Mohon tunggu...
Ratmi Ratmi
Ratmi Ratmi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ratmi

Saya adalah seorang perempuan yang suka memasak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Pemasaran Online Melalui GrabMart kepada Para Pelaku UMKM

5 Agustus 2021   22:00 Diperbarui: 5 Agustus 2021   22:15 303
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Pemasaran Online Melalui GrabMart Kepada Para Pelaku UMKM Warung Sembako Untuk Meningkatkan Penjualan

Adanya pandemi Covid-19 yang masih melanda di Indonesia memberikan dampak yang sangat besar terhadap perekonomian masyarakat khususnya pada UMKM. Banyak UMKM yang terhambat untuk mengembangkan usahanya bahkan ada yang tutup atau tidak bisa melanjutkan usahanya karena dampak pandemi ini. Para konsumen mengalami perubahan perilaku terutama dalam hal pembelian. Semenjak berada dalam kondisi pandemi Covid-19 konsumen takut untuk melakukan aktivitas di luar dengan waktu yang lama kemudian apabila konsumen membeli kebutuhan pokok sebagain konsumen memilih dengan membeli secara online sehingga pembelian tidak perlu dilakukan secara langsung di toko ditambah lagi adanya aturan-aturan baru dari pemerintahan salah satunya adalah anjuran untuk tetap di rumah saja. Dari hal tersebut membuat pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah dihadapkan pada keadaan yang sangat sulit dimana para pelaku UMKM tersebut harus memilih untuk bangun dan membuat hasil penjualannya bisa normal lagi dan bahkan bisa mengingkatakan penjualannya atau memilih untuk tetap diam dengan hasil penjualan yang tidak menentu. Agar para pelaku UMKM bisa meningkatkan penjualannya maka diperlukan sebuah strategi baru dimana strategi ini menyesuaikan dengan perilaku konsumen saat ini.

Salah satu mahasiswa Undip, Ratmi yang sedang melaksanakan KKN Tim II Tahun 2020/2021 di Jatisari, RW 13, Kelurahan Gisikdrono, Semarang Barat mengamati bahwa para pelaku UMKM khususnya UMKM warung sembako yang ada di Jatisari, RW 13 Gisikdrono semenjak terjadi pandemi Covid-19 mengalami penurunan penjualan. Kemudian sebagian besar pelaku UMKM warung sembako ini masih memasarkan produknya secara konvensional dimana konsumen harus datang ke warung untuk melaksanakan transaksi pembelian. Oleh karena itu, mahasiswi tersebut ingin mengenalkan atau memberikan edukasi mengenai pemasaran online untuk meningkatkan penjualan mereka.

Pada tanggal 04 Agustus 2021, mahasiswi tersebut melaksanakan sosialisasi atau memberikan edukasi melalui e-book mengenai Pemanfaatan Digital Marketing melalui GrabMart untuk meningkatkan penjualan pada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) secara online melalui group WhattApp ibu-ibu PKK RW 13, Gisikdrono. Dalam e-book yang dibagikan atau disosialisasikan tersebut kurang lebihnya membahas mengenai pengenalan tentang digital marketing, peluang UMKM dalam meningkatkan penjualan melalui digital marketing, manfaat penggunaan digital marketing untuk pelaku UMKM, pengenalan tentang GrabMart, Jenis produk apa saja yang dapat dipasarkan dalam GrabMart, persyaratan pendaftran menjadi mitra GrabMart, panduan bagaimana pendaftaran menjadi mitra GrabMart, serta keuntungan yang didapat ketika menjadi mitra GrabMart.

Sosialisasi pemasaran online GrabMart kepada masyarakat secara online
Sosialisasi pemasaran online GrabMart kepada masyarakat secara online

Sosialisasi pemasaran online GrabMart kepada masyarakat secara online (Dokpri)
Sosialisasi pemasaran online GrabMart kepada masyarakat secara online (Dokpri)

Sosialisasi pemasaran online GrabMart kepada masyarakat secara online (dokpri)
Sosialisasi pemasaran online GrabMart kepada masyarakat secara online (dokpri)
Sosialisasi pemasaran online GrabMart kepada masyarakat secara online (Dokpri)
Sosialisasi pemasaran online GrabMart kepada masyarakat secara online (Dokpri)

Mengingat adanya peluang yang cukup besar untuk UMKM dalam digital marketing, mahasiwa mengharapkan dengan memberikan edukasi melalui e-book mengenai pemanfaatan Digital Marketing GrabMart untuk Meningkatan Penjualan Pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dapat memberikan manfaat kepada para pelaku UMKM warung sembako untuk meningkatkan penjualannya.

Penulis : Ratmi, Program studi Administrasi Bisnis/Fakultas Ilmu Sosial dan IlmuPolitik/Universitas Diponegoro

DPL : Heri Sugito, S.Si., M.Sc.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun