[caption caption="Deskripsi : Program televisi Siapa Takut Jatuh Cinta Lagi di JakTV I Sumber Foto : Andri M "][/caption]
Ada berita baik bagi para traveller yang merindukan tayangan menyangkut tema travelling. Akan hadir program televisi dibalut dalam serial drama televisi. Stasiun televisi, Jak tv melakukan kerjasama dengan Tokyo Metropolitan Television Broadcasting atau biasa disebut MX-TV akan berkolaborasi menciptakan pengembangan baru bisnis model siaran televisi. Salah satu langkah awal yang dilakukan adalah memproduksi tayangan program bersama, bertemakan traveling yang diberi judul “Siapa Takut Jatuh Cinta (Lagi)” yang baru saja selesai proses produksinya. Dimana pengambilan gambar dilakukan di kawasan provinsi Aomori, Jepang.
Program televisi yang mengangkat tema travelling saat ini di beberapa televisi saling copy-paste. Mereka menawarkan program jalan-jalan dengan host yang menerangkan sebuah destinasi wisata. Menurut saya ini mulai membosankan karena stasiun-stasiun televisi tersebut menyajikan hampir mirip dan seragam. Sepuluh sampai tiga tahun lalu program televisi bertemakan travelling menjadi bombastis dikalangan anak muda, tetapi ketika video amatir di youtube dan komunitas-komunitas travelling mulai marak, ke bombastisan tayangan tersebut mulai surut. Saat ini travelling menjadi hits karena pergerakan komunitas yang mengumpulkan membernya untuk berbagi informasi di fanpage dan di acara kopi darat (kopdar) serta travelling bersama.
Sebelum masuk lebih jauh, kita harus mengenal dulu apa itu traveller dan travelling. Menurut saya, traveller merupakan kata yang ditempelkan kepada seseorang yang melakukan sebuah perjalanan/jalan-jalan ke suatu tempat. Sedangkan perjalanan yang dilakukan oleh traveller, bahasa bekennya dikenal dengan kata "travelling". Saat ini trend travelling sedang marak dikalangan anak muda. Travel agent dengan menggunakan paket-paket wisata ke berbagai daerah dan negara begitu ngehits dengan sebutan "Open Trip". Selain open trip banyak anak muda juga melakukan travelling tanpa tour agent dengan cara solo travelling, flashpacker dan backpacker. Travelling sekarang bukan lagi kebutuhan tersier tetapi bagi banyak anak muda sudah menjadi hobi dan gaya hidup.
Seorang traveller yang akan melakukan perjalanannya akan melakukan pencarian informasi yang lengkap mengenai destinasi wisata terlebih dahulu. Banyak kejadian para traveller terhipnotis pada sebuah lokasi wisata karena melihat foto, video atau ulasan di media televisi, cetak dan social media. Informasi lainnya juga berasal dari komunitas-komunitas travelling, untuk di Jakarta sendiri ada Couch Surfing, Backpacker Dunia, Backpacker Indonesia regional Jakarta, dan Backpacker Jakarta yang memiliki member 7.054 orang dimana tempat saya berkomunitas.
Tidak hanya itu, banyak destinasi wisata di daerah dan di dunia dikenal oleh masyarakat kita yang hobi travelling dari sebuah kisah roman yang ditampilkan di televisi atau bioskop. Film "5 cm", "Ayat-Ayat Cinta" dan "Eiffel i'm in Love" membuat sebuah destinasi wisata menjadi dikenal dan banyak traveller mejadi kepincut menuju lokasi tersebut. Mereka ingin merasakan sensasi atau kenangan yang ditampilkan seperti di cinema/layar televisi.
Tayangan kisah cinta bersinergi dengan sebuah perjalanan ke lokasi wisata akan menjadi sesuatu yang menarik bagi para traveller. Apalagi bila dikemas dengan sesuatu yang berbeda dan lain dengan program televisi yang pernah ada. Sebuah lokasi yang dikenal tidak hanya sekedar pemandangan akan membuat lokasi tersebut spesial. Sebuah kenangan yang terecord di otak akan membuat sang pengunjung mengkisahkannya ke orang lain. Tidak hanya itu apabila sudah masuk dalam kenangan mungkin menimbulkan sensasi nostalgia yang berujung kembali ke Lokasi tersebut.
Blogger Hadir di Press Confrence
Ketika saya berada di Lot 8 Resto, kawasan SCBD, Jakarta Selatan, untuk mendengarkan penyampaian sebuah program televisi terbaru oleh JakTV, terlihat antusiasme di mata mereka. Mereka begitu ramah menyambut kami para blogger, bahkan tanpa sungkan menyapa kami dengan hangat. Celerina Judisari, Chief Executive Officer Mahaka Pictures dan Sony Soemarsono, General manager JakTV memperlakukan kami tidak berbeda dengan tamu yang lain.
Ada beberapa penyelenggara event-event di Indonesia menganggap remeh terhadap blogger yang dilibatkan. Blogger merupakan warga yang menyampaikan pendapatnya/opininya apa yang dilihat dan dirasakan dan kemudian dituliskan melalui media blog. Acapkali kami dianggap pengincar berita tetapi tidak setara dengan pekerja media, padahal Blogger bukan seorang pekerja media. Blogger berasal dari latar belakang yang beragam yang hobi menulis seperti pelajar / mahasiswa, pekerja, cyber army, dokter, pengusaha, pejabat bahkan mantan pejabat juga ngeblog. Tulisan yang di unggah di blog yang mereka miliki (Blog pribadi, Blogspot, wordpress, kompasiana, blog detik, dll) di moderasi oleh blogger itu sendiri tanpa editor. Walaupun saat ini blogger sudah bisa dijadikan profesi yang full time.
Saya seorang blogger yang menggunakan platform Kompasiana dalam menulis di internet. Kompasiana membentuk diri saya ketika mengikuti sebuah event, apakah itu nangkring, coverage, dan hangout, karena memang bertujuan untuk menambah ilmu dan pengetahuan " it's not all about money or godie bag". Mungkin karena saat ini masih menjadi hobi belum menjadi pekerjaan.
Para blogger saat ini banyak dari kalangan Celebrity dan profesional, contohnya Raditya Dika, Raisa, Joko Susilo, Yusuf Ardi, dan masih banyak lagi. Sedangkan saya sendiri seorang PNS, Seller Online, dan Activis Coin untuk Pendidikan. Untuk itu saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan JakTV kepada kami 6 (enam) blogger yang hadir dari berbagai profesi, aktivitas, platform blog dan gaya menulis. Kami merasa tidak dibeda-bedakan dalam penerimaan sebagai tamu.
[caption caption="Deskripsi : Press Conference JakTV alasan Program televisi Siapa Takut Jatuh Cinta (lagi) l Sumber Foto : Andri M "]
Dalam press confrence, Presiden Direktur Jak TV, Yahya Basalamah mengatakan, "Serial drama televisi terbaru ini merupakan tontonan yang segar bagi audiens JakTV. Kami berharap ini bisa menjadi tontonan yang baru dengan judul yang menarik. Suguhan kepada pemirsa ini merupakan kerjasama yang sangat baik dan pertama antara Jak TV dan MX TV, kedepan akan dikembangkan di program-program berikutnya". tutur Yahya pada saat konferensi pers kerja sama Jak TV-Tokyo MX TV di Kawasan SCBD Jakarta, Jumat (26/2).
Yahya melanjutkan, tayangan ini bagian dari informasi, karena ini adalah tayangan televisi maka harus dikemas secara kreatif bagaimana informasi dapat disukai oleh penonton. Informasi travelling merupakan bagian dari program yang kita lakukan. Usia 18 s/d 25 menjadi target audiens untuk tontonan ini. untuk itu tayangan ini di siarkan pukul 21.30 s/d 23.30 WIB dimana masih belum terlalu larut malam.
"Program ini unik dan berbeda di antara banyak Program travelling di stasiun TV lain. Amori provinsi dijepang, belum cukup dikenal di indonesia. Pada saat disana pemandangan cukup indah dan Cherly harus berjuang terhadap suhu udara min 6 derajat celcius. Tayangan ini disampaikan secara unik dengan kombinasi panorama Jepang yang bersalju dan memakai sudut pandang orang Indonesia. Program ini akan ditayangkan dalam acara bincang-bincang hiburan Trending Topic yang tayang di Jak TV setiap hari pukul 21.30-22.30 WIB. 'Siapa Takut Jatuh Cinta (Lagi)' dibuat dalam enam episode dan tayang pada 29 Februari-4 Maret 2016" ucap Celerina Judisari, Chief Executive Officer Mahaka Picture.
Untuk penayangan perdana tanggal 29 februari 2016 ini, belum ada kegiatan nonton bareng (nobar) bagi para pemirsa program televisi 'Siapa Takut Jatuh Cinta (lagi) ', saat ini hanya penayangan di layar kaca. Siapa Takut Jatuh Cinta (lagi) merupakan program televisi bertema travelling, pastinya tayangan ini menarik bagi Traveller. Pecinta jalan - jalan kawula muda memiliki budaya kumpul bareng / hangout, sepertinya akan mengasyikkan apabila di tonton bersama.
Sinopsis Serial Drama dan Destinasi Wisata Amori
Serial televisi yang diintergrasikan dengan bincang-bincang dan kuis ini menggunakan latar belakang daerah Amori, Jepang. Cheryl adalah gadis Indonesia yang baru saja patah hati karena putus dari pacarnya. Ia mencoba melupakan kekasih lamanya dan mencoba bangkit dari patah hati. Untuk itu ia memutuskan dengan pergi ke Jepang sebagai upaya menyembuhkan sakit hatinya. Suatu hari Cheryl menemukan Kento teman lamanya yang berasal dari Jepang di social media. Mereka pernah sama-sama bersekolah di sebuah sekolah dasar internasional di Jakarta.
[caption caption="Deskripsi : Pemeran utama wanita Cheryl (berkaus putih) bersama jajaran manajemen Mahaka group, JakTV, dan MX TV I Sumber Foto : Andri M "]
Di Jepang mereka bertemu. Cheryl meminta Kento untuk mengantarnya ke tempat-tempat yang belum pernah ia ketahui selama ini. Kento membawa Cheryl untuk melihat salju di kampung halaman ibunya di kawasan provinsi Aomori. Kento teman kecil Cheryl 20 tahun yang lalu, kini merupakan sosok pemuda tampan yang mempesona.
Aomori ternyata juga menghadirkan pesona yang tak disangka-sangka bagi Cheryl. Sejak pertama mencicipi masakan tuna khas Aomori, mengunjungi pasar ikan, relaksasi di spa apel, menjadi ratu di istana Aomori, hingga Kento memperlihatkan pemandangan cantik musim dingin di Aomori. Hamparan salju putih seakan menjadi gambaran hati Cheryl yang kembali bersih dari luka hati yang tersisa. Adalah momen hari Valentine di Aomori seakan merubah segalanya.
[caption caption="Deskripsi : Peta Amori berada di Jepang I Sumber foto : http://www.jalan2kejepang.com/"]
Deskripsi : Peta Amori berada di Jepang I Sumber foto : http://www.jalan2kejepang.com/
Aomori merupakan prefektur yang terletak di bagian paling utara Pulau Honshu. Ibukotanya adalah Kota Aomori yang merupakan kota pelabuhan. Saat berkunjung ke Kota Aomori di musim panas tepatnya di awal Agustus, jangan lupa untuk menonton Nebuta Matsuri. Di festival ini kita akan dibuat takjub dengan parade lampion raksasa berbentuk dewa dan oni dalam mitologi Jepang yang menghiasi langit malam Jepang di musim panas. Tak lupa pula kemeriahan dentuman taiko yang bersahut-sahutan dan para penari yang beraksi di sepanjang parade.
Satu hal lagi yang pasti melekat di benak masyarakat Jepang ketika mendengar kata Aomori adalah Apel! Prefektur ini merupakan penghasil apel terbesar di Jepang. Apel-apel produksi Aomori merupakan yang terbaik di kelasnya, salah satu jenis yang sangat dibanggakan oleh para petani Aomori adalah apel jenis sekaiichi yang berarti nomor satu di seluruh dunia.
[caption caption="Salah satu destinasi wisata di Amori yaitu air terjun ke tingkat / sumber foto http://www.jalan2kejepang.com/"]
Salah satu destinasi wisata di Amori yaitu air terjun ke tingkat / sumber foto http://www.jalan2kejepang.com/
Pegunungan Shirakami-Sanchi di Prefektur Aomori ternyata menyimpan sebuah area trekking yang cocok bagi para pendaki dan backpacker. Lokasi tersebut menjadi permata terpendam dari pegunungan Shirakami-Sanchi berupa air terjun yang dinamai dengan Air Terjun Anmon. Selama pendakian, kita berkesempatan untuk melihat keindahan 3 tingkat Air Terjun Anmon dari beragam sudut pandang. Masing-masing air terjun memiliki tinggi 42 meter, 37 meter, dan 26 meter. Gemericik air beradu dengan suara angin yang tengah berhembus. Ketenangan akan membuatmu terbuai, benar-benar menikmati pendakian bersama keheningan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H