Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ialah program intrakurikuler dengan memiliki tujuan utama untuk memberikan suatu pengalaman pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa.Â
Kegiatan ini dilakukan pada lokasi masing-masing dengan memiliki tujuan agar dapat memberikan suatu nilai baik bagi masyarakat yang terkait maupun mahasiswa.Â
Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini menawarkan salah satu tematik yaitu Program Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Terdampak COVID-19.Â
Tematik ini berhubungan dengan UMKM yang berada di masing-masing lokasi domisili mahasiswa terutama yang juga terkena dampak dalam keadaan yang sedang berlangsung sekarang yaitu Pandemi COVID-19. UMKM lain yang memasuki kriteria juga yang berhubungan dengan masa pandemi seperti sekarang ini.
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang saya lakukan termasuk ke dalam tematik "Program Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Terdampak COVID-19". Penyebab saya memilih tematik ini ialah karena terdapat beberapa UMKM yang terkena dampak pandemi ini yang menyebabkan terjadinya pengurangan pendapatan dan hal-hal lainnya. UMKM yang menarik perhatian saya yaitu UMKM Masker Kain.
Seperti yang kita ketahui bahwa angka positif COVID-19 sempat mengalami kenaikan yang membuat adanya anjuran dari Kementerian Kesehatan untuk menggunakan masker ganda yaitu masker medis dan juga masker kain.
Masker ini dianggap lebih efektif jika digunakan dalam masa seperti ini. Hal inilah yang membuat mitra UMKM tersebut memilih untuk membuat usaha masker kain.Â
Namun, usaha yang sedang dijalani tersebut sangat terbatas dalam hal promosi. Mitra UMKM menggunakan media sosial Facebook dan hanya sekadar mempromosikan kepada keluarga, teman atau tetangga saja.Â
Hal tersebut yang membuat mitra UMKM merasa kesulitan untuk menjual produknya untuk jangkauan yang lebih luas lagi dan juga kondisi seperti ini banyak konsumen yang memanfaatkan media sosial ataupun e-commerce untuk membeli kebutuhan termasuk kebutuhan yang dibutuhkan selama pandemi ini.
Program yang terdapat pada program kerja dalam KKN Back To Vilage III ini memiliki misi dan visi yaitu meningkatkan penjualan dan memperluas pasar dari umkm yang bersangkutan sesuai dengan anjuran kementerian kesehatan mengenai pemakaian masker ganda yaitu masker medis dan juga masker kain serta visi pada program saya yaitu memperkenalkan mengenai peluang usaha di era digital.Â
Tujuan dari program yang saya jalani yakni kegiatan ini diharapkan dapat memberdayakan umkm masker kain agar dapat lebih berkembang dalam hal keuangan, produk dan pemasaran meskipun dalam masa pandemi.Â
Keuntungan yang akan didapatkan mitra UMKM yaitu dapat lebih memahami pentingnya memiliki pasar yang luas dan pentingnya melakukan promosi yang tidak hanya pada satu media saja serta mitra UMKM juga dapat memaksimalkan keuntungan yang diperoleh dari UMKM tersebut. Ragam aktivitas yang saya lakukan selama program KKN Back To Vilage III ini, sebagai berikut :
1. Melakukan survey serta wawancara kepada mitra dan menjelaskan konsep kegiatan.
2. Melakukan rebranding seperti memperbarui logo, merubah packaging dan yang lainnya.
3. Mendaftarkan umkm ke beberapa media sosial dan juga e-commerce termasuk instagram, tiktok, dan yang lainnya.
4. Melakukan foto dan video produk untuk ditampilkan pada media sosial dan e-commerce.
5. Memberikan video tutorial untuk pengemasan dan juga foto produk agar dapat digunakan sebagai pengingat saat kegiatan telah selesai.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H