Kita ketahui bersama bahwa pendidikan di tanah air ketika masa pandemi covid-19 sangat-sangat memperhatinkan bagi kelangsungan pengembangan baik itu pengetahuan murid-murid kita dan juga karakter yang ada pada diri murid-murid kita.Ketika pandemi melanda di seluruh dunia prose untuk memberikan materi yang sipatnya mendalam kepada murid-murid kita menjadi terbatas.Karena kita harus memikirkan keselamatan untuk semuanya.Begitu juga dengan dunia pendidikan.Hari ini kita harus menggembalikan kembali pendidikan yang sudah jauh dari harapan kita bersama.
Kita sadari secara bersama bahwa"Sehabat apapun tehknologi tidak akan pernah mampu untuk mengantikan sosok se orang guru."Dalam hal ini untuk memulihkan pendidikan menjadi lebih terukur,terarah maka sosok seorang guru sangatlah penting.Guru dalam memberikan suatu pengajaran materi sudah tentu banyak trik-triknya untuk dapat menumbuhkembangkan karakter murid-muridnya yang berbeda-beda latar belakangnya.Aplikasi hanya memberikan pemahaman untuk kita pelajari dan kitalah sebagai seorang pendidik untuk menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan harapan dan keinginan murid-murid kita.
Dalam konteks tentang Kurikulum Merdeka untuk kita ketahui bersama-sama bahwa tujuan utama dari Merdeka Belajar adalah untuk mendorong perbaikan kualitas serta pemulihan dari krisis pembelajaran dimasa pandemi. Jika pemulihan ini tidak segera kita atasi secara bergotong royong bersama,maka pendidikan di Negeri kita akan jauh dari apa yang kita harapkan.
Pada tahun 2022/2023 Kemendikbudristek telah memberikan kewenangan penuh pada satuan pendidikan untuk memilih atau menerapkan Kurikulum Merdeka atas dasar kesiapan dan kesanggupan satuan pendidikan itu sendiri. Di dalam penerapan Kurikulum Merdeka ada tiga keunggulanya bagi satuan pendidikan di antaranya adalah :
1. Kurikulum Merdeka fokus pada materi esensial maksudnya adalah kita sebagai seorang guru tidak terlalu terburu-buru dalam mengajar, dan guru juga dapat memperhatikan proses pembelajaran bagi murid-murid secara mendalam.
2. Kurikulum Merdeka memberikan jam pelajaran khusus bagi pengembangan karakter murid-murid melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
3. Kurikulum Merdeka juga memberikan fleksibilitas bagi satuan pendidikan untuk merancang kurikulum oprasionalnya sendiri dan bagi guru untuk dapat menyesuaikan tingkat pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan dan harapan murid-muridnya.
Kurikulum Merdeka telah memberikan leluasa kepada satuan pendidikan untuk menerapkan dengan tingkat yang berbeda-beda sesuai dengan kesiapannya masing-masing satuan pendidikan.
Untuk mewujudkan semua harapan yang kita inginkan bersama-sama tentang dunia pendidikan,maka dalam hal ini kita tidak berjalan sendiri,akan tetapi kita diberi pemahaman melalui Pelatihan Mandiri di Paltform Merdeka Mengajar(PMM).Untuk mendukung semua ini tentang Kurikulum Merdeka maka kita sebagai pendidik harus siap menerima perubahan yang sesuai dengan zamanya murid-murid kita.Bapak Pahhlawan Pendidikan kita Bapak Ki Hadjar Dewantara berharap agar kita sebagai seorang pendidik dapat memberikan keselamatan kepada murid-murid kita sesuai dengan kodranya,dapat memberikan ilmu yang berfaedah,dapat memberikan kebahagia dan keselamatan kepada murid-murid kita.Kita adalah contoh bagi murid-murid kita,maka dari itu kita harus siap dengan pradigma baru didunia pendidikan.Apa yang kita lakukan hari ini dan akan datang hanya demi harapan murid-murid kita.
Di SD Negeri 010 Kundur Barat Jl.Hang Kasturi Komp.Timah.Tbk Desa Gemuruh Kabupaten Karimun Provinsi Kepualau Riau terus melakukan perubahan untuk memenuhi harapan murid-murid sebagai kelangsungan hidupnya kelak.Harapnya ketika murid-murid kita yang kita berikan pengajaran yang sesuai dengan karakter dirinya dan dengan latar belakang yang berbeda-beda kelak dapat mengenal karakternya sendiri yang ia miliki.Sehingga ketika murid-murid kita kemabali dilingkungan masyarakat ia akan dapat menempatkan dirinya sesuai dengan potensi yang ia miliki.
Untuk mewujudkan cita-cita ini serta harapan murid-murid SD Negeri 010 Kundur Barat kami sebagai Kepala Satuan Pendidikan terus melakukan trobosan baru yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka yaitu Merdeka Bealajar.Agar ini dapat dirasakan oleh semua murid-murid dengan latar belakang yang berbeda serta potensi yang berbeda-beda maka kami melakukan kolaborasi bersama-sama yang peduli terhadap dunia pendidikan.
Kami juga mengali pendidikan murid-murid di lingkungan keluarga karena Pendidikan yang mendasar bagi seorang anak adalah pendidikan di lingkungan keluarga."Dengan melakukan kolaborasi bersama orang tua hebat SD Negeri 010 Kundur Barat kami sebagai satuan pendidikan akan mengetahui kebutuhan anak-anaknya,sehingga pendidikan yang diberikan sejalan.
Ketika kita bersama-sama dalam memberikan penguatan,pemahaman,keterampilan dan lainya sebagai pendukung pengembangan karakter murid-murid kami,kami akan selalu melibatkan orang tua hebat untuk salaing berbagai ilmu pengetahuan,untuk kelangsungan pengembangan diri anaknya secara berkelanjutan.Kami juga membentuk orang tua hebat sebagai penggerak komunitas untuk di SD Negeri 010 Kundur Barat untuk terus secara bersama-sama peduli tentang pendidikan anak-anaknya.
Saya sebagai kepala satuan pendidikan memberikan arahan atau penguatan kepada guru penggerak,wali kelas penggerak untuk bersama-sama tergerak,bergerak, dan menggerakkan orang tua hebat untuk membuka mata hati,pikiran,langkah agar bersama-sama dapat ikut mengembangkan potensi yang dimiliki anak-anaknya.Alahamdulillah harapan ini telah terwujud.Berbagai kegiatan yang kami lakukan sebagai Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila terlaksana dengan baik,luar biasa.Kami juga membawa orang tua hebat sebagai penggerak untuk membuka pandangan orang tua yang lainnya untuk mewujudkan Kurikulum Merdeka dan harapan Bapak Pahlawan kita Ki Hadjar Dewantara,"ayo kita bergerak bersama-sama."
Guru-guru SD Negeri 010 Kundur Barat juga menjadi penggerak dalam Komunitas Belajar,baik di komunitas mata pelajaran PJOK,KKG dan lainnya untuk menumbuh kembangkan wawasan dan saling berbagi praktik baik tentang ilmu pengetahuan,sehingga sama-sama mendapat faedah untuk keselamatan murid-murid.Di SD Negeri 010 Kundur Barat juga ada 2 guru penggerak yang terus memberikan inspirasi,motivasi,kreatifi pada rekanannya untuk bersama-sama mewujudkan praktik baik.
Ketika kita bergerak bersama-sama baik itu guru hebat,komite hebat,orang tua hebat dan pemangku kepentingan lainya maka pendidikan akan menjadi lebih baik,karena kita sama-sama peduli untuk keselamatan anak bangsa dan juga Negeri yang kita cintai.Sudah saatnya kita menghipnotis diri kita dengan berbagi praktik baik.
Untuk menggerakkan berbagi praktik baik di keluarga besar SD Negeri 010 Kundur Barat,saya sebagai kepala satuan pendidikan selalu memberikan penguatan,mendukung penuh kegiatan yang berpusat pada murid dan berpihak kepada murid.Saya juga terus belajar,belajar menjadi pribadi pembelajar sehingga saya menjadi Narasumber Berbagi Praktik Baik tentang Kurikulum Merdeka di Lingkungan Pemerintah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karimun untuk menyebarkan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka bagi saatuan pendidikan yang baru menjalani Kurikulum Merdeka.
Kolaborasi bersama orang tua hebat sebagai penggerak ,untuk dapat memberikan faedah kepada murid-murid terus kami lakukan secara bersama-sama.Kami berikan peluang sepenuhnya kepada orang tua hebat,guru hebat,murid-murid hebat untuk menuangkan,meluahkan pemikirannya yang kreatif,inovatif,berkarya,trampil,inspirasi,untuk melakukan suatu tindakan positif yang menjadi penunjang potensi yang ada pada dirinya untuk dikembangkan dan dipragakan secara terbuka,sehingga masyarakat melihat bahwa pendidikan yang kami berikan berpihak sepenuhnya kepada murid-murid, dan mendapatkan faedah ketika kembali menjadi masyarakat.
Ketika orang tua hebat mendukung penuh kegiatan pengembangan diri secara berkelanjutan untuk anak-anaknya,maka segala potensi akan dapat kita gali dengan baik sebagai kelangsungan hidupnya kelak.Murid-murid kita sudah kenal akan jati dirinya yang sesuai dengan potensi yang ia miliki.Karena potensi murid-murid kita sudah ada dari sejak lahir,hanya tinggal kita sebagai seorang guru untuk mengasah mengasuh potensi tersebut menjadi berguna dan memberikan keselamatan,kebahagian yang hakiki.
"Jika kita siap menjadi seorang guru,berarti kita selalu siap menerima perubahan di dunia pendidikan yang sesuai dengan zamanya."Jadilah guru pembelajar untuk dapat menunjuk ajar berbagi praktik baik sebagai suatu wujud tau akan diri dan potensi(Raja Zainol Afandi)."
Celoteh Anak Pesisir Pulau Tentang Kurikulum Merdeka
Sanglar,15 Maret 2023
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H