baku yang tersedia.

Berbagai Upaya mempersiapkan usaha bisnis yang dilakukan mulai dari persiapan awal : Modal usaha, Tempat berjualan, Peminat.

Strategi mengembangkan pasar ( Alamat online/ IG/ Twiter/ Tiktok/ FB dll ) : Umumnya menjangkau semua kalangan tua dan muda. Namun target khususnya adalah anak sekolah. (LINK PANYINDANGAN RT001/RW003 KEL. UNYUR KEC. SERANG Ratuummusalama2/-/Ratu ummu salma/ Salma Putri Pertama.

Strategi meningkatkan kualitas layanan : Respon pelanggan dengan cepat,ramah, mendengarkan keluhan dari pelanggan, dan minta masukan dari pelanggan.

Strategi meningkatkan loyalitas pelanggan : Pastikan Bahan Baku Berkualitas, Gunakan resep terbaik,Siapkan alat berjualan yang di butuhkan, Pertahankan cita rasa dan kualitas,Menentukan tempat lokasi supaya terjangkau oleh pelanggan, Gunakan Kemasan yang tepat, Jangan takut inovasi,dan Aktif dalam Mempromosikan Barang Dagangan.

Strategi mendapatkan sumber daya manusia : Bakso Ikan ini banyak penggemarnya dikalangan masyarakat karena melalui mulut kemulut pelanggan yang mampir bergantian untuk  membeli Bakso Ikan maka dari itu banyaknya pelanggan yang datang untuk membeli "Bakso Ikan " Tersebut.

Strategi meningkatkan kompetensi SDM : Mengubah cara berjualan supaya menambah peminat yang datang, menambah menu produk berjualan supaya pelanggan tidak bosan dengan makanan yang kita jual.

Jenis -- jenis peralatan :  
Cup gelas
Sendok makan
Gerobak
Kompor
Botol saus, kecap,sambal dan cuka
Spatula

Jenis -- jenis bahan  :      
Ikan tuna
Tapioca
Penyedap Rasa Bubuk
Garam
Mecin
Bawang Merah
Bawang Putih

Perijinan    :  
Karena usaha ini masih usaha rumahan kecil kecilan dan milik pribadi jadi mungkin hanya izin kepada RT setempat karena mendirikan usaha bakso ikanyang kemungkinan nantinya banyak pengujung yang silir bergantian datang.
             
Jumlah pendapatan kotor perhari/ perbulan  :
Modal awal
= biaya variable + biaya tetap
( biaya bahan baku 30 hari ) + biaya tetap
( Rp.150.000 30 hari ) + Rp. 1.000.000
Rp. 4.500.000 + Rp. 1.000.000
= Rp. 5.500.000

Hasil penjualan perbulan
= target penjualan harian harga jual pergelas 30  hari
40 gelas RP. 5.000 30 hari
RP.6.000.000
Laba
Hasil Penjualan di kurangi modal awal
Rp 6.000.000 -- 5.500.000
Jadi laba Rp. 500.000

Jumlah pendapatan bersih  :
Hasil pendapatan bersih  perbulan Rp. 1.500.000
Sedangkan jika pendapatan bersih perhari Rp. 50.000

Strategi mengembalikan modal usaha yang diinfestasikan  :
Catat modal awal penjualan untuk mencatat semua modal yang keluarkan untuk menjalani sebuah usaha, catat penjualan setiap harinya, hitung penghasilan secara berkala, pisahkan keuntungan dan modal, putar Kembali uang keuntungan, dan menyisihkan sisa uangnya untuk di tabung di Koprasi Unit Desa.

Berbagai kendala terjadi  :
Kendala dengan cuaca, bahan baku yang kosong , harga bahan -- bahan meningkat , Teknik pemasaran kurang kreatif, kurangnya pembeli, pelayanan , evaluasi rasa pada pembeli .

Strategi mengatasi kendala :
Memeriksa ulang ekspetasi anda, melakukan evaluasi dan Analisa trend pasar, membuat inovasi produk, mempersiapkan dana darurat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun