Mohon tunggu...
Rani Supina
Rani Supina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo👋 nama saya:Rani Supina Siahaan . Saya kuliah di universitas Satya Terra Bhinneka. Hobi saya itu suka main raket

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

SDGs Goals 12 Konsumsi dan Produksi yang Berkelanjutan

4 Juli 2024   23:35 Diperbarui: 4 Juli 2024   23:42 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

19 Juni 2024 

Upaya mewujudkan kantin sehat sesuai dengan prinsip kONSUMSI DAN PRODUKSI YANG BERKELANJUTAN  di lingkungan Sekolah SMK TRI KARYA,JL.Pertanian No.1, KP.Lalang, Kec.Sunggal,Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara.

Konsumsi dan produksi yang berkelanjutan adalah dua konsep yang saling terkait yang sangat penting dalam menciptakan masa depan yang berkelanjutan. Konsumsi yang berkelanjutan mengacu kepada penjualan barang dan jasa hanya , dan dalam jumlah yang tidak merugikan lingkungan atau masyarakat. Dan dapat mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan, menggunakan kembali barang yang telah dihasilkan dari bahan-bahan penjualan, dan memilih produk yang ramah lingkungan. 

Di sisi lain, produksi yang berkelanjutan mengacu pada praktik menghasilkan barang dan jasa dengan cara yang tidak merugikan lingkungan atau masyarakat di lingkungan sekolah. Ini melibatkan menggunakan sumber daya yang dapat diperbaharui, mengurangi limbah yang di hasilkan, dan memastikan bahwa yang dijual dihasilkan dari bahan yang berkualitas. Dan bertanggung jawab atas kenyamanan konsumen.

Konsep ini saling terkait karena konsumsi yang berkelanjutan tidak mungkin terjadi tanpa produksi yang berkelanjutan. Jika barang dan jasa dihasilkan dengan cara yang merugikan lingkungan atau masyarakat lingkungan sekolah, maka tidak mungkin untuk mengkonsumsinya dengan cara yang berkelanjutan. Sebaliknya, jika barang dan jasa dihasilkan dengan cara yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan, maka lebih mungkin bahwa mereka dapat dikonsumsi dengan cara yang berkelanjutan.

*Topik yang diangkat

Topik yang kami ambil adalah tentang Komsumsi dan produksi yang berkelanjutan buat memenuhi komsumsi yang sehat dan berkembang agar meliputi sebagai berikut:

1.Mengurangi sampah dan polusi

 Konsumsi dan produksi yang berkelanjutan melibatkan mengurangi jumlah sampah yang ada di kantin sekolah maupun dilingkungan sekolah yang menguntungkan buat mengurangi polusi di sekolah Menggunakan sumber daya yang dapat diperbaharui seperti energi atau angin, air, dan bahan-bahan lain nya Ini dapat membantu mengurangi dampak lingkungan.

2.Mendukung siswa yang adil

 Konsumsi dan produksi yang berkelanjutan melibatkan mendukung siswa yang adil dengan membeli barang dan jasa dari kantin Yayasan Perguruan Tri Karya memastikan kondisi aman dan sehat. Ini dapat membantu mengurangi ketimpangan pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan pekerja.

3.Mempromosikan praktik yang berkelanjutan

Konsumsi dan produksi yang berkelanjutan melibatkan mempromosikan praktik yang berkelanjutan, seperti penggunaan bahan ramah lingkungan.

4.Mempromosikan keberlanjutan

 Konsumsi dan produksi yang berkelanjutan melibatkan mempromosikan keberlanjutan dengan mendukung praktik dan sekolah yang bertanggung jawab secara lingkungan dan sosial. 

Tujuan utama dari konsumsi dan produksi yang berkelanjutan adalah:

*Menjaga Kelestarian Lingkungan:

          - Mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, seperti polusi udara

   - Melestarikan sumber daya alam dan ekosistem demi keberlanjutan jangka panjang.

*Efisiensi Penggunaan Sumber Daya:

   - Meningkatkan efisiensi dalam penggunaan sumber daya alam, energi, dan air dalam proses produksi.

   - Memperpanjang masa pakai produk dan mengurangi pemborosan.

*Pengurangan Limbah dan Peningkatan Daur Ulang:

   - Meminimalkan volume limbah yang dihasilkan dari proses produksi dan konsumsi.

   - Meningkatkan tingkat daur ulang dan pemanfaatan kembali limbah.

*Keberlanjutan Jangka Panjang:

   - Memastikan bahwa kebutuhan generasi saat ini dapat terpenuhi tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka.

   - Menjaga keseimbangan antara pembangunan ekonomi, perlindungan lingkungan, dan keadilan social.

Proses Wawancara/dokpri
Proses Wawancara/dokpri

Dari hasil wawancara yang kami lakukan dengan Ibu Kelengi Sembiring S.Pd.

kami mendapatkan beberapa respon dari narasumber mengenai sdgs 12 yaitu konsumsi dan produksi yang berkelanjutan berikut jawaban yang di ucapkan oleh narasumber :

Pertanyaan 1: apa saja jenis makanan sehat yang di jual kantin di sekolah ?

Narasumber : makanan yang kami jual adalah salah satunya yaitu gorengan buatan sendiri menggunakan bahan bahan yang aman tanpa micin, snack,dan juga ada roti .

Pertanyaan 2 : apa saja langkah-langkah yang dapat diambil oleh sekolah untuk mendukung dan memasarkan makanan serta minuman yang berkelanjutan ?

Narasumber : yayasan ini menyediakan fasilitas terhadap kantin seperti disediakannya kulkas,kipas angin,penyedot uap panas, dispenser, tempat sampah , DLL.

Pertanyaan 3 : bagaimana cara memastikan bahwa makanan yang di tawarkan di sekolah aman atau tidak bagi siswa?

Narasumber : kami membuat makanan yang tidak mengandung banyak micin seperti garam, dan juga menggunakan bahan-bahan yang premium seperti tepung premium sebagai bahan baku pembuatan gorengan.

Pertanyaan 4 : bagaimana ibu mengatakan kebehasilan upaya untuk menjual makananserta minuman yang berkelanjutan di sekolah ini ?

Narasumber : keberhasilannya yaitu barang yang dibeli habis dalam sehari.

Pertanyaan 5 : apakah penggunaan tenaga pada energi air,listrik,dan bahan pokok sudah digunakan secara bijak?

Narasumber : sudah, kami menggunakan air dan listrik sebutuhnya saja tidak membuang air dengan Cuma-Cuma.

Pertanyaan 6 : apakah terdapat sisa makanan dari pesanan makanan?

Narasumber : iya tentu saja pasti ada tapi kira-kira sisanya banyak pada sore harinya akan di bagikan pada cs yang bertugas.

Pertanyaan 7 : apakah kantin membuang makanan yang tidak terjual bu?

Narasumber : nggak,selama ini tidak ada makanan yang terbuang selalu dibagikan seperti yang saya bilang tadi.

Pertanyaan 8 : apakah kantin menggunakan kantong plastik yang ramah lingkungan?

Narasumber : digunakan,sesuai dengan murid yang membelinya.

Pertanyaan 9 : apakah kantin menggunakan tempat sampah yang berbeda untuk sampah makanan?

Narasumber : ada,ada tempat sampah basah ataupun ada juga tempat sampah kering.

Pertanyaan 10 : siapa yang bertanggung jawab untuk membersihkan sampah tersebut?

Narsumber : kalau untuk yang bertanggung jawab atas kebersihan kantin yaitu dengan saya sendiri.

Snack yang Di jual oleh Ibu Kantin Sekolah/dokpri
Snack yang Di jual oleh Ibu Kantin Sekolah/dokpri

Dengan telah dilakukannya kegiatan wawancara pada pelaku konsumsi dan produksi yang ada pada SMK TRI KARYA mengenai pendidikan keberlanjutan (sdgs) goals 12 konsumsi dan produksi yang berkelanjutan ini dapat menambah wawasan dan juga pemahaman pada masyarakat awam mengenai pentingnya keberlanjutan ini, dan juga kami berharap bahwa wawancara kami mampu menjawab beberapa pertanyaan seputar pemahaman sdgs 12 ini terhadap masyarakat awam. Kami sangat berharap bahwa proposal maupun video hasil wawancara kami ini mampu menjawab pertanyaan kita semua terhadap SDGS GOALS 12. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun