Mohon tunggu...
Ranto Siagian
Ranto Siagian Mohon Tunggu... Guru - Guru

Pendidikan, olahraga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

5 Desember 2023   14:41 Diperbarui: 5 Desember 2023   14:50 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi,Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Terkait Motivasi Belajar Siswa Rendah dalam Pembelajaran

Lokasi

SDS Kristen BASIC Batam Kota

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

Menerapkan Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Based Learning ( PBL) Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran dalam pembelajaran Tematik Tema 5 Materi Ekosistem Jaring-Jaring Makanan dan Ide Pokok Muatan IPA dan Bahasa Indonesia pada Kelas V (lima) SD.

Penulis 

Ranto Siagian, S.Pd

Hari/Tanggal

Selasa/14 November 2023

Situasi

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah: mengapa best practice (praktik baik) ini penting dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab mahasiswa PPG Daljab

Kondisi yang menjadi latar belakang:

  • Siswa kurang aktif dalam pembelajaran
  • Guru belum maksimal dalam melakukan pembelajaran yang variative.
  • Pembelajaran masih berpusat pada guru
  • Guru belum memanfaatkan media dan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa.
  • Pembelajaran yang dilakukan guru monoton
  •  

Mengapa praktek ini penting untuk dibagikan :

  • Karena permasalahan tersebut adalah masalah yang saya hadapi di dalam proses pembelajaran di kelas saya dan kemungkinan ini juga terjadi di kelas Bapak dan Ibu.
  • Supaya bisa jadi motivasi atau referensi bagi bapak ibu guru yang memiliki permasalahan yang sama di kelas.

 

Tantangan

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut, siapa saja yang terlibat.

Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut:

  • Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa.
  • Penyesuaian jadwal PPL yang akan dilaksanakan dengan jam mengajar.
  • Penggunaan metode dan model pembelajaran yang inovatif bagi siswa sesuai dengan materi yang akan dipelajari.
  • Pengambilan video pembelajaran pada aksi 1 terkendala karena handphone yang digunakan jatuh dan pecah.
  • Masih ada siswa yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi karena siswa yang dominan atau lebih pintar lebih banyak menyelesaikan diskusi kelompok tersebut
  • Masih ada siswa yang belum percaya diri untuk mempresentasikan hasil laporannya di depan kelas.

Yang terlibat dalam terlaksananya best practice ini :

  • Guru sebagai fasilitator
  • Siswa sebagai subjek proses pembelajaran
  • Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing pelaksanaan pembelajaran.
  • Kepala Sekolah SDS Kristen BASIC dan Rekan sejawat yang sudah membantu terlaksananya kelancaran proses pembelajaran.

Aksi

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut, strategi apa yang digunakan, bagaimana prosesnya, apa saja sumber daya/materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi tersebut.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah :

  • Mencari solusi dari tantangan atau masalah yang akan dihadapi.
  • Merumuskan solusi yang terpilih.
  • Melakukan kajian literatur dari berbagai sumber belajarseperti buku dan juga internet terkait solusi dari tantanganyang dihadapi.
  • Melakukan koordinasi dengan pihak sekolah seperti Kepala Sekolah, rekan guru, teman sejawat dan pakar.
  • Membuat perangkat pembelajaran yang akan digunakan dalam praktik pembelajaran.
  • Membuat lebar survey dengan model emoticon.
  • Menggunakan proses pembelajaran dengan perangkat yang sudah dipersiapkan.

 

Strategi yang digunakan adalah :

  • mempersiapkan perencanaan perangkat pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning  (PBL)
  • Membuat media pembelajaran interaktif berbasis TPACK dengan menggunakan video dalam bentuk film pendek.
  • Membimbing siswa yang belum memahami pengerjaan tugas dan membuat sesederhana mungkin lembar kerja siswa pada kegiatan diskusi, agar peserta didik dapat aktif dalam kegiatan diskusi yang dilaksanakan.

Adapun proses yang dilakukan yaitu :

  • Membuat perencanaan pembelajaran dengan membuat perangkat pembelajaran berupa RPP, LKPD, bahan ajar,media alat peraga dan video yang berupa film pendek serta lembar evaluasi.
  • Melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan perangkat pembelajaran yang telah dibuat.
  • Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam proses pembuatan proyek.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yangt elah dilaksanakan.

Langkah-langkah dalam praktik pembelajaran yaitu:

  • Mengkondisikan kelas,mempersiapkan siswa untuk mengikuti pembelajaran.
  • Mengorientasikan siswa pada masalah.
  • Mengorganisasikan siswa ke dalam beberapakelompok.
  • Siswa berdiskusi membagi tugas didalam kelompok
  • Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok
  • Mengembangkan dan menyajikan hasil karya.
  • Berdiskusi dan menuliskan hasil diskusi ke dalam LKPD
  • Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
  • Mempresentasikan hasil diskusi dan ditanggapi olehkelompok lain.
  • Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
  • Melakukan refleksi
  • Melakukan evaluasi

  • Siapa sajakah yang terlibat :
  • 1.    Guru sebagai fasilitator
  • 2.    Siswa sebagai subjek proses pembelajaran
  • 3.    Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing pelaksanaan pembelajaran.
  • 4.    Kepala Sekolah SDS Kristen BASIC dan Rekan sejawat yang sudah membantu terlaksananya kelancaran proses pembelajaran.

  • Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan
  • untukmelaksanakan strategi ini ?
  • Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
  • Membuat bahan ajar melalui video film pendek, menggunakan buku pegangan guru dan siswa.
  • Menyediakan alat bantu pembelajaran berupa alat peraga.
  • Menyusun lembar kerja siswa (LKPD).
  • Menyusun kisi-kisi dan instrumen penilaian.
  • Menyediakan alat dan bahan untuk proyek siswa.
  • Menyiapkan 1 unit laptop,dan infokus dengan speaker aktif,
  • Menyiapkan 2 buah Handphone yang dipergunakan untuk merekam.

Refleksi

Refleksi hasil: bagaimana dampak dari aksi terhadap langkah-langkah yang dilakukan, apakah hasilnya efektif/tidak, mengapa dan bagaimana respon siswa terkait strategi yang dilakukan, apa yang menjadi faktor keberhasilan/ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan.

Langkah-langkah yang dilakukan memberikan dampak yang efektif, hal ini dapat dilihat dari:

  • Siswa senang, aktif dan bersemangat melakukan diskusi bersama rekan kelompoknya.
  • Siswa mampu menyajikan hasil diskusi mereka bersama rekan kelompoknya.
  • Siswa terlibat aktif dalam proses belajar.
  • Pemilihan model PBL dapat membuat siswa terlibat aktif dalam proses belajar.
  • Pembelajaran menjadi terpusat pada siswa.

Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?Hasil dari langkah-langkah yang dilakukan memberikan hasil yang efektif,hal ini dapat dilihat dari:

  • Tercapainya tujuan pembelajaran
  • Pembelajaran menjadi tepusat pada siswa.
  • Efektifitas waktu pembelajran.
  • Adanya peningkatan hasil belajar siswa dari setiap aksi yang telah dilaksanakan semuanya memperoleh nilai diatas KKM.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun