REVIEW ARTIKEL JURNAL ILMIAH
 Identitas Mahasiswa :
 Nama         : I Kadek Raka Pramana
NIM Â Â : 2012091007
Jurusan : Filsafat Timur
Subject/topic/area of interest
Nama jurnal   : JAYA PANGUS PRESS Vol. 6 No. 4, 2022
Judul artikel   : Metode Pembelajaran Filsafat Hindu (Studi Teks Filsafat India Klasik dan Proyeksinya pada Pembelajaran Filsafat Hindu Dewasa ini)Â
Penulis       : Ni Kadek Surpi,  I Ketut Ardana
Metode           : Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan fokus pada teks. Penelitian teks pada dasarnya adalah analisis data yang mengkaji isi dan makna teks, serta struktur dan wacananya. Data diperoleh melalui studi literatur, data kualitatif berupa teks telah diuji melalui cara kerja filologi, meskipun tidak seketat kajian filologi pada umumnya prinsipprinsip filologi sedapat mungkin digunakan dalam penelusuran data teks. Berdasarkan analisis filologi bahwa teks yang digunakan adalah teks yang telah diterbitkan dan telah mengalami kritik teks, di samping juga teks atau manuskrip yang belum diterbitkan. Selanjutnya terhadap manuskrip, ditempuh upaya membandingkan beberapa manuskrip agar ditemukan data yang lebih lengkap dan valid.
Isi ringkas artikel     : Janaka atau pembagian ilmu sangat penting dalam sejarah peradaban sanatana dharma. Berdasarkan kronologi yang diungkapkan Pandit (2006), aktivitas filsafat sudah sangat tua. Buku ra yaka, yang merupakan interpretasi filosofis dari himne kultus, ada pada era Brahmana (2000-1500 SM). Periode ini diikuti oleh era stra (1500-500 SM), di mana stra-stra Brahm disusun, dan enam filosofi Hindu berkembang. Buddhisme dan jainisme juga hadir pada masa ini. Oleh karena itu, aktivitasfilosofis sudah sangat tua dan bahkan merupakan bagian integral dari peradaban Hindu. Pembelajaran praana-tray, nvkik dan puncaknya Vedic Hermeneutic justru sangat penting di jaman ini. Umat Hindu di Indonesia mestinya mampu memberikan kontribusi bagi negara dengan upaya membangun masyarakat yang literat serta cendikiawan yang mampu berkarya pada berbagai bidang. Sebagaimana nvkik merupakan cahaya ilmu pengetahuan yang telah dinyalakan oleh Ri-Ri jaman Veda, dijaga oleh crya pada masa klasik, di masa modern diperlukan banyak pemikir dan cendekiawan yang mampu mengeksplorasi berbagai pengetahuan yang sangat berguna dalam menciptakan kemajuan dan mendorong kebajikan. Pendidikan adalah jalur yang sangat terang guna membangun peradaban. Sebagimana data tingkat literasi Indonesia yang masih rendah, maka umat Hindu dapat berkontribusi pada bidang ini dengan upaya membangun komunitas yang literat serta mencetak cendekiawan-ilmuwan yang mampu berkontribusi bagi negara.
Objek formal : Filsafat Hindu
Objek Material : Studi Teks Filsafat India Klasik dan Proyeksinya pada Pembelajaran Filsafat Hindu Dewasa ini
Pandangan Akademik : Melalui artikel ini dapat dipelajari bahwa pemahanan konsep Tuhan dengan penalaran sangat membantu untuk jaman ini dibandingkan menggunakan dogma dan apologi. Sehingga, filsafat ketuhanan sesungguhnya dapat menjadi kekuatan dari Sanatana Dharma, mengajarkan kita untuk beriman itu tidak ngawur, tidak membabi buta. Bahwa beriman kepada Tuhan
Keunggulan : Keunggulan dari artikel ini memberikan pelajaran dan pengajaran mengenai bagaimana metode dari mempelajari Filsafat hindu dari masa klasik india dan mengimplementasikan kedalam masa sekarang.