Mohon tunggu...
Ratnaningsih
Ratnaningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Ibu rumah tangga dari Kab. Lamongan

Suka membaca dan olah raga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mulai dari Diri Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

4 November 2022   00:55 Diperbarui: 4 November 2022   00:59 1929
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh : Ratnaningsih

Calon Guru Penggerak Angkatan 5

Kabupaten Lamongan Jawa Timur

Apa kegiatannya / programnya?

Pada masa SMP saya pernah mengikuti ekstrakurikuler Mading, dan UKS. Saya berpartisipasi dalam kegiatan tersebut terutama mading. Saya kurang suka ekstrakurikuler yang berkaitan dengan olah raga, karena pada saat saya kecil saya sering sakit. Sehingga tidak mengikuti ekstrakurikuler olah raga/ yang berhubungan dengan fisik.

Siapa yang memprakarsai atau menggagas program tersebut?

Yang mempakarsai menggagas program tersebut adalah murid-murid di kelas 2 (kelas saya). Saat melihat mading sekolah tidak ada apapun hasil karya murid yang ditampilkan. Hanya digunakan untuk menempelkan pengumuman saja. 

Dan itu sudah berlangsung lama. Akhirnya kami usul kepada wali kelas agar diijinkan untuk mengisi mading di sekolah dengan hasil karya murid, seperti puisi, pantun, gambar, tulisan tulisan murid. Dan usulah kami diterima, akhirnya ada ekstrakurikuler mading.

Berperan sebagai apa bapak/ ibu saat itu?

Saat itu saya berperan sebagai sekretaris. Tugas saya mencatat dan memilah hasil karya murid. Jika satu kelas ada yang belum setor hasil karya, maka saya  akan mengingatkan ketua kelas agar segera menyetorkan hasil karya.

Bagaimana perasaan Bapak/ Ibu saat itu?

Perasaan saya senang sekali, karena saya dan teman-teman bisa menyalurkan bakat/ hobi dan menampilkan hasil karya di mading sekolah. Meskipun kegiatan itu menyita sebagian waktu saya tetapi saya sangat menyenangkan.

Mengapa pengalaman tersebut jadi berkesan bagi Bapak/ Ibu?

Karena pengalaman tersebut yang menjadikan saya senang menulis baik puisi atau artikel. Saya juga banyak membaca hasil karya teman-teman yang makin menambah wawasan saya.

Apa pembelajaran yang bapak/Ibu ambil dari kegiatan/ program tersebut?

Banyak sekali pembelajaran yang dapat saya ambil, seperti;

  • saya bisa mengembangkan minat dan hobi,
  • rasa percaya diri bisa tumbuh karena bisa menampilkan hasil karya,
  • bangga bila hasil karya bisa ditampilkan atau dipajang di mading,  
  • juga menghargai hasil karya orang lain,
  • serta menjadi tahu bagaimana usaha dan perjuangan untuk menghasilkan karya tertentu.

Bagaimana pengalaman tersebut berdampak pada Ibu/Bapak sekarang? Apakah berdampak positif atau negatif?

Berdampak positif; saya menjadi suka membaca hasil karya orang lain dan suka menulis baik puisi maupun artikel. Walaupun karya saya tidak bagus tapi saya sangat senang dan bangga bisa mengungkapkan segala sesuatu melalui tulisan.

Saat ini sebagai guru, saya ingin murid-murid saya juga bisa senang dan bangga menunjukkan hasil karyanya dibidang yang mereka sukai sesuai minat dan bakatnya. Apalagi jika karya dari minat dan bakatnya itu bisa meraih sebuah prestasi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun