Jakarta - Di era sekarang ini, sudah banyak yang membuat usaha, khususnya kaum milenial yang memiliki inisiatif tinggi untuk membuat usaha, baik bertujuan sebagai penghasilan sampingan, pengalaman ataupun sebagai media untuk mulai mengekspresikan ide. Apalagi ditambah adanya Pandemic Covid-19, pastinya membuat kita bosan, memikirkan hal-hal baru seperti bisnis online, karena pada masa Pandemic Covid-19 segala aktivitas dilakukan dari rumah mulai dari bekerja, kegiatan belajar mengajar, membeli kebutuhan hidup seperti makan, minum, pakaian dan lain-lainnya dari rumah melalui internet. Ditambah lagi didukung dengan pesatnya Perkembangan Teknologi dan Informasi, pemanfaatan internet khususnya media social mengalami peningkatan yang signifikan untuk berbagai bidang, salah satunya bagi bidang usaha bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya.
Menurut website KOMINFO, penjualan produk di media sosial sudah melonjak hingga 400% pada bulan April 2022. Sayangnya, banyak dari beberapa penjual produk (UMKM) belum memiliki kemampuan untuk memanfaatkan media sosial sebagai tempat peningkatan konversi penjualan mereka. Sehingga pada kesempatan kali ini mahasiswa Universitas Mercu Buana melaksanakan kegiatan Kegiatan Peduli Negeri dengan tema "Pengaruh Media Sosial Terhadap Brand Image UMKM"
Kuliah Peduli Negeri Universitas Mercu Buana ini dilaksanakan secara daring dan mengundang sejumlah mitra UMKM untuk bergabung melalui aplikasi ZOOM secara gratis. Dengan penyuluhan tersebut, diharapkan setiap mitra UMKM mampu memahami dan mampu mempraktikkan cara memanfaatkan media sosial dan bagaimana cara menyusun strategi yang harus dilakukan oleh setiap UMKM.
Pihak Universitas Mercu Buana juga mendukung gerakan ini secara penuh sehingga Dosen pembimbing Kuliah Peduli Negeri Universitas Mercu Buana Bpk. Enjang Pera Irawan S.Sos M.Ikom berharap para mahasiswa/i mampu memberikan ilmu kepada mitra UMKM yang mengikuti penyuluhan tersebut.
Dalam penyuluhan tersebut, sejumlah materi yang disampaikan antara lain mengenai brand, brand image dan pemanfaatan atau pengaruh media sosial dalam membangun dan meningkatkan brand image. Untuk pemaparan materi disampaikan antara lain oleh Rani Octavia, Vanya Noverina dan Dwi Ratnasari sebagai pelaksana KPN.
Sesuai dengan penyuluhan, Kami juga memberitahukan terkait informasi mengenai brand image yang telah berhasil dibangun oleh brand dan juga mengenai brand image yang telah berhasil dibangun melalui media sosial seperti Nike saat memutuskan bekerjasama dengan Michael Jordan dan Erigo di era sekarang.
"Semoga dengan adanya penyuluhan yang kami lakukan melalui zoom ini dapat membantu rekan -- rekan UMKM dapat meningkatkan brand image pada produk atau jasa yang mereka jual kepada khalayak serta dapat memberikan informasi yang bermanfaat" Ucap Dwi Ratnasari.
Rangkaian penyuluhan Pengaruh Media Sosial Terhadap Brang Image UMKM ini dilaksanakan pada 19 November 2022, pukul 10.00 -- 11.00 WIB. Dalam sesi tersebut, setiap mitra UMKM dapat melakukan interaksi dengan mahasiswa apabila terdapat pertanyaan ataupun penjelasan yang belum dipahami oleh setiap mitra UMKM dan disaksikan juga oleh Bpk. Enjang Pera Irawan S.Sos M.Ikom.
"Seru banget acaranya walaupun secara online tapi materi yang di berikan sangat informatif dan mudah diterima. Terlebih lagi ada sesi tanya jawab dan dapat hadiah juga dari kakak mahasiswa Mercu Buana" jelas salah satu mitra UMKM, Angel.
"Kegiatan ini jarang sekali dilakukan terlebih lagi inikan gratis. Dan penjelasannya juga mudah dipahami serta ada beberapa pertanyaan yang tadi sudah saya tanya dan sudah terjawab oleh rekan dari Mercu Buana' jawab Shirley yang merupakan salah satu mitra UMKM yang mengikuti penyuluhan Kuliah Peduli Negeri tersebut.
Sebelum acara ditutup, Kami membuka tanya jawab dan diakhiri dengan pengiriman hadiah sebagai apresiasi dari Kami kepada 3 orang pemenang dengan pertanyaan terbaik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H