[caption caption="Deskripsi : Kompasiana nangkring bersama JNE I Sumber Foto : Andri.M"][/caption]
PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE)Â yang mengembangkan bisnis industri logistik sudah aku kenal sejak tahun 2010 ketika baru memulai menjadi Pedagang Kaki Lima (PKL) Online. JNE menjadi bagian yang membantu ku mendapatkan penghasilan tambahan selain pekerjaan ku sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di RSKO jakarta. JNE yang ku pilih sebagai jasa pengiriman barang dagangan ku kepada konsumen berupa : pakaian outdoor, sepatu casual, sepatu outdoor dan kacamata outdoor untuk mata minus dan slinder. Aku pilih JNE karena mampu memberikan rasa aman terhadap barang yang dikirim dengan mendapatkan sebuah resi yang dapat aku cek keberadaan barang yang terkirim. Hasil menjadi Pedagang kaki Lima (PKL) Online yang dibantu pengiriman barangnya oleh JNE mampu membuat ku dapat melunasi hutang ku yang menumpuk dan memberi sebuah hunian yang layak di daerah Cikeas.
[caption caption="Deskripsi : Resi JNE saat ku menjadi Pedagang kaki Lima (PKL) Online I Sumber Foto : Andri M"]
Banyak para PKL Online telah mendapatkan manfaat dari usaha jasa pengiriman dan pendistribusian oleh JNE. Tumbuhnya jamur di musim hujan ini dipupuk oleh jasa pengiriman dan maraknya situs jual-beli online serta mudahnya mendapatkan supplier barang. Menjual barang dimana pembelinya jauh dari lokasi pedagang pastinya akan menyulitkan, tetapi itu bisa terjawab dengan adanya usaha jasa pengiriman dan pendistribusian barang seperti JNE.
Perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian ini berdiri pada tahun 1990. Telah genap berusia 25 tahun pada tanggal 26 November 2015 lalu, bapak Soeprapto Suparno mendirikan perusahaan ini dengan nama PT Tiki JNE. Momen seperempat abad usia JNE merupakan perjalanan panjang yang telah membawa JNE pada situasi yang berbeda  dibandingkan ketika masih berpegawai 8 (delapan) orang. Kesuksesan JNE sebagai perusahaan jasa pengiriman dan pendistribusian dapat dilihat dari kuartal ketiga 2015, total pendapatan dari penjualan JNE tumbuh 30 %, dibandingkan dengan periode tahun lalu.Â
Saat ini JNE menjadi perusahaan jasa kurir pengiriman barang tingkat domestik yang terbesar di Indonesia dan berhasil melayani pengiriman barang meliputi hampir disemua daerah di Indonesia. Â Adanya pesaing yang sudah menggunakan aplikasi via smartphone secara online yang juga menyediakan jasa kurir pengiriman barang, menjadi tantangan tersendiri untuk disiasati yaitu dengan inovasi - inovasi baru oleh JNE.
[caption caption="Deskripsi : JNE dan Kompasiana Nangkring I Sumber Foto : Andri M"]
Pada acara Kompasiana Nangkring Bersama JNE  (11/12/15), dengan tema "Industri Kreatif Pada Era Digital", Bapak Mohammad Feriadi, Presiden Direktur JNE mengatakan "Ada produk inovasi baru yang paling akhir dari JNE yang kita buat dimana banyak masyarakat tidak mengetahui  yaitu Penjemputan dan Pengiriman Air SUSU IBU , namanya JESIKA (Menjemput ASI Seketika) dan Pesanan Oleh-Oleh Nusantara dengan nama PESONA. Dua produk inovasi ini dibuat karena keinginan kami untuk bisa membantu masyarakat".
Menurut Bapak Mohammad Feriadi, JNE yang diawali dengan bisnis kurir, logistik, warehouse, dan lain-lain, kedepannya akan hanya fokus pada beberapa bidang saja., Pertama akan fokus pada ekspress bisnis karena lahir dan besar disini., Kedua fokus dibidang logistik karena semakin hari semakin banyak perusahaan  yang mulai meng'outsource' bidang logistik kepada pihak ketiga., dan yang ketiga bisnis freight.
[caption caption="Deskripsi : Tampilan Website JNE terbaru I Sumber Foto : www.jne.co.id"]
Salah satu pengembangan infrastruktur yang diprioritaskan oleh PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) adalah jaringan informasi dan teknologi untuk mendukung website. Pada hari jumat (11/12/15) JNE meresmikan website dengan tampilan terbaru dan tambahan tools didalamnya. Inovasi terbaru dari tampilan website JNE ( www.jne.co.id ).
"Sejalan dengan komitmen kami dalam peningkatan pelayanan, kami mengadakan beberapa peningkatan pada infrastruktur. Termasuk aset digital kami," tutur CEO Grup JNE Abdul Rahim Tahir
Agar produk-produk layanan tersebut berjalan baik, JNE akan berkonsentrasi dan membangun  IT sistem yang mendukung agar dapat berkomunikasi dan berinteraksi secara lebih dekat dengan pelanggan. Aku sudah mengenal JNE sebagai jasa pengiriman yang update terhadap tehnologi yaitu tersedianya sebuah website dimana kita bisa melihat tarif layanan pengiriman, tracking lokasi barang yang sudah terkirim dan lokasi office JNE di kota anda, informasi tersebut dapat dilihat di www.jne.co.id. Yang terbaru dari website JNE yaitu berupa fitur layanan pelanggan yang dirancang secara unik agar pelanggan dapat mengawasi pengiriman dan pengantar secara terupdate.
[caption caption="Deskripsi : JNE Loyality card ( JLC ) Member I Sumber Foto : www.jne.co.id"]
Selain meresmikan website dengan tampilan terbaru dengan tambahan tools didalamnya pada hari jumat (11/12/15), JNE juga memperkenalkan JNE Loyality Card (JLC) Membership. JLC adalah sebuah program yang bertujuan untuk membangun database dan profil dari walk in customer yang melakukan transaksi di seluruh counter JNE. Costumer dengan memiliki JLCÂ akan mendapatkan keuntungan dari pengumpulan poin seperti hadiah menarik, diskon di merchant dan keuntungan lainnya. Untuk bergabung menjadi member JLC, kunjungi website www.jne-jlc.com atau hubungi JLC Call Center 0828-1794-8899 untuk informasi lebih lanjut.
CEO Grup JNE Abdul Rahim Tahir mengatakan, "JNE menanamkan modal investasi sekitar Rp.55 miliar yang akan digunakan untuk pengembangan teknologi, dan sebagian besar akan digunakan untuk pengembangan infrastruktur. Infrastruktur yang saya maksud yaitu dengan penambahan jumlah outlet / office JNE yang sekarang ini sudah mencapai 5 ribu outlet dan rencanya kami berkomitmen untuk menambah 500 titik layanan JNE di seluruh Indonesia dari kota besar sampai kecamatan yang di targetkan rampung di tahun 2018," pungkasnya.
Sebagai seorang seller kemudahan mencari lokasi outlet merupakan keuntungan, karena banyak seller online yang menggunakan sistem reseller dan dropshipper. Dengan kaki-kaki penjualan yang tersebar diberbagai lokasi ini apabila mereka berada di lokasi yang jauh dari outlet maka arus penjualan barang juga akan tersendat. Dengan penambahan outlet maka akan membantu para reseller dan dropshipper mengirimkan barang dagangannya. Dengan quote "JNE Accros Nation" sunggulah tepat.
[caption caption="Deskripsi : Kang Pepih Ultah di Kompasiana Nangkring I Sumber Foto : Andri M"]
[caption caption="Deskripsi : Para blogger Kompasiana di Kompasiana Nangkring bersama JNE I Sumber Foto : Andri M"]
Di akhir acara Kompasiana Nangkring bersama JNE dengan tema "Industri Kreatif Pada Era Digital" ada yang spesial, tepat hari penyelenggaraan COO Kompasiana Kang Pepih Nugraha ulang tahun dan sebuah kehormatan bagi kami kompasianers yang hadir ikut merayakannya serta tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada JNE sebagai patner Kompasiana memberikan waktu dan tempat di stage acara.Â
Perusahan yang sehat dan baik adalah perusahan yang mengejar kesempurnaan. Kata mengejar berarti mendekati, bukan berarti akan menjadi sempurna karena kesempurnaan hanya milik ALLOH SWT. JNE melakukan itu dengan inovasi-inovasi yang mampu menjadi perusahaan jasa pengiriman dan distribusi barang yang tercaya. Selamat untuk 25 Tahun JNE hadir di Indonesia dan mampu menembus batas negeri.
[caption caption="Deskripsi : No Kontak JNE I Sumber Foto : www.jne.co.id"]
JNE ACROSS NATION
Â
[caption caption="Deskripsi : Karyawan JNE yang siap menyambut anda I Sumber Foto : www.jne.co.id"]
Â
Â
Â
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H