Strategi pembelajaran sangat dibutuhkan didalam dunia pendidikan. Sehingga pembelajaran dikelas tidak monoton dan tidak cenderung membosankan bagi siswa .Â
Secara umum strategi pembelajaran merupakan suatu usaha yang menggunakan strategi sistematis yang dilakukan secara efektif untuk mendapatkan prestasi dan keberhasilan dimasa yang akan datang.
Sedangkan menurut hilda Taba seorang pendidik asal Amerika strategi pembelajaran adalah pola prilaku guru untuk dapat mengakomodasi semua variabel pembelajaran secara sadar dan sistematis.
Definisi dari Macam-Macam Srategi Pembelajaran
Bisa kita liat dari penyajiannya strategi pembelajaran dibagi menjadi 2 yaitu induktif dan deduktif. Strategi pembelajaran ini sifatnya konseptual. Ada beberapa metode pembelajaran yang bisa dipilih dari konsep strategi pembelajaran seperti ceramah,diskusi kelompok,demonstrasi,mind mapping dan masih banyak lagi.
Dalam kurikulum 2013 ada 5 model pembelajaran yaitu
1.Strategi discovery learning (DL)Â adalah teori belajar yang didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila pelajar tidak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk finalnya,tetapi diharapkan mengikuti organisasi sendiri. Contoh skema strategi discovery learning
2.Strategi inkuiri learning adalah pemebalajran yang mempersiapkan situasi bagi anak untuk melakukan eksperimen sendiri dalam arti luas ingin melihat apa yang terjadi,ingin melakukan sesuatu dan mencari jawaban atas pertanyaanya sendiri.Â
3.Strategi problem based learning adalah metode pengajaran yang bercirikan adanya permaslahan nyata sebagai konteks untuk para peserta didik untuk berfikir krotis dan keterampilan dan memecahkan masalah dan memperoleh pengetahuan.
4.Strategi projek based learning adalah pembelajaran yang menggunakan projek media. Peserta didik melakukan eksplorasi,penilaian,interpretasi dandan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk belajar.
5.Strategi saintifik learning adalah proses oembelajran yang dirancang agar peserta didik aktif mengkonstruk konsep hukum atau melalui tahapan mengamati,merumuskan masalah,mengajukan dan merumuskan masalah dan lainya.
Adapun tujuan dari strategi pembelajaran adalah supaya tercapai standar kompetensi kelulusan,dimana kompetensi kelulusan ini terdiri dari sikap,pengetahuan dan keterampilan.
Untuk memperkuat pendekatan ilmiah maka dibutuhkan strategi pembelajaran berbasis penelitian (discoveri dan inkuiri learning) sedangan untuk ,emnghasilkan peserta didik yang mempunyai karya nyata dibutuhkan strategi pembelajaran berbasis proyek sangat di anjurkan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H