Mohon tunggu...
Ramadhanii Rifki
Ramadhanii Rifki Mohon Tunggu... Wiraswasta - owner JURAGAN AMPLANG

Suka jualan , Suka kuliner, Suka jajan, Suka Public Speaking

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Penerapan Nilai-Nilai Islam Dalam Menaikkan Omset Penjualan di CV Agro Tani Mandiri Pontianak

26 Oktober 2023   12:37 Diperbarui: 26 Oktober 2023   12:55 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

---------------------------------------------------------------

     

Oleh : Rifki Ramadhani S.E,  Aang Gunaepi M.E.I,  Finantyo Eddy Wibowo, MM

    Kita semua sudah tahu dan lumrah bahwasannya semua aktivitas manusia tidak lepas dari jual dan beli. Dan ajaran islam juga demikian, menghalalkan jual dan beli termasuk berdagang, berbisnis, berniaga, dan berwirausaha. Namun, sebagai orang muslim yang ketika melakukan bisnis hendaklah meniatkan karna Allah SWT untuk dunia dan akhirat agar mendapatkan berkah Nya. Islam mengatur bisnis dalam berbagai hal yang mana menjadi rambu-rambu yang harus diperhatikan dan di lakukan bagi pebisnis muslim, yang harapannya bisnis tersebut berkembang maju dikarenakan medapatkan Berkah Rahmat dan Ridho dari Allah SWT. Etika berbisnis dalam islam menjamin dengan baik mulai dari konsumen, mitra bisnis, pemilik bisnis, bahkan bisnisnya itu sendiri dikarenakan akan mendapat keuntungan dan kebaikan. Namun sayangnya banyak dari pelaku bisnis yang mengabaikan dan tidak mementingkan aturan islam ketika mejalankan bisnisnya sehingga bisa diartikan hanya sekedar mengejar keutungan di dunia. 

         Kita mengetahui bahwa Islam tersebar lewat perekonomian dan perdagangan. Dan Rasulullah kita ketahui beliau seorang pedagang. Ajaran islam sangat erat kaitannya dengan aktivitas transaksi berdagang jual beli dalam kegiatan manusia mencari rezeki untuk kehidupan. Dapat kita ketahui dari sabda Nabi Muhammad SAW "perhatikan olehmu sekalian perdagangan, sesungguhnya di dunia perdagangan itu ada Sembilan dari sepuluh pintu rezeki"

        Menurut Imaddudin 2007, penerapan nilai-nilai Islam antara lain kejujuran, keadilan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan ihsan seharusnya bisa menjadi asas landasan untuk pebisnis, tentu pastinya bisa memberikan pelayanan terbaik bagi para pembeli/konsumen sehingga bisa menaikkan omzet penjualan. Semua nilai itu adalah karakteristik dari nilai syariat islam dan menjadi ke unikan tersendiri dalam bisnis islami. Sehingga pebisnis bisa mendapatkan kepercayaan penuh dan ketenangan, Sehingga mensyiarkan bahwa pereknomian islam sangat berbeda dengan ekonomi konvensional. Ekonomi Islam adalah perekonomian yang mengedepankan kebahagiaan kepuasan bersama-sama, ekonomi yang berakhlakul karimah, dan pereonomian yang bertujuan untuk kebahagian dunia akhirat. Agar bisa menaikkan omzet penjulan setiap bisnis hendaklah melaksanakan strategi pemasaran yang baik agar mampu bersaing dengan usaha lain sejenisnya. 

       Sebenarnya baginda nabi Muhammad sudah mengajarkan etika bisnis. Beliau sebagai orang yang istimewa dihadapan Allah SWT memiliki sifat diri yang ulet serta memliki dedikasi diri yang tinggi ketika bedagang. Beliau juga memiliki sifat jujur (Shiddiq) yang
mempuyai kejujuran diri, ucapan, tindakan amal perbuatan yang sesuai dengan ajaran agama islam, kemudian sifat kedua (fathanah) artinya beliau adalah pribadi yang cerdas pintar jenius dalam memahami segala sesuatu, baik tugas dan kewajibannya, yang ketiga dapat dipercaya (amanah) dalam pelayanan yang optimal di setiap hal dengan menampilkan kejujuran, dan yang terakhir adalah
sifat menyampaikan (tabligh) maksudnya adalah Baginda Nabi Muhammad tidak lupa juga untuk berdakwah dengan menyampaikan kebaikan dan kebenaran walaupun sedang berdagang, sekaligus beliau mencontohkan kepada orang orang lain agar melaksanakan aturan yang diajarkan islam dalam berkehidupan seharihari selama masa hidup. 

      Diantara banyaknya pelaku bisnis yang ada di kota Pontianak salah satunya adalah Pebisnis yang memiliki Supplier Bibit Tanaman Buah Buahan di Jl.Danau Sentarum yang mulai bergelut di bidang bisnis kurang lebih 17 tahunan yang diawali secara offline dengan jualan di pasar di jajak tepi tepi jalan lalu berkembang punya lahan jualan sendiri hingga saat ini mempunyai lahan lokasi
jualan yang strategis, hingga membuat store online seperti Instagram, website dan media sosial lainnya. Salah satu ciri khas bisnis yang sangat diutamakan yang diterapkan didalam bisnisnya adalah pelayanan yang ramah, ihsan dan rendah hati seperti memberikan diskon harga di hari hri spesial islam, hari hari perigatan negara dan hari jumat dengan diskon tanpa jumlah minimum pembelanjaan. CV Agro Tani Mandiri menjadi pusat perbelanjaan bibit bibit tanaman terbesar dan terlama yang ada di kota Pontianak dan populer dikenal oleh banyak kalangan anak sekolah, mahasiswa, pejabat, ASN, dan orang-orang dewasa. 

                 FUNGSI ETIKA BISNIS
Sebuah perusahaan harus tahu pengertian etika bisnis dan juga bagaimana cara untuk menerapkannya. Berikut beberapa fungsi etika bisnis yang perlu diperhatikan
     1. Reputasi yang baik 

Sebuah perusahaan yang mampu menerapkan etika bisnisnya dengan baik pasti memiliki citra yang baik pula. Nah, citra inilah yang nantinya menarik banyak pelanggan hingga perusahaan bisa berkembang sukses mencapai target

    2. Meningkatkan kepercayaan 

Perusahaan yang jujur akan mendapatkan banyak manfaat dan salah satunya kepercayaan dari konsumen. Tak hanya itu, bahkan tak jarang mereka pun rela merekomendasikan bisnisnya pada orang lain.
   3. Keuntungan Maksimal 

Penerapan etika bisnis yang tepat mampu meningkatkan loyalitas pelanggan sehingga perusahaan bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Hal ini dikarenakan pelanggan telah percaya sepenuhnya kepada bisnis yang anda jalankan.
   4. Menjunjung Moralitas

Moral selalu berkaitan dengan etika bisnis. Kedua hal tersebut akan memberikan dampak kepada perilaku dari para karyawan yang
berdampak pada nilai perusahaan. Semakin baik moral karyawannya, semakin unggul perusahaan tersebut.

                     DASAR HUKUM ETIKA BISNIS ISLAM
  -Qur'an Surah An-nisa: 29


                                                               

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan
perniagaan yang berlaku dengan suka sama suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu"

- Qur'an Surah Al-Baqarah 42

"Dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil dan janganlah kamu sembunyikan yang hak itu, sedang kamu
mengetahui"


     Ayat yang ada di atas menjadi landasan pedoman dalam aktivitas akuntansi dan persaksian dalam kegiatan transaksi yang membahas mengenai tentang bisnis ekonomi dalam ajaran islam. Jadi harapan nya dengan terciptanya jual beli yang adil dan saling menguntungkan antara satu sama lain, seperti yang tertulis dengan jelas di dalam surah Al- Quran di atas dan suatu jual beli dengan niat untuk beribadah. Makna dari kata tijarah secara umum dan khusus tujuan agar bisa mendapatkan setidaknya ada dua keuntungan, yang pertama adalah keuntungan duniawi serta keuntungan ukhrawi. Bisnis atau usaha yang bersifat duniawi tertera di beberapa ayat khusus yang menjelaskan mengenai jual beli. Kemudian bisnis atau usaha ukhrawi banyak tertera di dalam beberapa ayat ataupun surah Al-Quran. Hal ini menjadi poin penting bahwasannya bisnis dan etika transendental merupakan satu hal yang tidak bisa dipisahkan ketika berbisnis dalam ajaran islam, dikarenakan hal itu juga merupakan aktivitas dalam mengingat Allah SWT.


                 Penerapan Nilai -- Nilai Islam Dalam Meningkatkan Omset
     Harus diketahui bahwa ketika menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari akan banyak memberikan dampak yang sangat positif, di kehidupan dunia & akhirat. Begitu juga dengan menerapkan nilai-nilai Islam dalam penjualan dapat meningkatkan omset, untuk memastikan kegiatan bisnis selalu sesuai dengan Al-Quran dan Hadist serta meningkatkan omset penjualan, yaitu:

      1) Kejujuran
Kejujuran merupakan kunci keberhasilan sebuah bisnis jujur dalam melayani konsumen, dan dalam hubungan kerja contoh sederhananya adalah jujurnya para pelaku bisnis yang tidak hanya sekedar mengambil keuntungan sendiri dengan cara menyuap, menimbun atau berbuat curang serta tidak memanipulasi barang dari sisi kualitas dan kuantitas.
     2) Keadilan
Di dalam dunia bisnis, Islam menuntut untuk selalu berbuat adil. Hal ini sesuai dengan firman Allah di dalam al-Quran surah Al Maidah ayat 8, "Hai orang-orang beriman, hendaklah kau jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah Swt., menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku Adillah karena adil lebih dekat dengan takwa". (Abdurrahman, 2013)
     3) Kehendak bebas
Kebebasan adalah bagian terpenting dari nilai etika berbisnis dalam Islam, akan tetapi kebebasan ini tidak merugikan kepentingan kolektif. Kepentingan individu dibuka dengan lebar, tidak ada batasan yang mendorong seseorang dalam berkarya dan bekerja sesuai potensi yang dimiliki setiap individu. Manusia biasanya cenderung terus memenuhi kebutuhan pribadi yang tidak ada habisnya maka dari itu adanya sedekah, zakat, infaq yang menjadi kewajiban bagi para muslim agar dapat megendalikan individu tersebut dari keterlenaan sibuknya mencari harta dan kebutuhan hidup.
    4) Tanggung jawab
Ketika seseorang berbisnis maka ia tidak akan lepas dari tanggung jawab, bahkan apapun aktivitas kegiatan manusia, semua akan diminta pertanggung jawaban, seperti yang Allah SWT katakan dalam Quran Surah Mudatsir ayat 38;   

                                                                                                                       

"Setiap diri seseorang bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuat"

    5) Ihsan
Maksudnya adalah melakukan tindakan baik yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain dalam mengabdi kepada Allah SWT seolaholah kamu melihat-Nya, dan apa bila kamu tidak dapat melihat-Nya, maka Allah melihatmu



                                         PRINSIP DASAR EKONOMI ISLAM
Prinsip ekonomi islam secara umum terdiri dari tiga bagian yang didasarkan lima nilai dasar yang meliputi tauhid (ketuhanan), 'adl (keadilan), nubuwwah (kenabian), khilafah (pemerintahan), dan ma'ad (hasil). Lima nilai dasar tadi memiliki fungsi layaknya pondasi, yaitu kuat atau tidaknya suatu bangunan. Tauhid (keeasaan Allah), yang mana artinya apapun yang kita lakukan di dunia ini akan dipertanggungjawabkan semua diakhirat kelak kepada Allah SWT. 'Adl (keadilan), artinya bahwa Allah telah memerintahkan manusia untuk berbuat adil dan tidak menzalimi pihak lain untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Nubuwwah (kenabian) menjadikan nabi sebagai teladan disegala aktivitas kehidupan, baik dari sikap dan sifat nabi. Khilafah (pemerintahan), peran pemerintahan agar memastikan tidak adanya distorasi sehingga perekonomian berjalan dengan baik dan benar. Ma.ad (hasil), laba atau hasil dalam islam yang di dapatkan di dunia juga menjadi hasil untuk diakhirat.


                                              Tipe dan Dasar Penelitian
A. Tipe Penelitian
   Tipe yang digunakan peneliti yaitu peneltian lapangan. Penelitian lapangan merupakan penelitian yang dilakukan dengan meninjau langsung tempat penelitian agar mendapatkan data dari pengamatan langsung dari objek yang akan diteliti. Adapun analisis datanya menggunakan penelitin kualitatif. penelitian kualitatif adalah penelitian yang relevan untuk memahami fenomena sosial (Bungin, 2007). Dengan tipe penelitian tersebut harapannya bisa memberikan gambaran dari penerapan nilai-nilai islam dalam meningkatkan omset penjualan pada CV Agro Tani Mandiri. Dengan memaparkan hasil data yang tertulis dan data hasil wawancara
B. Dasar Penelitian
     Untuk Melakukan sebuah penelitian diperlukan menggunakan sebuah pendekatan yang digunakan sebagai alat untuk melihat dengan menggunakan sudut pandang tertentu. Maka dari itu peneliti menggunakan dua macam pendekatan, yaitu pendekatan ekonomi islam & sosiologis. Penjelasan lengkap nya yaitu;

           1. Pendekatan Ekonomi Islam
        Dalam pendekatan ini adalah pendekatan yang menitik beratkan pada nilai-nilai islam yang jelas memperlihatkan perbedaan       antara  nilai kebaikan atau nilai yang benar dengan nilai yang salah atau nilai keburukan dan berasaskan nilai Al-Quran dan     Sunnah agar bisa meningkatkan pendapatan.
           2. Pendekatan Sosiologis
     Pendekatan sosiologis adalah studi tentang kehidupan bersama di dalam mayarakat dan menyelidiki antara ikatan-ikatan manusia yang menguasai hidupnya itu (Uyoh Sadulloh, Agus Muharram, 2015). Penulis memilih pendekatan sosiologis agar mudah
memahami situasi dan bersosialisasi dengan lingkungn masyarakat agar bisa melakukan penelitian untuk mempermudah akses
informasi.


                                               Teknik Pengumplan Data
Pengumpulan data dilakukan untuk mendapatkan informasi agar bisa menggapai tujuan akhir penelitian. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaiu;
1. Observasi atau pengamatan adalah teknik yang digunakan agar mendapatkan hasil dari pengamatan atas nilai-nilai yang di
implementasikan di CV Agro Tani Mandiri. Adapun variable yang dijadikan patokan observasi ialah karakteristik konsumen dengan indikator melek teknologi, mudah tertarik pada jenis tanaman
2. Teknik wawancara, ialah teknik agar mendapatkan keterangan untuk tujuan penelitian denan cara tanya jawab bertatap muka antara informan dan pewawancara. Wawancara dipilih agar bisa mendapatkan informasi tambahan terkait implementasi nilai-nilai islam di CV Agro Tani Mandiri. Adapu ada 2 variable dalam teknik wawancara. Variable pertama ialah Nilai-nilai islam dengan indikator Kejujuran, Keadilan, Kehendak Bebas, Tanggung Jawab dan Ihsan. Variabel kedua pemasaran dengan indikator
Product, Promotion, Price, Place.
3. Teknik Dokumentasi adalah teknik mengambil informasi dengan rekaman video atau foto melalui alat kamera


GAMBARAN UMUM PENELITIAN
           Sejarah Singkat CV Agro Tani Mandiri Pontianak CV Agro Tani Mandiri didirikan oleh pak Hendro Suparman
seorang diri sejak tahun 1998 dan kemudian meng-Akte Notariskan usahanya pada 2008 hingga saat ini dengan nomor
surat izin usaha perdagangan (SIUP) yaitu: 503.3/421/8604/BP2T/2023 Sekarang CV Agro Tani Mandiri berlokasi di Jl. Danau Sentarum no 99 ( depan Masjid Maulidiyah), Sungai Bangkong, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78113
Sudah kurang lebih 25 tahun usaha yang dijalani pak Hendro Suparman di bidang holtikultura ini, ragam varian nya pun cukup
lengkap dan spesifikasi usaha holtikultura yang dipilih oleh pak hendro hanya jenis tanaman buah-buahan saja, seperti tanaman
Mangga, Kelengkeng, Jenis-jenis Jambu, Sawo, jenis-jenis Jeruk, Rambutan dan masih banyak lagi jenis lainnya. Dengan berbagai
macam ukuran pula, ada yang mash bibit, siap tanam, dalam pot/polibek, bahkan pohon yang sudah mulai belajar berbuah Lika liku pasang surut dalam berwirausaha tentunya sudah dilalui dan dialami oleh pak hendro dalam menahkodai CV Agro Tani Madiri. Mengawali usahanya dengan berjualan 10-15 batang bibit tanaman di tengah keramaian pasar setiap harinya hingga sampai
saat ini menyewa lahan di tengah kota sebagai lokasi tetap toko penjualannya bahkan merabah di dunia online marketing. CV
Agro Tani Mandiri juga dikenal baik dikalangan masyarakat hingga instansi pemerintah maupun swasta


                                     1. KARAKTERISTIK KONSUMEN CV AGRO TANI MANDIRI
Untuk mengetahui Untuk mengetahui hasil observasi mengenai karakteristik konsumen di CV Agro Tani Mandiri, peneliti terjun
langsung ke lapangan untuk memperhatikan karakteristik konsumen khususnya konsumen di CV Agro Tani Mandiri.
Adapun hasil observasi peneliti adalah sebagi berikut:
a). Pertimbangan Jangka Pendek
Konsumen biasanya sebelum melakukan suatu proses pembelian pasti terlebih dahulu mempertimbangkan apa saja yang akan
dibelinya nanti, namun tidak sedikit pula konsumen yang tidak melakukan hal tersebut. Pertimbangan jangka pendek biasanya
terjadi pada konsumen yang pada saat telah sampai di tempat/toko yang dituju namun barang yang hendak ingin dibeli ternyata tidak ada maka barang alternatif biasanya akan dibeli tanpa mempertimbangkan jangka panjang barang tersebut yang penting barang alternatif tersebut kurang lebih sama dengan barang utama yang sebenarnya akan dibeli.

b) berkelompok
Selain pembelian secara individu, konsumen juga biasanya melakukan pembelian secara berkelompok seperti instansi
pemerintah & swasta. Konsumen biasanya melakukan pembelian secara berkelompok karena adanya suatu kegiatan yang membutuhkan barang dalam jumlah yang banyak. Hal ini biasanya menjadikan harga barang jadi lebih murah jika dibandingkan dengan pembelian barang dengan jumlah yang sedikit

c). mudah tertarik pada jenis unggulan
Konsumen yang biasanya mudah tertarik pada jenis unggulan suatu barang adalah konsumen yang tidak terlalu masalah dengan
harga barang tersebut, baik itu terbilang mahal atau murah yang terpenting adalah mereka suka dan tahu keunggulan dengan jenis
tersebut. Dengan jenis yang lebih unggul atau akan membuat konsumen untuk membeli tanpa mempertimbangkan lebih jauh
aspek-aspek lain yang terdapat pada barang tersebut. Konsumen yang seperti ini biasanya mereka yang melek dengan teknologi dengan melihat trend-trend apa saja yang sedang disukai atau sedang diganrungi oleh orang-orang.

d). mengikuti trend
Tidak dapat dihindari, dijaman yang serba elektronik seperti sekarang akan sangat mudah melihat trend-trend yang paling
terbaru atau terkini yang digunakan oleh orang-orang. Kebanyakan konsumen yang menganut karakteristik ini biasanya remaja, namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga melakukan hal tersebut. Dengan menggunakan barang yang selalu mengikut pada trend-trend terbaru akan membuat orang yang menggunakan barang tersebut akan lebih percaya diri dalam melakukan aktivitasnya. Konsumen yang menganut karakteristik ini biasanyanya juga memiliki idola yang dijadikan panutan dalam melakukan pembelanjaan barang. Hal inilah yang memotivasi konsumen dalam melakukan pembelanjaan sesuai dengan barang yang sedang trend karena cenderung mengikuti sang idola.

e). melek teknologi
Karakteristik konsumen yang melek teknologi ini sangat berkaitan dengan karakteristik-karakteristik yang lain terutama
karakteristik konsumen yang mengikuti trend, karna konsumen yang mengikuti trend sudah past melek teknologi ini terjadi karena dengan mengandalkan teknologi akan mudah bagi konsumen untuk mencari tahu hal-hal apa saja atau barang-barang apa saja yang sedang digemari banyak orang. Selain untuk mencari trend-trend apa saja yang sedang diminati, dengan teknologi juga akan sangat mempermudah konsumen dalam mencari tahu barang apa saja yang sedang tersedia di suatu toko atau tempat perbelanjaan. Dan juga teknologi dapat mempermudah konsumen saat ingin mengambil barang yang telah di pesan, karena sekarang banyak toko yang bekerja sama dengan perusahaan jasa dalam mempermudah konsumennya sehingga proses pembelanjaan dapat terjadi tanpa konsumen harus datang ketoko.


     CV Agro Tani sempat mengalami penurunan omset yang drastic di masa pandemi, toko yang tutup, PHK karyawan karna tidak bisa beroperasinya penjualan, biaya perawatan yang tetap terus berjalan, akhirnya CV Agro Tani Mandiri bertahan dengan keuangan pribadi dari saku pribadi dari pak Hendro, owner CV Agro Tani Mandiri tersebut. Berjalannya waktu Ketika memasuki new normal Langkah yang diambil oleh owner CV Agro Tani Mandiri yaitu Promosi Secara maksimal melalui social media, dari situ mulai lah secara bertahap dan signifikan CV Agro Tani Mandiri Kembali bangkit hingga saat ini. Di tahun 2020 CV Agro Tani mengalami penuruan omset secara drastis dikarenakan masa pandemic covid, bahkan dibulan April- Juni tidak menghasilan omset sama sekali dikarenkan harus off tutup, lalu Kembali buka di bulan agustus dengan mendapati omset yang sangat minim dan sepi konsumen karena mayoritas Masyarakat masih stay dirumah. Kemudian di tahun 2021 setelah new normal diberlakukan dan Masyarakat mulai ada keleluasan dalam beraktivitas diluar rumah , CV Agro tani mandiri mengambil Langkah untuk aktif di digital marketing dan social media agar lebih exited dalam promosi, edukasi, dan personal branding kepada Masyarakat sehingga mendapati kenaikan omset penjualan. Dan di akhir tahun total omset penjualan yang didapati CV Agro Tani
Mandiri adalah 51.365.000. nominal tersebut tentu tidak sebesar pendapatan sebelum terjadinya masa pandemi covid, namun pak
hendro mengatakan sembari berjalannya hari, beliau meyakini dengan konsisten berjualan disertai dengan aktif promosi dan
mengoptimalkan social media digital marketing makan CV agro Tani mandiri akan tumbuh Kembali berkembang pesat dan
mendapatkan omset seperti sebelum -- sebelumnya. Dan di tahun 2022 dimana CV Agro Tani Mandiri telah
menjalankan usaha nya secara digital marketing disertai dengan penerapan nilai-nilai islam dalam penelitian saya, ada kenaikan
omset penjualan yang didapatkan, walaupun tidak banyak. Dengan nominal sebesar 82.395.400, artinya ada kenaikan kurang lebih
31.030.400 dibandingkan di tahun 2022. Adanya nilai-nilai islam yang terealisasi dalam penerapannya juga di dukung factor adanya digital marketing di CV Agro Tani Mandiri sehingga kepuasan konsumen, kepercayaan konsumen, bisa dirasakan oleh Masyarakat yang berbelanja disana.



KESIMPULAN
Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara yang kemudian datanya diolah maka dapat ditarik kesimpulan bahwasannya;
1. CV Agro Tani mandiri secara tidak langsung sebelum adanya penelitian ini telah menerapkan beberapa nilai islam dalam
menjalankan bisnisnya, ini terbukti dengan adanya pra riset yang peneliti lakukan yang mana mayoritas mengatakan terdapat adanya nilai islam dalam CV Agro Tani Mandiri seperti bagi produk gratis di setiap hari jumat, lalu setelah berjalannya penelitian ini diterapkanlah semua nilai islam seperti, kejujuran, keadilan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan ihsan. Terbukti dengan
tanggapan konsumen yang diwawancarai peneliti yang menyebutkan mereka telah merasa puas jika melakukan proses pembelanjaan disana. Yang mana dengan tingkat kepuasan konsumen ini dapat meningkatkan omset penjualan di CV Agro Tani Mandiri.
2. Adapun tinjauan etika bisnis dengan dasar nilai-nilai islam dalam meningkatkan omset penjualan di CV Agro Tani Mandiri adalah dengan meningkatkan kualitas produk, memperpendek distribusi barang, meningkatkan dan mengoptimalkan cara promosinya dengan variasi berbeda beda dan menarik serta mengedukasi, dan menyesuaikan harga dengan kualitas dengan mengikut sertakan nilai-nilai islam didalamnya akan sangat berpengaruh terhadap omset.

                                                             Saran
Adapun saran saran yang bisa peneliti berikan dari hasil kesimpulan yang diuraikan adalah sebagai berikut ini:
1. Menetapkan market pasar yang dominan banyak dicari dan diminati dengan melihat persaingan pasar dan selalu mengedepankan keunggulan kelebihan dari produknya kepada masyarakat calon konsumen dan konsumen tetap
2. Cobalah untuk konsisten sedikit demi sedikit menerapkan nilai-nilai islam dalam menjalankan usaha dan bisnis, baik itu dari pelayanan, bersikap adil dengan konsumen dan karyawan serta manajemen SDM (Sumber Daya Manusia) dan keuangannya, karena dengan begitu akan menguatkan integritas branding dimata masyarakat dan juga akan berdampak baik ke peningkatan omset penjualan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun