Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Penyuluh Kesehatan

Kompasianer Of the Year 2022, 105 x Prestasi Digital Competition (70 writing competition, 25 Instagram Competition, 9 Twitter Competition, 1 Short Video Competition), Blogger terpilih Writingthon 2020, Best Story Telling Danone Blogger Academy 2, Best Member Backpacker Jakarta 2014, ASN, Email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Raffi Ahmad Mencoba Peruntungan di Dunia Fashion

13 Maret 2016   08:41 Diperbarui: 13 Maret 2016   12:48 229
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Deskripsi : Sebagai Celebrity yang Multi Tallet, Raffi juga memiliki jiwa bisnis. RA jeans menjadi nama brand yang dipilih I Sumber Foto : rajeans.co.id"][/caption]

Bunyi dentuman musik hip-hop menggema di Catwalk, Indonesia Fashion Week (IFW) 2016 yang diselenggarakan, kamis, 10 maret 2016 di stage 2, Jakarta Convention Center (JCC) . Itu yang daku (saya / aku) rasakan pada saat fashion show di acara Indonesian Fashion Week (IFW) 2016. Deretan koleksi yang ditampilkan memiliki gaya kasual membuat para model yang berlenggak-lenggok mampu bergerak bebas.  Tidak hanya berlenggak-lenggok di catwalk saja, mereka juga dance mengikuti irama lagu. Koleksi fashion style yang daku saksikan ini ternyata milik Raffi Ahmad dengan brand RA Jeans bertema street wear. 

[caption caption="Para model berlenggak-lenggok di Catwalk di iringi musik hip-hop I Sumber foto : Andri M"]

[/caption]

[caption caption="Deskripsi : Para penari yang berlenggak-lenggok di catwalk Indonesia Fashion Week I Sumber Foto : instagram"]

[/caption]

Sepertinya koleksi yang diperlihatkan ingin menunjukkan bahwa produk fashion RA Jeans cocok bagi kawula muda yang memiliki pergerakan yang bebas, bisa jadi cocok buat daku seorang traveller. Koleksinya beragam terdiri atas t-shirt, denim, outterwear, sweater hoodie dan jaket. Semua koleksi yang tampil terlihat simpel, dan kasual sepertinya menggoda. Terlihat pula model busana yang dikhususkan untuk fashion show pada saat berlangsung dan tidak dijual untuk khalayak umum. 

Pada peragaan busana produk dengan brand RA Jeans, Raffi mengikut sertakan sejumlah rekan-rekannya guna memperagakan busana koleksinya. Celebrity yang berlenggak lenggok ada Ayu Dewi, Syahnaz, kordinator alay - Elly Sugigi dan tidak ketinggalan sang istri - Nagita Slavina. Gaya catwalk yang mereka tampilkan begitu santai, ceria dan beberapa kali berusaha berinteraksi dengan penonton, sembari memperagakan busana keluaran Raffi. Peragaan yang ditampilkan menurut daku begitu menarik dan memberi suasana yang berbeda bila dibandingkan dengan fashion show setelahnya. Bisa jadi karena tema yang diangkat oleh RA jeans dalam pergelaran kali ini adalah street wear and young. 

[caption caption="Deskripsi : Elly Sugigi ikutan dalam peragaan busana IFW 2016 I Sumber Foto : Andri M"]

[/caption]

[caption caption="Deskripsi : Ayu dewi dengan centil di catwalk I Sumber foto : instagram rajeans"]

[/caption]

Yang menyedot perhatian undangan yaitu Elly Sugigi dengan mengenakan kaos putih berlogo RA Jeans yang di mix & macth dengan rok mini, dan jubah orange panjang. Hal tersebut membuat suasana panggung catwalk sontak berubah dan menyedot perhatian ratusan tamu undangan yang hadir termasuk daku. 

Selain itu kehebohan juga terjadi saat Ayu Dewi muncul sebagai bintang dari RA jeans. Ayu yang memakai baju hitam , dan rok merah terlihat cantik kala itu. Sementara Adik Raffi, Syhanaz juga turut memeriahkan acara. Saat itu, Syahnaz membawakan baju berwarna putih, dengan celana skinny jeans. Peragaan busana yang melibatkan sejumlah bintang itu dinamankan 'Star On Famous'.

[caption caption="Deskripsi : Raffi dan Nigita Slavina ikut berlenggak-lenggok di fashion show IFW 2016 I Sumber Foto : ig rajeansid"]

[/caption]

Indonesia Fashion Week (IFW) 2016 sudah digelar untuk kelima kalinya. Pagelaran dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), pada 10—13 Maret. Acara bergengsi di dunia fashion ini menghadirkan 34 fashion show dan 10.200 busana. Indonesia Fashion Week (IFW) 2016 bukan hanya menampilkan fashion show dari sejumlah desainer ternama dan pendatang baru, itu kenapa Raffi Ahmad hadir dengan brand RA jeans nya. IFW 2016 sangat terlihat memberikan kesempatan kepada para desainer, agar dapat memperkenalkan dan menjual hasil karyanya untuk khalayak luas di booth-booth yang tersedia.

 

Mengenal RA Jeans dari Keberanian Raffi Ahmad Masuk Dunia Fashion

Raffi Ahmad merupakan seorang aktor dan host yang juga pernah mencoba sebagai penyanyi. Apakah dia seorang multi talent atau aji mumpung itu terserah bagi diri kita masing-masing melihatnya. Bagi daku ia mampu melihat peluang saat kondisi dirinya mampu memaksimalkan potensi pundi-pundi yg bisa didapat. Daku anggap itu tidak salah karena itulah jiwa entepreneur. 

Tidak hanya bergelut didunia entertaiment, ia juga sibuk memutar uangnya melalui investasi bisnis di berbagai sektor. Di usianya yang 28 tahun, Raffi Ahmad sudah memiliki bisnis-bisnis yang dirintisnya dari nol. Beberapa bisnis ia geluti dari bidang kuliner, Raffi Ahmad memiliki brand makanan bernama Raden Food dan Bakmi RN. Saat ini ia juga mencoba peruntungan di bisnis fashion dengan memproduksi pakaian berlabel RA Jeans.

Sebelum menikah, Raffi Ahmad juga pernah berbisnis di bidang rumah produksi yang digarapnya bersama Irwansyah melalui bendera R1 Production dan Barometer Lite. Karena kecintaan di dunia otomotif khusunya motor gede (moge) sempat Raffi menjalankan bisnis di bidang otomotif dengan membuka sebuah showroom.

Materi berlimpah saat ini yang didapatkan dari kerja keras di panggung hiburan tak bisa menjamin masa depannya. Dunia ke artisan bagaikan roller couster dapat dengan melesat keatas dengan cepat dan dapat menujam kebawah dengan cepat. Untuk itu daku persepsikan kenapa ia berani terjun ke dunia bisnis. Raffi memperkuat kaki-kaki penghasilannya bagaikan gurita yang memiliki banyak kaki.

[caption caption="Deskripsi : Nagita Slavina sebagai istri mendukung bisnis raffi di dunia fashion I Sumber Foto : lazada"]

[/caption]

Suami Nagita Slavina ini juga tak main-main dalam menjalankan roda bisnisnya. Dalam tempo kurang dari setahun, Raffi Ahmad sudah beberapa kali meresmikan bisnis yang dikelolanya bersama orang-orang terdekat. Ini terlihat ketika berada di Indonesia Fashion Week (IFW) 2016 bagaimana kerabat dan teman-teman terdekat mendukung peragaan busana RA Jeans. 

RA Jeans yang merupakan fashion brand akan menjadi angin segar bagi penggemar Raffi. Gaya penampilan Raffi akan bisa ditiru oleh penggemarnya dan penonton tayangan televisi yang menghadirkannya. Menurut daku ketika melihat pergelaran busana di IFW 2016,  apa yang ditampilkan bisa kita pakai untuk keseharian. 

"IFW 2016 merupakan fantastic event, itu kenapa RA Jeans hadir. RA Jeans itu dipelopori oleh Raffi Ahmad dengan desain yang trendy fantastik, sporty dan colorful," ujar CEO RA Jeans, Fransen Susanto dalam acara IFW 2016 di Jakarta Convention Center, Kamis (10/3/2016).

Fransen menambahkan bahwa produk-produk RA Jeans dapat mengungguli produk-produk luar negeri. Dengan hanya Rp.99.000 sudah bisa menikmati satu design dan pakaian berkualitas dari Raffi Ahmad. Produk tersebut dikatakan menggunakan material terbaik dan harga terjangkau. Sementara, untuk material, RA Jeans menggunakan katun yang terlihat mewah. Koleksi tersebut dihadirkan untuk para perempuan dan lelaki bergaya modern dari umur 16 hingga 35 tahun.

Untuk warna sendiri, RA Jeans menghadirkan beragam warna trendy seperti light indigo, mid indigo hingga dark indigo dengan model stretch, ultra slim dan skinny jeans. Koleksi T-shirt dari RA Jeans juga hadir dengan menggunakan teknik printing dengan inovasi yang tak terduga. 

Ketika berada disana, daku tidak hanya menonton saja. Sebagai blogger dan pengguna barang fashion ini sesuatu yang menarik untuk dikulik. Seorang wanita berkaos hitam daku dekati dan bertanya kepadanya. Suharti Sadja namanya, ia menjabat sebagai Head of Marketing and Sales dari RA Jeans. Dirinya merasa terhormat bisa berkerjasama dengan Raffi dan mengangkat brand lokal, dimana sebelumnya berkerja dengan brand asing. 

Suharti sadja dengan panggilan Harti menjelaskan "RA Jeans memberikan sesuatu yang berbeda, bagi segmen ke anak muda. Kekuatan produk ini pada kualitas produk dan harga. Target pasarnya untuk para pembeli dari umur 16 s/d 35, tetapi tidak mengelakkan bagi pengguna umur diatasnya yang mau tetap tampil trendy. Koleksi RA jeans adalah busana Raffi yang digunakan sehari-hari" ungkap Harti.

[caption caption="Deskripsi : Logo RA Jeans I Sumber Foto : rajeansid"]

[/caption]

Kaos yang berlogo RA dalam sebuah lingkaran dimana dibawahnya ada tulisan jeans, sudah menjadi produk yang best seller. Konsep street wear, dengan kaos sederhana tetapi tetep keren. Sebetulnya koleksi tidak hanya street wear, ini disesuaikan dengan tema di Indonesia fashion Week (IFW) 2016. Untuk kapasitas produksi cloathing line dari garmennya sendiri sekitar 100.000 pcs / bulan. Manajemen RA Jeans menargetkan mampu menjual sejuta pcs dalam satu tahun. Mendengar pernyataan dari mbak Harti sepertinya akan dijadikan pakaian sejuta umat. 

RA jeans sendiri baru berdiri lima bulan tetapi sudah tersedia di Zalora.co.id, lazada.co.id, Tokopedia.com dan Blibli.com. Ketika daku mencoba searching di dunia maya ternyata sudah tersedia website rajeans.co.id , twitter @rajeansid, dan instagram @rajeansid . Untuk sebuah perusahaan yang baru lima bulan berdiri ternyata Raffi sudah mempersiapkan secara matang bisnis ini. Tidak hanya online secara offline koleksinya sudah tersedia di 100 toko Ramayana di akhir bulan februari 2016.

Deretan koleksi yang dihadirkan memang di design dengan gaya kasual sehingga pemakai busana dapat bergerak bebas dan nyamanl. Bahan material pun menggunakan yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp.99.000 s/d Rp.349.000. Dengan menggunakan material yang ringan saat digunakan dan berbahan katun ini merupakan modal untuk memberikan kenyamanan ketika dikenakan.

Daku lihat Raffi sudah memperkuat pondasi promosi dan pemasaran baik online maupun offline. Nama brand yang digunakan mudah diingat RA jeans, tanpa sadar daku langsung berkonotasi dengan kata "RAJIN". Tetapi apakah nantinya RA jeans akan membuat sebuah outlet sendiri itu yang patut ditunggu. Memang saat ini produk-produk fashion dengan brand baru mengarah pada penjualan secara online dan tidak membuka outlet sendiri. Outlet resmi menjadi tempat untuk lebih dekat dengan pembeli dan bisa jadi akan ada masukan untuk perbaikan produk. Patut ditunggu kehadirannya.

*** 

13 Maret 2016 - Andri Mastiyanto (Agan Andri) sang Blogger Rusuh

Email : mastiyan@gmail.com

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun