Mohon tunggu...
Rania Raihana
Rania Raihana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Laa Tahzan Innallaha Ma'ana

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bagaimana Mengukur Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini?

14 Desember 2022   21:52 Diperbarui: 14 Desember 2022   22:35 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Hello Everyone!

Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini adalah bagaimana seorang anak mulai untuk memahi bagaimana, apa yang dirasakan, dan apa yang ia harapkan pada saat ia berinteraksi dengan orang lain. Hal ini yakni pengembangan pada anak baik dari berperilaku positif untuk berhubungan, mengelola, pengalaman, dan bagaimana mengeksperesikan  dengan emosinya.

Kemudian, apa sih gunannya perkembangan sosial emosional pada anak usia dini?

Yakni, yang pertama untuk kita memastikan anak usia  dini tepat berkembang dengan sesuai tahapan usianya, yang dimaksud contohnya anak usia dini sesuai dengan pola pikirnya pada umurnya dengan bergaul sesuai dengan umurnya. Kadang jika anak berada pada lingkungan yang kurang tepat, misalnya bergaul dengan anak yang sudah besar maka anak akan mudah meniru dan mencontoh apa yang diucapkan dan dilakukan pada anak yang sudah besar.

Yang kedua, untuk kita mengetahui apa sih gejala yang anak rasakan tidak seuai perkembangannya, bisa dengan contoh yang disebutkan diatas. Ysng ketiga, untuk memberitahu tentang perencanaan dan bagaimana mengambil keputusan dengan baik dan tepat. Dan yang terakhir,  untuk menilai seberapa kualitas dan apa dampak layanan dalam pendidikan anak tersebut.

Pembelajaran Sosial Emosional bisa dilakukan dengan:

  • Self Awareness

Pada hal ini mencakup untuk bagaimana mengetahui anak tentang merasakan, dan berpikir secara mandiri.

  • Self Management

Pada hal ini anak diajarkan untuk bagaimana anak mampu untuk mengendalikan dirinya.

  • Social Awareness

Pada hal  ini anak bisa merasakan dan menyadari suasana yang terjadi padanya.

  • Relationship Skill

Pada hal ini anak bisa untuk membangun dan menjalin hubungan untuk orang yang disekitarnya (orang luar rumah).

  • Responsible Decision Making

Pada hal ini anak mampu untuk mengambil keputusan apa yang ia ambil dengan rasa tanggungjawab.

Adapun dalam menyusun program pengembangan Sosial Emosional pada anak terdapat beberapa tantangan yang terjadi, yakni:

  • Hal penting pada anak yakni memilih dengan tepat bagaimana rencana pembelajaran dan alat untuk mengukur perkembangan anak dengan tepat.
  • Untuk mengukur perkembangan sosial emosional pada anak dengan mendasarkan penilaian  orang yang lebih matang usianya dengan bermacam pemahaman perilaku yang tidak sama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun