Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Penyuluh Kesehatan

Kompasianer Of the Year 2022, 105 x Prestasi Digital Competition (70 writing competition, 25 Instagram Competition, 9 Twitter Competition, 1 Short Video Competition), Blogger terpilih Writingthon 2020, Best Story Telling Danone Blogger Academy 2, Best Member Backpacker Jakarta 2014, ASN, Email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Keuangan Digital "M2UinAja" Turut Membantu Menyelamatkan Ekonomi Bangsa di Masa Pandemi Covid-19, Kok Bisa?

3 November 2020   10:00 Diperbarui: 3 November 2020   10:10 227
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Deskripsi : Menebak masa depan digital di masa Pandemi Covid-19, masyarakat harus sudah mulai beradaptasi dengan keuangan digital I Sumber: dok.pri by IG @maybankid

Semenjak pandemi Covid-19 berlangsung di awal tahun 2020, membuat berbagai segi kehidupan berubah layaknya sebuah revolusi industri dadakan di seluruh dunia.

Semenjak itu semua orang dipaksa belajar menggunakan fasilitas digital yang terhubung dengan internet. Belajar daring, kerja daring, pertemanan daring, kemesraan daring, belanja daring, dan transaksi perbankan pun daring.

Perubahan itu pun yang saya rasakan, berujung mulai memperbanyak pengalaman dan sensasi transaksi perbankan daring dan pembayaran digital dalam keseharian. Salah-satunya pengalaman dalam menggunakan aplikasi mobile M2U.

Dilansir dari katadata (DI SINI), Departemen Penelitian dan Pengaturan Perbankan OJK menyebutkan, transaksi menggunakan layanan mobile banking mencapai 2,4 miliar per hari sejak 2019. Jumlahnya makin meningkat saat pandemi coronavirus berlangsung.

Yang tidak disangka-sangka oleh saya sebagai individu yang rutin bertransaksi menggunakan transaksi daring, berdasarkan data Bank Indonesia (BI), transaksi digital meningkat 37,8% dibandingkan sebelum adanya pandemi Covid-19.

Deskripsi: Financial technology sudah menjadi keharusan bagi setiap Bank termasuk Maybank I Sumber foto : IG @maybankid
Deskripsi: Financial technology sudah menjadi keharusan bagi setiap Bank termasuk Maybank I Sumber foto : IG @maybankid
Bahkan penggunaan uang elektronik melejit naik 65%, sementara ATM, kartu debit dan kredit turun sekitar 18,9%.

Ternyata peningkatan itu searah dengan inklusi keuangan yang mencapai 76,19%. Yang tidak disangka sebanyak 97% transaksi perbankan dilakukan di luar kantor....wah..wah...pada asik transaksi daring di rumah donk.

Bila melihat data-data tersebut, ternyata penggunaan financial technology meningkat pada masa pandemi Coronavirus.

Jadi tentunya akan sangat membantu dan menjadi solusi keuangan digital yang bisa mendorong pemulihan ekonomi Indonesia serta akan dapat mencegah terjadinya resesi ekonomi karena efek pandemi Covid-19.

Pada masa-masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) perbankan yang mengembangkan financial technology seperti Maybank dengan aplikasi mobile M2U akan sangat membantu nasabah.

Financial technology membantu tidak hanya perseorangan juga para pebisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Financial technology dan kehadiran fintech payment amat mendukung transaksi pembayaran.

Mengutip data Bank Indonesia, instrumen e-money ternyata telah mencapai 412 juta pada April 2020. Sedangkan menurut data Asia Pacific E-commerce and Payment Guide 2020, transaksi yang menggunakan ATM dan kartu debit turun menjadi sekitar 450 juta per April dibandingkan 550 juta pada Maret 2020.

Deskripsi : Michel Hamilton, Chief Strategy, Transformation & Digital Officer, Maybank Indonesia menjelaskan bagaimana pentingnya keuangan digital I Sumber Foto : dokpri
Deskripsi : Michel Hamilton, Chief Strategy, Transformation & Digital Officer, Maybank Indonesia menjelaskan bagaimana pentingnya keuangan digital I Sumber Foto : dokpri
Data tersebut sesuai dengan penjelasan Michel Hamilton, Chief Strategy, Transformation & Digital Officer, Maybank Indonesia dalam kegiatan webinar Kopiwriting Maybank bersama Kompasiana, rabu, 21 oktober 2020 bertemakan "Indonesia di Era Ekonomi dan keuangan Digital".

 "Indonesia merupakan Negara urutan ke 2 dalam hal kemudahan mengadopsi budaya digital dan masyarakat begitu terbuka. Untuk itu Maybank berupaya memeberikan pelayanan yang lebih simpel dengan menghadirkan M2U dalam service keuangan", ungkap Michel.

Saya melihat dan merasakan bagaimana pandemi ini mempercepat revolusi perilaku di mana terjadi perubahan pola hidup di masyarakat, terutama dalam penggunaaan teknologi informasi dan perangkat gawai serta transaksi elektronik.

Perubahan perilaku dalam bertransaksi ini menyebabkan berbagai macam sektor kegiatan, usaha dan pelayanan menjadi lebih praktis dan mudah. Terjadinya transaksi secara non tunai sudah tidak dapat dihindarkan lagi dan semua orang harus sudah mulai beradaptasi.

Deskripsi : Lucy Wiryono Co-Founder & Owner Holycow Group mengkisahkan bahwa dirinya harus beradaptasi dengan keuangan digital I Sumber Foto : dokpri
Deskripsi : Lucy Wiryono Co-Founder & Owner Holycow Group mengkisahkan bahwa dirinya harus beradaptasi dengan keuangan digital I Sumber Foto : dokpri
Lucy Wiryono, Owner Holycow Group mengisahkan dalam webinar kali ini bagaimana dirinya dalam menjalankan usahanya harus beradaptasi dengan perubahan.

Untuk itu dirinya menyiapkan QR Code bagi pelanggan untuk melihat menu dan proses pembayaran. Bahkan ia harus menjual daging steak beku di e-commerce.

Untuk menggalakkan transaksi non tunai di Indonesia, Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan program Layanan Keuangan Digital (LKD).

Manfaat LKD ini bila saya lihat amat sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk dapat melakukan belanja atau transaksi secara daring dengan mudah, begitu pula dengan membeli voucher pulsa, e-money transportasi online, token listrik dan lain-lain.

Berbagai keuntungan bila kita menggunakan LKD untuk melakukan transfer uang dapat lebih cepat dan praktis dan tidak perlu datang ke kantor fisik untuk melakukan transaksi.


Untuk beberapa bank di Indonesia, sudah ada yang telah menggunakan produk LKD, salah-satunya Maybank dengan aplikasi M2U. Aplikasi ini dapat digunakan dalam transaksi perbankan termasuk transaksi belanja dengan virtual account di e-commerce.

Data Bank Indonesia mencatat peningkatan volume transaksi belanja di e-commerce sebanyak 383,5 juta kali pada kuartal II 2020. Jumlah itu naik 39,05% dibanding dengan kuartal I 2020 yang sebesar 275,8 juta kali.

Apabila kita melihat data, hal ini mungkin disebabkan adanya penambahan customer belanja offline yang beralih ke e-commerce. Ini membuktikan kejadian pandemi, tidak menurunkan daya beli masyarakat yang familier dengan teknologi digital.

Tak heran bila kini budaya transaksi konvensional yang bergeser menjadi budaya transaksi digital turut dibantu dengan kondisi new normal dan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 physical distancing.

Uang elektronik dan transaksi digital yang diakomodir aplikasi mobile banking salah-satunya M2U, merupakan buah manis yang dapat dinikmati setiap orang.

Ditto Prabowo, Head Digital Banking Product & Strategy Maybank yang turut hadir di webinar membuka wawasan bahwa digital banking sudah tidak bisa dipisahkan lagi apalagi e-payment.

Aplikasi M2U dapat memberikan kemudahan dalam pembayaran dan transfer. Transaksi melalui QR Code dalam kehidupan sehari-hari sudah sesuatu yang lumrah dan aplikasi M2U menyediakan fiturnya.

Tambahnya, aplikasi M2U memiliki fitur unggulan selain pembayaran, pembelian, transfer, dimana fitur ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat yaitu manajemen keuangan dana darurat, rencana keuangan, mempersiapkan dana pensiun, dana pendidikan, dan asuransi.

Bila saya lihat fitur-fitur yang disediakan aplikasi M2U akan juga berdampak bagi kepentingan negara, karena keuangan digital dapat mempercepat arus perputaran uang, dan mendorong transmisi kebijakan ekonomi agar negara dapat selamat dari kemungkinan risiko resesi ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Deskripsi : Mencoba menggunakan aplikasi mobile banking M2U untuk bertransaksi I Sumber: dokpri
Deskripsi : Mencoba menggunakan aplikasi mobile banking M2U untuk bertransaksi I Sumber: dokpri
Berbagai aplikasi mobile banking telah saya coba, saya pun mencoba menggunakan aplikasi mobile banking yang diluncurkan oleh Maybank dengan aplikasi M2U.

Berdasarkan pengalaman saya aplikasi mobile banking ini digunakan sangat mudah dan praktis. Segala umur dapat mengoperasikan aplikasi mobile banking M2U dengan mudah.

Mau tau bagaimana cara mendaftar dan menggunakan aplikasi mobile banking M2U? Baca artikel saya selanjutnya (DI SINI)

---

Salam hangat blogger udik dari Cikeas-Andri Mastiyanto

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun