Mohon tunggu...
Ratna Dewi
Ratna Dewi Mohon Tunggu... Guru - SD Negeri 023 Loa Janan

Berbagi adalah bagian dari motivasi diri untuk maju bergerak bersama dalam dunia pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan

11 Juli 2023   10:01 Diperbarui: 11 Juli 2023   10:06 232
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.4 Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 8

Assalamu'alaikum warohmatulloohi wabarokaatuuh,..

Salam Sejahtera untuk kita semua

Salam Guru Penggerak.

Salam kenal semua saya Ratna Dewi, S.Pd, M.Pd. Calon Guru Penggerak Angkatan 8.  Saya  dari SD Negeri 023 Loa Janan  Kec Loa Janan Ulu  Kabupaten Kutai Kartanegara  Provinsi  Kalimantan Timur dalam kelompok 08.01 BPG Kaltim dengan fasililator bapak Ndik Njuk, Pengajar pratik Gesra Bongga. Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang jurnal dwi mingguan. Jurnal dwi mingguan merupakan salah satu tugas yang harus dibuat oleh setiap calon guru penggerak. Dan ini sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh para CGP (Calon Guru Penggerak) untuk merefleksikan. Pada modul 1.4 tentang Budaya Positif. Adalah modul akhir di modul 1, karean setealh ini kami akan masuk pada modul berikunta yaitu modul 2. Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yaitu model 4F menjadi 4P (1. Peristiwa; 2. Perasaan; 3. Pembelajaran; dan 4. Penerapan) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greeanaway.

Facts (Peristiwa)

Pada dwi mingguan   seluruh Calon Guru Penggerak Angkatan 8 mempelajari modul 1.4 dan mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan di LMS (Learning Management System) sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan yang akan dipandu oleh, Fasilitator , Instruktur dan Pengajar Praktik.  Seperti sebelumnya, kegiatan pelatihan ini mengikuti alur Merdeka, yaitu Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi dan Aksi Nyata.

Kegiatan diawali dimulai dari  Mulai dari Diri dan Eksplorasi Konsep pada modul 1.4  tentang Budaya Positif , kami pelajari tanggal mulai tanggal 28 Juni-30 Juni  2023 secara Mandiri di LMS. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan eksplorasi konsep dalam Forum Diskusi. Dalam eksplorasi konsep ini, banyak sekali pelajaran yang didapat, yaitu konsep-konsep mengenai disiplin positif, teori kontrol, teori motivasi, hukuman dan penghargaan, posisi kontrol guru, kebutuhan dasar manusia, keyakinan kelas dan segitiga restitusi. Selanjutnya adalah kegiatan Video Conference Diskusi, di Ruang Kolaborasi yang dibagi menjadi 2 Kelas yaitu kelas A dan B dan terdapat masing-masing anggota kelompok yang beraggotan 4 dan 3 CGP pada hari jumat, 7 Juli 2023. 1.4.a.5. Ruang Kolaborasi Modul 1.4 - Kerja Kelompok kami dibagi oelh fasilitator kami Bapak Dink Njuk kelas dibagi menjadi 2 sesi  perkelompok sesuai dengan jam yang sudah ditentukan, untuk berdikusi. Saya masuk di kelompok B kelompok 2 dengan Anggota saya sendiri RATNA DEWI, (CGP) , SITI KHOIRIYAH (CGP) dan PRAMUDYA WELLA SAKAROSA, S.PD (CGP)

Dalam kegiatan diskusi kelompok ini kami menganalisis kasus-kasus yang berdasarkan konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif bersama CGP lain dalam Komunitas Praktisi yang disediakan dan dapat menunjukkan hasil analisis studi kasus berdasarkan konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif  melakukan kerja kelompok dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Dalam kelompok masing-masing, pelajari kasus-kasus yang disediakan.
  • Lakukan analisis mendalam terhadap kasus-kasus yang disediakan dan jawablah pertanyaan-pertanyaan di setiap kasus yang disajikan

Setelah selesai hasil diskusi dengan beberapa kelompok yang luar biasa pemahamnya tentang budaya possitif dari kasus yang ada , kami selanjutnya
menyerahkan tugas kelompok yang di ungga dengan secara individu di1.4.a.5.2 Ruang Kolaborasi Modul 1.4 ( - Unggah Hasil Diskusi Kelompok Penugasan)

Kegiatan berikutnya adalah Demonstrasi Kontekstual Pada kegiatan Demonstrasi Kontekstual ini CGP mendemonstrasikan pemahamannya secara lebih mendalam mengenai konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif berlatih menerapkan segitiga restitusi dengan mengangkat dua kasus yang terjadi dalam proses pembelajaran di sekolah.

Selain itu ada juga kegiatan pembimbingan Individu saya terjadwal melakukan pembimbinban individu 2, yang melibat guru dan murid, oleh pengajar partik kami berkunjung ke sekolah masuk pada pembimbingan yang ke2 yang dilaksanakan pada Senin 10 Juli 2023. 

Selanjutnya adalah kegiatan Diskusi Virtual Elaborasi Pemahaman Modul 1.4 dengan instruktur Bapak Edi Susanto,pada hari  Rabu, 12 Juli 2023 melalui LMS. Namun sebelum melakukan elaborasi pemahaman bersama instruktur, Anda diminta untuk menuangkan berbagai pertanyaan mengenai materi Budaya Positif yang masih ingin digali lebih lanjut pada aktivitas ini. yang diakhiri dengan Koneksi Antar Materi dan Aksi Nyata.

Feelings (Perasaan)


Dalam kegiatan dimodul 1.4 mengikuti kegiatan Pendidikan Guru Penggerak ini, saya merasa semakin termotivasi dan bersemangat dari ilmu yang saya dapat mnjadi petunjuk untuk memperbaiki diri  dan belajar berproses menerapkan proses segitiga restitusi  kasus di sekolah dengan nilai-nilai budaya positif di sekolah karena ternyata selama ini masih banyak kekurangan dalam menangani permasalahan yang dialami peserta didik, dan rekan kerja saya karena persoalan yang muncul tidak hanya pada siswa juga bisa gterjadi dilingkungan teman sejawat. Dan saya sudah membentuk komunitas praktisi di sekolah saya.

Findings
(Pembelajaran)

Setelah mempelajari modul 1.4 saya lebih banyak belajar untuk memahami konsep-konsep mengenai disiplin positif, teori kontrol, teori motivasi, hukuman dan penghargaan, posisi kontrol guru, kebutuhan dasar manusia, keyakinan kelas dan segitiga restitusi. Semua harus dipelajari dan dipahami secara holistik agar benar-benar dapat merealisasikannya dengan baik

Future (Penerapan)

Saya akan berusaha untuk mewujudkan budaya positif dengan mengimplementasikan konsep-konsep mengenai disiplin positif, teori kontrol, teori motivasi, hukuman dan penghargaan, posisi kontrol guru, kebutuhan dasar manusia, keyakinan kelas dan segitiga restitusi di sekolah baik untuk diri saya sendiri, dapat melibatkan melibatkan rekan sejawat, untuk bersama-sama membangun konsep ini sebagai langkah berproses dalam kegiatan di sekolah melalui komunitas praktisi.

Dengan menerapkan hal ini, diharapkan ke depannya akan dapat membangun kerjasama dan kolaborasi dengan seluruh warga sekolah dan pihak terkait.

Demikian refleksi dwi mingguan keempat saya, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Salam sukses Ibu dan Bapak Guru hebat

Ayo kita tergerak, bergerak dan menggerakkan

Salam Guru Penggerak

Guru Bergerak, Indonesia Maju

Wassalamu'alaikum warohmatulloohi wabarokaatuuh

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun