Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Penyuluh Kesehatan

Kompasianer Of the Year 2022, 104 x Prestasi Digital Competition (69 writing competition, 25 Instagram Competition, 9 Twitter Competition, 1 Short Video Competition), Blogger terpilih Writingthon 2020, Best Story Telling Danone Blogger Academy 2, Best Member Backpacker Jakarta 2014, ASN, Email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Jari Manusia Modern Diperhatikan 'Bank Ganesha'

27 Mei 2018   12:43 Diperbarui: 27 Mei 2018   13:42 993
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Deskripsi: fitur layanan Bank Ganesha I Sumber Foto : Bank Ganesha

Bagi daku saat ini ketika dihubungi via telepon dari perusahaan yang menawarkan asuransi, pinjaman, perbankan dan lainnya terbilang mengganggu. Ternyata tidak hanya diri daku saja yang merasakan itu, tetapi juga teman sekantor / konkow / traveller / blogger. Pendekatan promosi dan marketing era industri 4.0 sebaiknya harus sudah ditanggapi secara serius oleh para perusahaan pencari konsumen.

Beberapa minggu lalu sempat membaca ulasan tentang Bank Ganesha, daku pun tertarik untuk mencari tau. Sebagai manusia yang hidup di era modern tidak lepas dari teknologi high tech baik itu internet, computer (PC/desktop/Laptop/notebook), smartphone dan gadget maka hal yang pertama dilakukan ialah mencari tau melalui dunia maya lini Coorporate Website nya.

Saat ini daku memiliki tabungan di 5 (lima) Bank, ada salah-satu Bank Besar yang daku miliki rekeningnya ternyata memiliki coorporate website yang terbilang sulit untuk dimengerti oleh user atau not user friendly. Daku bukanlah lulusan atau ahli IT pembuat program tetapi hanya sekedar seseorang yang senang mencoba-coba sesuatu di layar smartphone atau PC/notebook/Laptop. 

Daku pernah mereview Privy.id, JKN-Mobile, Qlue, GueSehat, DokterBabe, Qlapa dan beberapa web / apps. Karena ketertarikan daku atas informasi dari Bank Ganesha maka daku pun coba bermain dengan jari ini melihat Coorporate web versi desktop dan versi mobile'nya (bukan apps). Bagi daku saat ini masyarakat masih banyak yang enggan mendownload apps apabila tidak digunakan yang sifatnya harian (daily) seperti ojek online, social media dan games.

Untuk itu perbankan haruslah memperhatikan website baik versi desktop ataupun versi mobile tidak hanya memperkuat versi apps. Masih banyak yang beranggapan mencari informasi itu enaknya via search engine seperti google dan yahoo tidak perlu mengunduh apps ngabisin memory. Pandangan itu memang kurang tepat, tetapi di dunia digital saat ini ada baiknya Pebankan sebaiknya harus menyediakan semua pilihan digital.

Ketika daku mengetik 'Bank Ganesha' di search engine menggunakan kecepatan 1.7 mbps via laptop dan daku klik, respon dari coorporate website Bank Ganesha terbilang cepat sekitar 2 s/d 3 detik sudah terbuka seluruh tampilan utama. Sedangkan saat daku menggunakan versi mobile tidak jauh berbeda sekitar 4 detik.

Jadi pingin langsung mencoba mengotak-atik coorporate website Bank Ganesha dan mencari tahu tentang profilnya. Bisa dibilang jari manusia modern diperhatikan 'Bank Ganesha'. Hal tersebut ditunjukkan dengan menyediakan coorperate website (versi PC & versi mobile [DISINI]) dan aplikasi mobile BANGGA (DISINI).

Mengenal Profil Bank Ganesha Melalui Ujung Jari

Untuk mencari tau profil Bank Ganesha via coorporate website cukup mudah disudut kanan atas layar terdapat 3 garis sejajar horisontal (KLIK) kemudian akan keluar 3 menu ; Individu, Bisnis, dan Tentang Kami. Lalu  klik tanda plus (+) 'Tentang Kami' akan keluar 7 menu (Berita, Tentang ganesha, Tata Kelola Perusahaan, Hubungan Investor, Lokasi, Kontak Kami, Karir) carilah 'Tentang Ganesha'.

Deskripsi : Mendapatkan Informasi tentang Profil Bank Ganesha pun mudah I Sumber Foto : Screenshoot Coorporate Website Bank Ganesha
Deskripsi : Mendapatkan Informasi tentang Profil Bank Ganesha pun mudah I Sumber Foto : Screenshoot Coorporate Website Bank Ganesha
Tak kenal maka tak sayang, melalui menu tersebut daku bisa membaca sejarah bank ini. Di era-nya kids zaman now , user/customer maunya serba instan males berhadapan dengan costumer service. Biasanya mereka mencari informasi melalui dunia maya terlebih dahulu baru kemudian menuju costumer service sebuah layanan untuk informasi yang tidak didapatkan via online.

Cooperate website menjelaskan bahwa Bank Ganesha sudah berdiri sejak tahun 1990 dan memulai beroperasi sejak tanggal 30 April 1992. Ijin usaha sebagai bank umum didapatkan dari Menteri Keuangan Republik Indonesia dalam SK No.393/KMK-013/1992 tanggal 14 April 1992, dan pada tahun 1995 status Bank Ganesha mendapatkan persetujuan menjadi Bank Devisa, sesuai SK Bank Indonesia No.28/66/KEP/DIR tanggal 12 September 1995. Saat ini Bank Ganesha berkantor pusat di Jl. Hayam Wuruk No. 8 Jakarta Pusat.

Dalam memenuhi kebutuhan para nasabah, Bank Ganesha melayani dengan kompetitif, penghimpunan dana masyarakat dalam bentuk deposito, giro dan tabungan, serta menyalurkan kredit pada segmen komersial, SME dan Korporasi. Bank Ganesha berupaya untuk terus menambah jaringan, sampai dengan tahun 2017 Bank Ganesha telah memiliki jaringan kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu dan Kantor Kas yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Surabaya dan Medan. 

Selain itu Bank Ganesha juga telah memiliki mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang terintegrasi dengan jaringan ATM Bersama. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir dalam penggunaan kartu ATM Bank Ganesha. Pastinya kalian taulah bahwa hampir disetiap minimarket tersedia layanan ATM Bersama.

Sebagai bank devisa, Bank Ganesha juga aktif melayani transaksi ekspor dan impor, transaksi valuta asing dan transaksi jasa perbankan lainnya. Terbilang lengkap pula layanan yang diberikan oleh Bank Ganesha ini, daku pun baru tau. Pastinya kalian juga pingin tau kan ?? ... 

Mau dibawa Kemana Bank Ganesha

Untuk melihat bagaimana sebuah perusahaan dijalankan bisa dilihat dari visi dan nilai-nilai yang diterapkan. Sebagai contoh Perusahaan Retail dengan visi memberikan layanan penyedian buah segar tetapi kenyataannya porsi dari program, fitur, sarana dan prasarana yang banyak disediakan merupakan layanan penyediaan daging beku. Hal ini bisa membuat perusahaan dilihat kebingungan oleh customer & pegawainya sendiri 'Mau dibawa kemana tujuan kita'.

Nah untuk melihat visi dan nilai-nilai yang diterapkan di cooperate website sama dengan menu 'Tentang Ganesha' hanya saja menu yang dipilih menu 'Visi & Nilai'. Visi dari Bank Ganesha 'Menjadi Bank terbaik di kelasnya dengan menggunakan produk yang handal dan inovatif melalui layanan yang prima'.

Sedangkan Bank Ganseha memilih menggunakan 4 nilai yang digunakan untuk mensupport  visi yang ditetapkan, yaitu : Best, Growth, Teamwork dan Goal. Nilai-nilai ini yang yang secara praktis akan dituangkan dalam program dan layanan Bank Ganesha.

Best dalam nilai Bank Ganesha adalah nilai yang berusaha menjadi unggul dan menjadi terbaik dalam bidangnya. Growth berarti selalu bertumbuh dengan meningkatkan kompetensi dan perbaikan untuk menciptakan inovasi yang berkesinambungan. Teamwork dalam nilai Bank Ganesha adalah menghargai perbedaan antar tim dan memacu kinerja melalui kerjasama tim yang solid. Goal adalah nilai yang diterapkan Bank Ganesha yang berorientasi pada tujuan bersama dan pencapaian target yang maksimal. 

Layanan dan Produk Perbankannya

Pastinya yang ingin diketahui ialah tetap layanan dan produknya. Bank Ganesha merupakan usaha dibidang perbankan jadi apa sajakah layanan dan produknya ? Mari disimak hasil eksplorasi jari daku.

Dari tampilan utama sama seperti melihat Profil Bank Ganesha yakni dengan mengklik via coorporate website disudut kanan atas layar terdapat 3 garis sejajar horisontal (KLIK) kemudian akan keluar 3 menu ; Individu, Bisnis, dan Tentang Kami. Lalu  klik tanda plus (+) fitur 'Individu' akan keluar 7 menu (Simpanan, Layanan, Pinjaman, E-Channel, kartu kredit, backassurance, promo. Walaupun ada menu 'Layanan' sejatinya dari 7 (tujuh) Menu tersebut di merupakan layanan perbankan.

Deskripsi: fitur layanan Bank Ganesha I Sumber Foto : Bank Ganesha
Deskripsi: fitur layanan Bank Ganesha I Sumber Foto : Bank Ganesha
Begitu pula ketika ketika klik fitur 'Bisnis' akan keluar 4 (empat) menu yaitu ; Simpanan, Layanan, Pinjaman, dan E-Channel. ke-4 menu tersebut pun berisi layanan perbankan. Ada beberapa menu yang sama pada fitur Pribadi & Bisnis bila daku lihat dari sisi penggunaan layanan tersebut bersifat pribadi atau keperluan bisnis/kewirausahaan/coorporate.

Bila kita berbicara Bank maka yang ada dipikiran masyarakat ialah produk perbankan yaitu simpanan. Bank Ganesha memiliki beberapa produk simpanan yang terbagi 3 (tiga) kategori yaitu tabungan, deposito dan Giro. Tabungan ini sesuai dengan kemampuan, kebutuhan dan bagaimana customer melalukan pemilihan bentuk tabungan. Adapun jenis tabungan yaitu : Tabungan Ganesha, Tabungan Ganesha Optima, Ganesha Dollar, Ganesha Investasi, Ganesha Payroll, Ganesha, Tabunganku, Tabungan Ganesha MAPCLUB, Tabungan Ganesha SavingPlus dan Deposito Ganesha, Giro Ganesha, dan Giro Aktif Ganesha.

Selain layanan simpanan yang dipakai harian / daily oleh customer ada pula layanan lain. Bank Ganesha juga menyediakan layanan kartu kredit. Ada 2 (dua) jenis kartu kredit Bank Ganesha yang dapat dimiliki oleh nasabah, yaitu platinum dan gold. Bank ini juga membuat produk asuransi dengan mata uang Rupiah yang ditawarkan  yaitu Pro Whole Life (PWL) dan Flexi Safe Link (FSL).

Bank Ganesha juga melengkapi layanan dengan ATM Ganesha yang terintergrasi ATM Bersama, e-statement Ganesha, Layanan Export/Import, Safe Deposit Box (SDB), Pengiriman Mata Uang Asing, Pembayaran Tagihan Listrik, Pembayaran Tagihan Telepon, Pembayaran Pajak, Pinjaman Perbankan dan 3 pilihan e-channel yaitu BANGGA, G-Online, dan G-Money.

---------------------------------------------------

Bank Ganesha menurut daku memberikan kepada customer dan pengunjung kemudahan dalam menggunakan web atau bahasa masa kini-nya 'user friendly'. Pada saat pertama kali kita membuka web, kita disuguhkan berita yang update, estimasi angsuran dan kurs valas tanpa harus log-in. Ada beberapa Bank bila kita ingin mengakses informasi layanan perbankan via web harus log-in terlebih dahulu. Menurut daku coorporate website ini patut di apresiasi dari fitur, menu, dan kecepatan di akses.

Sumber Informasi : https://www.bankganesha.co.id/

Salam Hangat Blogger Udik dari Cikeas - Andri Mastiyanto

Web [ DISINI ] , Blog [ DISINI ] , Twitter [ DISINI ] , Instagram [ DISINI ]

Email : mastiyan@gmail.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun