Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Penyuluh Kesehatan

Kompasianer Of the Year 2022, 105 x Prestasi Digital Competition (70 writing competition, 25 Instagram Competition, 9 Twitter Competition, 1 Short Video Competition), Blogger terpilih Writingthon 2020, Best Story Telling Danone Blogger Academy 2, Best Member Backpacker Jakarta 2014, ASN, Email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Fantastic 4 di USA - Di Indonesia 7 Magnificent

3 Maret 2016   10:39 Diperbarui: 3 Maret 2016   11:32 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Deskripsi : Tujuh Yang Mengagumkan I Sumber Foto : Andri M"][/caption]

Perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian JNE berdiri pada tahun 1990. Telah genap berusia 25 tahun pada tanggal 26 November 2015 lalu, bapak Soeprapto Suparno mendirikan perusahaan ini dengan nama PT Tiki JNE. Momen seperempat abad usia JNE merupakan perjalanan panjang yang telah membawa JNE pada situasi yang berbeda  dibandingkan ketika masih berpegawai 8 (delapan) orang. Kesuksesan JNE sebagai perusahaan jasa pengiriman dan pendistribusian dapat dilihat dari kuartal ketiga 2015, total pendapatan dari penjualan JNE tumbuh 30 %, dibandingkan dengan periode tahun lalu. 

Saat ini JNE menjadi perusahaan jasa kurir pengiriman barang tingkat domestik yang paling berpengaruh di Indonesia. JNE berhasil melayani pengiriman barang meliputi hampir disemua daerah di Indonesia. Ketika perkembangan prilaku masyarakat mengikuti tehnologi yaitu dimana dunia digital dan internet tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari ternyata pelayanan JNE pun mengikuti. Adanya pesaing yang sudah menggunakan aplikasi via smartphone secara online yang juga menyediakan jasa kurir pengiriman barang, menjadi tantangan tersendiri untuk disiasati yaitu dengan inovasi - inovasi baru oleh JNE.

Untuk itu pada tanggal 29 februari 2016-JNE , perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik nasional, meluncurkan tujuh program inovasi terbaru yang dinamakan "7 Magnificent" atau "7 yang mengagumkan". Ketujuh program atau produk layanan tersebut adalah Aplikasi MyJNE; JNE-PopBox; @box prepaid; Promo JNE Super Speed; JNE Internasional Shipment; Layanan CD Music dan JNE Trucking. Seluruhnya merupakan perwujudan dari rencana pengembangan bisnis perusahaan yang fokus pada pengembangan di bidang Information Technologi (IT) dan infrastruktur. 

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) yang mengembangkan bisnis industri logistik sudah aku kenal sejak tahun 2010 ketika baru memulai menjadi seller online. Banyak para seller online telah mendapatkan manfaat dari usaha jasa pengiriman dan pendistribusian oleh JNE. JNE menjadi bagian yang membantu saya mendapatkan penghasilan tambahan selain pekerjaan utama sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di RSKO jakarta. JNE saya pilih sebagai jasa pengiriman barang dagangan kepada konsumen berupa : pakaian outdoor, sepatu casual, sepatu outdoor dan kacamata outdoor untuk mata minus dan slinder.

[caption caption="Deskripsi : Aplikasi My JNE di lounching I Sumbuer Foto : Andri M"]

[/caption]

Kenapa saya memilih JNE, karena mampu memberikan rasa aman dari konsumen langganan saya. Yang membuat mereka merasa aman terhadap barang yang dikirim oleh JNE karena mendapatkan sebuah nomer resi yang dapat di track / lacak keberadaan barang yang terkirim oleh konsumen. Layanan dari JNE yang dapat memonitor status pengiriman adalah My JNE. My JNE merupakan aplikasi berbasis android yang terhubung dengan nomor telepon pelanggan, baik sebagai pengirim maupun sebagai penerima. 

Tidak hanya memberikan layanan memonitor status pengiriman, melalui aplikasi ini pengguna dapat; mengecek tarif pengiriman, mengecek lokasi jne terdekat, melakukan transaksi jual beli antara penjual dan pembeli terdekat. Dalam menu My JNE juga terdapat My COD (Cash On Digital). Fitur ini memberikan layanan pembayaran belanja online dengan sistem esrow melalui Bank Permata. Dharapkan dengan fitur yang inovatif untuk dunia usaha ini dapat mewadahi para penjual (seller) dan pembeli (buyer) melakukan transaksi secara aman, mudah dan terkontrol. Fasilitas layanan ini memiliki syarat untuk menjamin keamanan dalam bertransaksi, yaitu pengguna harus terdaftar (registered user).

[caption caption="Deskripsi : Penampilan My JNE di Android I Sumber Foto : Screen Shoot layar Android"]

[/caption]

[caption caption="Deskripsi : Cara Penggunaan Escrow di My JNE I Sumber Foto : Andri M - JNE"]

[/caption]

My JNE memberikan fitur-fitur baru yang belum ada pada aplikasi sebelumnya. fitur-fitur tersebut ; sejarah data pengiriman yang terhubung dengan nomor telepon serta fitur My COD yang memungkinkan seller menghubungkan data pesanan toko online dengan sistem JNE.  Saya mendapatkan Aplikasi My JNE di Play Store pada Android, mengunduh tidak lama dan dijalankan aplikasi tidak berat. Untuk mendapatkannya aplikasinya bisa megklik DISINI .

My JNE sesuai dengan pengembangan yang diharapkan top levelnya di hari jadi 25 tahun, 26 november 2016 lalu "Sejalan dengan komitmen kami dalam peningkatan pelayanan, kami mengadakan beberapa peningkatan pada infrastruktur. Termasuk aset digital kami," tutur CEO Grup JNE Abdul Rahim Tahir di kantor pusat JNE, Jl.Tomang Raya no.11, jakarta.

[caption caption="Deskripsi : JNE-Pop Box I Sumber Foto : Andri M"]

[/caption]

 [caption caption="Deskripsi : Alur JNE Pop Box I Sumber Foto : Andri M - JNE"]

[/caption]

Selain My JNE terdapat layanan lain yang dapat saya (seller) dan konsumen (buyer) gunakan, yaitu JNE - PopBox. PopBox merupakan layanan yang diperuntukkan bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi dan selalu bergerak sehingga memudahkan ditawarkan dengan menempatkan paket pada loker otomatis yang mudah dan aman. Dengan layanan ini, buyer / penerima paket dapat menerima barang yang dikirim dengan alamat tujuan loker JNE - PopBox. Pengambilan paket dapat dilakukan di lokasi-lokasi yang tersebar di beberapa titiik sesuai keinginan penerima paket, bisa dekat dengan lokasi rumah, kampus, kantor, atau yang mudah dijakau. Untuk di jakarta sendiri terdapat 32 titik, yaitu di beberapa mall terkemuka, kampus, stasiun kereta api, apartemen, mini market, dan yang lainnya.

JNE-PopBox menyimpan kiriman pada loker otomatis dan aman. Saat ini layanan tersebut diperuntukkan bagi pelanggan JNE Loyality Club (JLC). Untuk bisa menikmati layanan ini, daat membeli di 12 kantor perwakilan di jakarta. Ukuran loker yang tersedia terdiri dari 5 demensi : XL (Extra Large), L (Large), M (Medium), S (Small) & XS (Extra Small). Batas waktu pengambilan barang di loker adalah 71 jam atau 3 hari sejak barang disimpan didalam loker. Jika pada periode waktu yang ditentukan barang belum diambil, maka anda harus mengambil barang di service center JNE yang telah ditentukan (JNE S.Parman, Slipi, Jakarta Barat).

[caption caption="Deskripsi : Box dari JNE-Ads Box Prepaid I Sumber Foto : JNE.co.id"]

[/caption]

Untuk seller seperti saya ada kemudahan lain yang diberikan yaitu produk yang berbentuk kardus kotak (box) yang diterbitkan oleh JNE sebagai kotak pengiriman barang yang bernama Ad Box Pre-Paid. Box ini diperjualbelikan untuk kepentingan pengiriman wilayah DKI Jakarta dimana harga boz sudah termasuk ongkos kirim. Adapun jenis box prepaid ; 1). @Box 2 Prepaid dengan demensi P 30 x L 30 x T 13 (Volumetric = 1.9 m3), berat maksimal 3 kg, dengan biayaRp.22.000. 2). @Box 3 Prepaid dengan demensi P.35 x L.33 x T.17 (Volumetric = 2.7 m3), berat maksimal 5 kg, dengan biaya Rp.40.000.

Promo Service Super Speed (SS) merupakan bagian dari 7 Magnificent. Super Speed (SS) merupakan pengiriman paket atau dokumen dengan waktu yang harus diberangkatkan sesegera mungkin diluar jadwal rutin dan rute tetap JNE. Layanan SS menggunakan moda transportasi udara (direct flight) langsung ke tujuan, sepanjang jadwal penerbangan tersedia. Target waktu pengiriman adalah dalam kurun waktu 24 jam sejak dari penjemputan di tempat pengirim. Pengirim akan menerima SMS berita keberhasilan pengiriman paket.

Promo ini dimulai pada 8 februari sampai dengan 7 maret 2016, jam 08.00 - 15.00 WIB khusus pengiriman dari dan tujuan Jakarta. Berlaku untuk wilayah walk-in Customer yang datang ke 28 kantor perwakilan JNE di Jakarta atau yang paketnya di pick up. Tarif yang berlaku dalam masa promo ini adalah Rp.40.000,- per kilogram dan besaran berat selanjutnya adalah Rp.4000,- perkilogram.

Acapkali saya mengirimkan barang dengan jumlah besar yang beratnya melebihi 10 kg kepada konsumen. Pada bulan maret 2016 ini JNE menyediakan JNE Trucking yang merupakan layanan pengiriman melalui jalur darat yang saat ini beroperasi sementara untuk wilayah Sumatra, Jawa dan Bali. Berat minimum untuk menikmati layanan ini 10 kg. Dalam pengiriman, truk yang digunakan adalah berjenis Double Decker sehingga paket yang diangkut lebih aman serta meminimalisir resiko kerusakan pada saat proses pengiriman. JNE Trucking memiliki jadwal pengiriman tetap yang tidak peka waktu (tidak melayani pengiriman dalam bentuk makanan yang hanya dapat bertahan selama beberapa jam).

Keuntungan dari JNE Trucking membuat para seller berstatus supplier dapat mengirimkan barang dengan jumlah, ukuran, dan jenis paket yang dapat dikirimkan lebih banyak, besar dan lebih bervariasi. Bahkan dapat melayani pengiriman sepeda motor untuk kategori <150 cc dan >150 cc dengan tarif tersendiri (berbeda dengan tarif kiriman paket). Bagi yang yang berencana pulang kampung dengan membawa kendaraan bermotor, dapat menggunakan layanan ini sehingga tidak perlu mengendarainya dari Jakarta. Estimasi yang dibutuhkan dalam pengiriman berkisar antara 3 (tiga) sampai dengan 7 (tujuh) hari kerja tergantung kota tujuan. Untuk mendapatkan layanan ini, pelanggan dapat menghubungi contact center JNE. 

Terkadang kita kesulitan untuk mendapatkan layanan pengiriman barang ke luar negeri. Layanan pengiriman internasional saat ini sudah tersedia di JNE dengan sebutan JNE International Shipment. JNE dengan gerai yang tersedia cukup banyak di Jakarta tempat saya tinggal akan memudahkan pengiraman paket ke saudari saya yang bekerja di Abu Dhabi. Negara utama tujuan pengiriman JNE, yaitu : negara-negara Asia Pasific seperti Singapore, Tiongkok, dan Hongkong. Pelanggan JNE hanya perlu melakukan trace and track melalui website JNE untuk melihat status update pengiriman mereka. 

Yang saya kagum dari JNE melihat peluang pasar dan membantu pemerintah memberantas CD bajakan, untuk itu JNE membuka layanan CD Musik dimana jaringan JNE yang tersebar di pelosok nusantara dapat dimanfaatkan oleh musisi Indonesia untuk memasarkan karya musiknya. Layanan ini dapat terselenggara berkat kerjasama antara JNE dan KAMI (Kirai Adiwarna Musik Indonesia) sebagai bentuk dukungan JNE terhadap musik Indonesia dan kampanye "Stop CD bajakan". CD Musik Indonesia ini akan dijual di 153 gerai JNE di seluruh Indonesia dan Website Pesona (Pesanan Oleh-Oleh Nusantara).

Kehadiran 7 produk JNE diharapkan membantu masyarakat ,"Tahun lalu november 2015  pada saat usia JNE menempuh 25 tahun, membuat tagline  "Merangkai Nusantara", untuk tahun 2016 JNE menghadirkan 7 magnificent. Diluar sana kita mendengar 7 keajiban dunia, sedangkan jne menghadirkan 7 produk yang memberikan solusi yang terbaik bagi masyarakat. JNE hadir untuk memberikan hidup kita lebih mudah dalam berbisnis dan apapun kegiatan kita. Kami mengharapkan dengan menggunakan fitur-fitur terbaru akan mampu mensupport kehidupan kita sehari-hari"  papar Mohamad Feriadi, Presiden Direktur JNE, di Epicentrum, jakarta. 

[caption caption="Deskripsi : Karyawan JNE yang siap membantu I sumber Foto : JNE"]

[/caption]

Di tahun 2016, JNE berkomitmen melakukan investasi dalam jumlah yang cukup signifikan di bidang Infastruktur dan information Technology (IT) . Alokasi yang digelontorkan tidak main-main, untuk infrastruktur sebesar Rp.400 miliar dan Rp.55 miliar untuk pengembangan bidang tehnologi. 7 Magnificent wujud dari investasi besar tersebut untuk memberikan layanan prima yang salah-satunya kami para seller online.

Tumbuh dan maraknya situs jual-beli online serta berkembang dunia digital begitu cepat, ternyata JNE melakukan inovasi yang cepat pula. Menjual barang dimana pembelinya jauh dari lokasi pedagang pastinya akan menyulitkan, tetapi itu bisa terjawab dengan adanya usaha jasa pengiriman dan pendistribusian barang seperti JNE (www.jne.co.id)

[caption caption="Customer Care JNE"]

[/caption]

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun