Mohon tunggu...
Muhammad Ramdani
Muhammad Ramdani Mohon Tunggu... Psikolog - yaps

to better

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Refleksi Buku "Pendidikan Kaum Tertindas''

18 April 2022   16:00 Diperbarui: 18 April 2022   16:05 163
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum.wr.wb

Nama:Muhammad Ramdani

NIM  :202110230311043

REFLEKSI BUKU ''PENDIDIKAN KAUM TERTINDAS''

Didalam Buku yang telah saya baca yaitu Buku Pendidikan Kaum Tertindas mungkin saya mendapatkan banyak hal dan pengalaman yang pernah ada, menurut Paulo freire untuk mengetahui segala hal tentang pendididikan yang bebas adalah kehidupan manusia yang mengarahkan kesosialan, 

dan sedangkan dalam pendidikan islam bukan hanya bersangkutan dengan masalah sosial tetapi mengarahkan how make freedom of thought dan mandiri dengan demokratis tanpa ada nya masalah apa pun dengan itu bisa mengarah dengan anti nya penindasan,dan pengalaman saya waktu masih di pesantren contoh penindasan dan no penindasan berikut

Untuk penindasan seperti di saat kita masih jadi anggota,nah di dalam kamar itu setiap anggota di jaga oleh nama nya mudabbir atau bisa di sebut seorang penjaga kamar itu,nah waktu itu saat saya masih anggota kita itu seperti di tindas kaya di suruh mengambil nasi kalau dapat hukuman,dan hukuman nya pun bukan main,seperti di pukul di bagian mana pun, 

nah sedang kan yang tidak ada penindasan seperti waktu kami jadi oppm atau bisa di sebut dengan Organisasi Pelajar Pondok Modern nah di sana kami mulai merobak 80% peraturan supaya tidak menyusah para anggota yang di tindas oleh kk mudabbir nya

Pada saat saya baca buku ini saat Paulo freire di saat orangtua nya Paulo jatuh miskin itu saya ingat cerita dari murobbi saya tentang rezeki seperti murabbi saya itu orangtua beliau ini termasuk orang yang bisa di bilang finansial nya itu jauh dari orang yang lain,tapi ibu beliau itu selalu berusaha walaupun dulu dianggap paling kaya di desa nya karna ada sesuatu hal yang membuat oratua beliau itu jatuh,

dari situ murabbi saya itu mulai berpikir tentang ke ilmuan nah dari apa permasalahan terkadang kita itu bisa memuncul suatu ide,kaya murabbi saya itu ide dia hanya ingin berjualan barang pecah belah dan dia berpikiran untuk membantu orangtua nya dengan membangun sebuah pondok pesantren dan akhir dia bisa membanguun dua pondok pesantren

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun