Pasar merupakan tempat dimana bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan suatu transaksi jual beli, baik itu berupa barang maupun jasa. Jenis-jenis pasar juga beragam, ditentukan mulai dari cara bertransaksi, bentuk kegiatan, waktu, dan tentunya jenis barang yang dijual.
Pasar persaingan sempurna sendiri ialah suatu pasar dimana jumlah penjual dan pembeli sangat banyak dan produk yang ditawarkan sejenis. Pasar persaingan sempurna memiliki banyak penjual atau pembeli yang sama-sama mengerti keadaan pasar. Barang yang diperjual belikan dalam pasar persaingan sempurna adalah sejenis (Homogen). Selain itu, penjual atau pembeli tidak bebas dalam menentukan harga karena dalam hal ini sudah ditentukan oleh kekuatan pasar. Atau dalam pengertian lain ialah dimana sebuah pasar yang terdapat banyak pelaku usaha atau perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa dengan produk yang ditawarkan relatif sama.
Ciri-ciri atau karakteristik utama dari pasar persaingan sempurna ini sendiri adalah banyak penjual dan pembeli, barang yang dijual sejenis atau homogen, pembeli dan penjual tidak dapat menentukan harga dalam hal ini harga di pasar ditentukan oleh suply dan demand (Price Taker), penjual bebas dalam keluar dan masuk dalam artian hal ini adalah penjual ingin menutup perusahaannya atau tidaknya bebas dan tidak ada hambatan.
Sedangkan ciri-ciri turunan pasar persaingan sempurna sebagai berikut:
- Jumlah perusahaan dalam pasar banyak
- Produk atau barang bersifat homogem atau mirip
- Kedudukan suatu perusahaan dalam pasar sangat kecil sehingga tidak mampu mempengaruhi pasar
- Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan atau informasi sempurna
- Setiap perusahaan bebas keluar masuk pasar atau industri
Contoh pasar persaingan sempurna yang ada di Indonesia:
1. Pasar Beras
Pasar beras merupakan salah satu contoh pasar persaingan sempurna, karena jumlah pembeli dan penjual beras sangat banyak. beras juga merupakan salah satu kebutuhan pokok di Indonesia.
2. Pasar Sayur
Pasar sayur termasuk kedalam pasar persaingan sempurna dikarenakan sayuran sangat mudah untuk ditemukan di seluruh Indonesia, dan tingkat konsumsi sayur cukup tinggi di Indonesia karena menjadi salah satu komoditi yang tak bisa ditinggalkan masyaakat, dengan jumlah penjual dan pembeli yang sama-sama banyak.
3. Pasar Buah-Buahan