"Tantangan terbesar saat ini, para pelaku jaminan sosial harus lebih tanggap pada kebutuhan konsumen di tengah keterbatasan ruang gerak masyarakat akibat pandemi Covid-19. Transformasi digital sudah tidak bisa terelakkan, apalagi struktur masyarakat sudah mulai didominasi oleh generasi digital atau generasi Y (milenial) dan generasi Z," kata Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris di ISSA Virtual Symposium on Leadership in Social Security (ISSA LEAD), Kamis (28/01).
Dunia sudah masuk era digital dan masih dihadapi tantangan pandemi Covid-19. Masyarakat wajib menjalankan protokol 5 M (Menggunakan masker, Mencuci tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas). Mau tidak mau masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari mendekat kepada teknologi digital.
Sepertinya BPJS Kesehatan telah melihat fenomena yang ada. Ini bisa dilihat ketika Direktur BPJS Kesehatan Fachmi Idris menjadikan digitalisasi tulang punggung BPJS Kesehatan dalam meningkatkan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).Â
Inovasi BPJS Kesehatan itu pun disampaikan oleh Fachmi Idris dalam forum Technical Seminar on Digitalization New Forms of Work: Focussing on Occupational Risks yang digelar 18-20 Februari 2020 di Kuala Lumpur, Malaysia.Â
Tahun 2021 ini BPJS Kesehatan telah melakukan banyak terobosan. Terdapat 3 (tiga) produk digitalisasi BPJS kesehatan yang sebaiknya patut diketahui oleh peserta JKN-KIS. Pengin tau apa saja #DigitalisasiBPJSKesehatan  ? yuks scroll
..
1. Mobile JKN : BPJS Kesehatan Dalam Gengaman
Sudah dari 2017 saya mengetahui dan merasakan manfaat BPJS Kesehatan dengan terobosan digitalisasi bagi peserta JKN-KIS. Saat itu saya sebagai seorang blogger berkesempatan hadir di peluncuran Mobile JKN. Acara tersebut diselenggarakan di Kantor Pusat BPJS Kesehatan, Jakarta, pada tanggal 15 November 2017 yang dihadiri Menkominfo, Rudiantara.Â
Baca Juga Peluncuran Mobile JKN di tahun 2017 : Aplikasi Mobile JKN Mempermudah Masyarakat Mengakses BPJS Kesehatan
Saya pun sempat mereview aplikasi ini saat Ibu melakukan pemeriksaan kesehatan gigi di Puskesmas Kebayoran Lama, Jakarta Selatan dengan judul 'Ibu Mudik Gara-Gara Pelayanan BPJS Kesehatan' (DI SINI) dan blogpost mengenai penambahan fitur-fitur baru aplikasi Mobile JKN 2020 dengan judul 'Mobile JKN Ada Fitur Baru, Apakah Anda Sudah Coba?' (DI SINI)Â