Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Penyuluh Kesehatan

Kompasianer Of the Year 2022, 106 x Prestasi Digital Competition (71 writing competition, 25 Instagram Competition, 9 Twitter Competition, 1 Short Video Competition), Blogger terpilih Writingthon 2020, Best Story Telling Danone Blogger Academy 2, Best Member Backpacker Jakarta 2014, ASN, Email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Top Dah! Launching All New Agya & All New Agya GR Sport Sambil Menikmati Booth Toyota

18 Maret 2023   13:34 Diperbarui: 18 Maret 2023   13:54 5704
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
City car Agya terbaru hadir dengan tampilan dan performance yang lebih baik I Sumber Foto : dokpri

Daku (saya) ngobrol asyik membahas All New Agya generasi ke 2 di Booth Toyota Astra Motor (TAM) yang mengusung tagline "Move with No Boundaries". Dari obrolan kami, tagline ini amat terlihat sekali bahwa Toyota bermaksud merangkul all user dengan membongkar batas yang ada.

Kesempatan ngobrol ini daku nikmati saat berada di di gelaran GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 tepat saat launching low cost city car populer Agya generasi terbaru. 

Toyota mempersembahkan kepada all fans Setia Sama Toyota dengan melahirkan Toyota All New Agya dan All New Agya GR Sport yang diperkenalkan jumat (13/2/2023) oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) pada 10-19 Maret 2023 di Jakarta Convention Center.

Toyota All New Agya dan All New Agya GR Sport benar-benar mengagetkan dengan tampilan yang benar-benar fresh. Buat all fans tentunya bikin kaget.

Perkenalan 2 Low Cost City Car pada gelaran Toyota GJAW 2023 berbarengan diperkenalkan dengan kehadiran All New RAV4 GR Sport Plug-In Hybrid EV.

Saat daku bersama tiga orang content creator ngobrol santai membahas Toyota All New Agya dan All New Agya GR Sport, datang sosok pria sambil tersenyum dan menyedorkan telapak tangannya.

Kami disalami satu-persatu dan ia memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama Dimas Ibrahim Saleh Aska. Dirinya merupakan Head of Media Relation PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Daku pun ingin mencocokkan pemikiran daku dengan perspektif Toyota, dengan bertanya dan berdiskusi dengan Dimas Ibrahim Saleh Aska.

Pertanyaan daku pertama kepada Dimas tentang mengapa Toyota menggunakan tagline "Move with No Boundaries" ?

Penjelasan Dimas, Toyota ingin merubah image Agya yang tidak hanya dikhususkan bagi user yang membutuhkan mobil dengan harga yang terjangkau saja.

Daku mendapatkan pemahaman dari obrolan ringan ini bahwa Toyota dengan All New Agya generasi terbaru ingin membuka batas-batas bahwa pemilik kendaraan dengan harga yang lebih tinggi juga "its oke" pakai All New Agya generasi terbaru.

Move memiliki makna Agilty dan Mobility. Sedangkan with No Boundaries memiliki makna for everyone, GR dan growth.

All New Agya terinspirasi dari keinginan anak muda di Indonesia untuk memenuhi solusi kebutuhan mobilitas dengan kualitas dasar yang lebih baik dengan harga terjangkau, performa yang mumpuni , fitur yang advanced, dan tampilan yang sporty sehingga bisa menjadi kesenangan user saat berkendara.

Deskripsi : All New Agya dan All New Agya GR Sport I Sumber Foto : dokpri
Deskripsi : All New Agya dan All New Agya GR Sport I Sumber Foto : dokpri

Walaupun All New Agya generasi ke-2  terinspirasi dari kebutuhan anak muda, bukan berarti segmen All New Agya generasi ke 2 disasar untuk anak muda saja. Sesuai dengan tagline Move with No Boundaries, All New Agya dapat ditujukan bagi segala user.

Seperti halnya sang legenda Toyota Kijang yang tetap diminati Setia Sama Toyota oleh berbagai kalangan. Walaupun sang user memiliki mobil kelas atas tapi tetap saja user ingin mengoleksi Toyota Kijang generasi terbaru.

Berdasarkan keterangan pihak Toyota, All New Agya menargetkan pasar pembeli mobil pertama (first time buyer) atau first user, sedangkan All New Agya GR Sport menyasar bagi konsumen yang mengidam-idamkan memiliki tunggangan dengan performa hatchback seperti sebuah sport car.

Tentunya dengan kondisi jalan di Jabodetabek dan pertumbuhan jalan tol di Indonesia, kebutuhan melewati kendaraan lain yang berada di depannya (menyalip) amat diperlukan. Tapi bukan berarti All New Agya GR Sport digunakan untuk kebut-kebutan di jalan raya.

Memang bila melihat spesifikasinya, terjadi perubahan besar dari Agya generasi sebelumnya. Pada All-New Agya  / Agya generasi-2 mendapatkan upgrade menyeluruh dari peningkatan efisiensi mesin dan irit bensin, dan performa yang makin yahud.

Agya generasi terbaru ini ditanamkan mesin baru berkode WA-VE dengan kubikasi 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i yang dapat menghasilkan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 11,52 Kgm pada 4.500 rpm.

Ajibnya All New Agya sudah menggunakan transmisi CVT yang lebih ringkas, kompak, dan efisien. Transmisi CVT yang baru ini turut dapat membuat efisiensi mesin saat berkendara.

Perlu dipahami, bahwa mesin 3-silinder memiliki keunggulan berupa efisien dalam mengolah bahan bakar. Dampaknya sehingga konsumsi bahan bakar akan lebih hemat dan akan memproduksi torsi lebih tinggi dibandingkan mesin 4-silinder dengan volume sama.

Toyota All-New Agya dan All New Agya GR Sport per tanggal 10 Maret 2023 mengambil momentum menjelang bulan Ramadhan setelah sebelumnya diperkenalkan secara world premiere di Indonesia Februari lalu.

All New Agya versi standardnya masih akan berada pada segmen Low Cost Green Car (LCGC) dikisaran Rp 167 - 191  jutaan, sedangkan versi GR Sport akan berada di segmen yang sedikit lebih tinggi dengan kisaran dari Rp 237 - 256 jutaan.

Obrolan kami membahas All New Agya dan All New Agya GR Sport ini berada di sebuah ruangan. Suasana ruangan itu begitu menyenangkan, tone yang menyejukkan dan sambutan hangat orang-orang yang ada disana.

Deskripsi : Lounge Service TAM di GJAW 2023 I Sumber Foto : dokpri
Deskripsi : Lounge Service TAM di GJAW 2023 I Sumber Foto : dokpri

Ruangan itu diberi warna putih krem. Di salah-satu sudut ditempatkan lampu hias yang memancarkan cahaya putih kekuningan. Terasa nyaman berada disana yang dikelilingi aura positif dari manusia-manusia yang berada di lokasi itu. 

Desain ruangan itu bagaikan Executive Lounge Service seperti di bandara (Airport), tempat di mana orang bisa mendapatkan kenyamanan.

Tempat itu merupakan lounge dibelakang booth pameran kendaraan Toyota GJAW) 2023. Lounge service Toyota GJAW 2023 terdiri dari tempat duduk dan meja yang nyaman dikelilingi oleh layanan yang dimiliki oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Daku perhatikan satu persatu, dari Toyota Official Store Solution (TOSS), Toyota Live Showroom, Kinto, Ez Deal, Toyota Insurance, Toyota Financial Service, Toyota Trade In, Auto 2000, Astrido, dll.

Deskripsi : Toyota Gazoo Racing Corner I Sumber Foto : dokpri
Deskripsi : Toyota Gazoo Racing Corner I Sumber Foto : dokpri
Disebelah Lounge Toyota GJAW 2023 ini terdapat sudut ruangan berwarna yang cenderung gelap berkarakter macho (laki banget).

Ternyata sudut itu merupakan booth Toyota Gazoo Racing, Toyota Gazoo Racing Collection dan Aftersales Service. Uniknya bangku yang-bangku yang tersedia layaknya bangku para streamer, gamers dan YouTubers.

Deskripsi : Toyota Safety Sense, dan Tintouch (Toyota Connected Service) I Sumber Foto : dokpri
Deskripsi : Toyota Safety Sense, dan Tintouch (Toyota Connected Service) I Sumber Foto : dokpri
Dipisahkan dengan dinding berwarna abu-abu bermotif industrial terdapat sudut lain berwarna krem yang terdapat media informasi digital yaitu Toyota Safety Sense, dan Tintouch (Toyota Connected Service).

Pada pameran Toyota GJAW 2023 melalui Total Mobility Solution menawarkan berbagai program layanan penjualan dan purna jual dengan benefit yang menarik.

Ada juga promo cashback hingga 1 juta rupiah dan gold lucky draw dari layanan One Stop Solution TOSS (Toyota Official Store Solution).

Untuk solusi kepemilikan program EZ Deal memberikan promo free 2 years insurance dan Toyota Spektakuler dengan promo free 2 years insurance, bunga 0% hingga 2 tahun, dan rate bunga spesial khusus pembelian Kijang Innova Zenix.

Pengunjung bila ingin mencoba layanan berbasis usership atau rental dapat mengunjungi booth KINTO dengan promo cashback hingga 2 juta rupiah dan direct gift.

Sedangkan untuk layanan purna jual dapat melalui T-CARE. Mantapnya lagi, pelanggan yang bertransaksi dan juga melakukan test drive selama masa pameran Toyota GJAW 2023 akan mendapatkan kesempatan direct gift berupa berbagai merchandise menarik.

PT Toyota-Astra Motor (TAM) pada ajang GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 sepertinya menjadikan area booth sebagai one stop service layanan. Tentunya buat daku dan teman-teman ku merasakan manfaatnya.

Konsep dari booth terlihat mengambil unsur dari warna Toyota yaitu merah, putih, hitam dan abu-abu. Dimas menjelaskan Konsep booth ini mobility for all yang menggabungkan beberapa colour (warna) Toyota dan unsur kayu.

Kenapa unsur kayu dipilih ? karena memberi rasa nyaman, lembut, kehangatan dan juga easy colour ungkap Dimas.

Deskripsi : Booth TAM dan Lexus seluas 1300 meter persegi di Toyota GJAW 2023 I Sumber Foto : dokpri
Deskripsi : Booth TAM dan Lexus seluas 1300 meter persegi di Toyota GJAW 2023 I Sumber Foto : dokpri
Booth PT Toyota-Astra Motor (TAM) memiliki luas booth 890 meter persegi bila digabung dengan booth Lexus menjadi 1300 meter persegi. Toyota menampilkan 16 lineup ever better cars terlengkap di Indonesia pada ajang GJAW 2023 ini.

TAM menawarkan berbagai tipe kendaraan, dari yang LCGC, MVP, Sport Car, bahkan yang berharga selangit pun ada.

Pengunjung Setia Sama Toyota terlihat terpuaskan karena disodorkan berbagai pilihan oleh TAM. Termasuk Toyota All New Agya dan All New Agya GR Sport yang telah resmi dijual di Indonesia per tanggal 10 Maret 2023 .

Tantangan dari konsep booth ini menurut Dimas bagaimana membuat orang tidak hanya datang untuk melihat mobil, untuk itu TAM menyediakan meja dan tempat duduk yang nyaman.

Deskripsi : suasana cozy di lounge Toyota Service I Sumber Foto : dokpri
Deskripsi : suasana cozy di lounge Toyota Service I Sumber Foto : dokpri
"Kami memang membuat Booth Toyota ini menjadi one stop service, karena ada orang yang tujuannya datang kesini untuk beli mobil, ada yang tujuannya melihat-melihat, ada yang pingin tau informasi yang sedang dijual, bahkan ada yang sekedar mau tanya-tanya" ungkap Pak Dimas di Lounge Booth Toyota gelaran GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023.

Daku sih setuju dengan pandangan Dimas, karena user belum tentu ingin langsung bertransaksi di gelaran GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, tapi menunggu setelah berdiskusi dengan keluarga. Atau menjadi bahan informasi bagi kerabatnya yang ingin membeli kendaraan.

Buat kalian Setia sama Toyota yang mau datang di ajang pada ajang Toyota GJAW 2023 harus deh kunjungi dan nikmati  Booth PT Toyota-Astra Motor (TAM). Jangan lupa bawa pulang All New Agya atau All New Agya GR Sport.

Salam hangat Blogger Udik dari Cikeas - Andri Mastiyanto
Instagram @andrie_gan I Twitter @andriegan I Tiktok @andriegan I Email: mastiyan@gmail.com

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun