Mohon tunggu...
Raras B Nursalima
Raras B Nursalima Mohon Tunggu... Lainnya - MAHASISWA

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa Kampus Mengajar 7 Berkolaborasi dengan Siswa SDN 03 Nangsri dalam Belajar Matematika dalam Budaya melalui Puzzle

14 Juni 2024   12:56 Diperbarui: 14 Juni 2024   13:36 236
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SDN 03 Nangsri, Mei 2024-- Pada bulan Mei 2024, mahasiswa Kampus Mengajar 7 dari Universitas Sebelas Maret Surakarta melakukan kolaborasi dengan siswa kelas 5 di SDN 03 Nangsri dalam kegiatan belajar matematika dalam budaya atau biasa disebut dengan etnomatematika. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan konsep geometri yang terdiri dari bangun datar dan bangun ruang kepada siswa melalui permainan puzzle yang terinspirasi dari budaya nusantara.

sumber: dokumen pribadi.
sumber: dokumen pribadi.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa Kampus Mengajar 7 terlebih dahulu memperkenalkan berbagai bentuk geometri dasar kepada siswa. Kemudian, mahasiswa mengajak siswa untuk menyusun puzzle, dimana pada puzzle tersebut berisi kebudayaan yang ada di Indonesia, seperti rumah adat dan makanan khas wilayah tertentu. Setelah menyusun puzzle, siswa diajak untuk menganalisis bentuk geometri apa saja yang ada pada gambar tersebut, kemudian mereka mencocokkan gambar mana yang sesuai dengan geometri tersebut. Selanjutnya, pada motif kain batik Kopi Pecah dari Banyuwangi, mereka mencari bangun datar apa saja pada motif tersebut dan menggambarnya pada papan tulis.

sumber: dokumen pribadi
sumber: dokumen pribadi

Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya belajar tentang konsep geometri, tetapi juga tentang budaya nusantara Siswa menjadi lebih antusias dan termotivasi untuk belajar matematika karena mereka dapat menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari dan dapat belajar sambil bermain.

sumber: dokumen pribadi
sumber: dokumen pribadi

Kegiatan belajar matematika dalam budaya melalui puzzle ini merupakan salah satu contoh bagaimana Kampus Mengajar 7 membantu meningkatkan kualitas pendidikan khususnya pemahaman konsep geometri yang dikemas dalam bentuk permainan kreatif dan inovatif.

sumber: dokumen pribadi
sumber: dokumen pribadi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun