Mohon tunggu...
Raka WiraSatria
Raka WiraSatria Mohon Tunggu... Freelancer - "ku seorang masyarakat biasa yang peduli dengan lingkungan sosial"

Jika kamu mendaki gunung, jangan terlalu fokus ingin sampai hingga tujuan, karena saat melewati proses perjalanannya, disitulah kita belajar untuk menikmati pemandangan disekitarnya.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Literasi Media Serta Peranan Jurnalisme Online di Tengah Kehidupan Masyarakat

4 Mei 2020   06:21 Diperbarui: 4 Mei 2020   07:02 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Assalamualaikum Wr. Wb.


Halo sobat perkenalkan nama saya Raka Wira Satria, saya berasal dari Kota Jakarta, kesibukannya saat ini saya masih duduk di bangku perkuliahan semester 6 jurusan jurnalistik di salah satu perguruan tinggi swasta di DKI Jakarta. Dan disini saya akan berbagi sedikit pengalaman saya mengenai ketertarikan saya terhadap jurnalisme online.

Seperti yang sobat ketahui bahwa zaman sekarang sudah banyak sekali beragam konten yang dihadirkan dalam dunia maya karena siapapun bisa mengaksesnya dengan cepat, mudah, serta pemakaiannya pun praktis, cukup dengan modal memiliki Handphone serta quota internet sobat sudah bisa mengakses beragam situ media online dengan sajian yang beragam. Bisa mengakses informasi tentang dunia ekonomi, politik, sosial, hobi, olahraga, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Selain saya melakukan kegiatan perkuliahan kebetulan saya sekarang juga sedang disibuki dengan kegiatan magang di salah satu perusahaan media yang bergerak dalam bidang produksi media cetak, online, dan konten Youtube. 

Media tersebut bernama Obsession Media Group, dimana media tersebut memiliki 5 Produksi diantaranya adalah majalah Men’s Obsession dan Women’s Obsession, Online media seperti obsessionnews.com, muslim obsession.com, serta TV OMG dimana chanel tersebut bisa diakses di Youtube.

Nah sekarang saya coba memfokuskan ke salah satu titik saja yaitu media online. Disini saya hanya sekedar berbagi pengalaman aja ya sobat dan mungkin pengalaman saya juga masih perlu banyak digali kembali, jadi biar lebih santai kita bahas sambil seperti bercerita saja ya sobat hehe.

Sebenarnya saya salah satu pribadi yang kurang suka membaca apalagi kalau bacaannya itu berisikan teks saja hehe mulut saya langsung auto menguap. 

Namun, setelah adanya kehadiran dunia digital dimana setiap orang bisa mengakses informasi dengan mudahnya dalam internet, dari fenomena sinilah saya terbangun bahwa ternyata membaca itu penting banget sobat buat nambah ilmu pengetahuan umum sobat.

Jadi ketika ada kabar update pas sobat lagi ngumpul bareng sama teman-teman ga kudet-kudet banget pas nimbrung ngobrolin isu yang lagi hangat. Sehingga obrolan sobat akan semakin seru jika isian obrolannya berbobot dan informatif.

Di era milenial saat ini sobat udah ga heran lagi kalau dimana-mana sobat perhatikan setiap orang selalu megang Handphone di tangan kanannya. Hehehe teringat zaman dulu pas saya masih duduk di bangku SD hingga SMP sekitar tahun 2006-2009, orang orang masih menggunakan HP Nokia yang terkadang masih layarnya hitam putih dan berkembang menjadi HP yang memiliki kamera belakang.

Saat zaman itu informasi masih sulit untuk diakses dari internet meski internet sudah ada namun masih banyak provider yang belum menawarkan paketan Internet yang murah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun