Di era digital yang semakin maju ini, persaingan bisnis juga semakin ketat. Penting sekali untuk menerapkan strategi pemasaran online agar jangkauan bisnis menjadi semakin luas. Salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif adalah Search Engine Marketing (SEM). SEM melibatkan penggunaan mesin pencari, seperti Google, untuk mempromosikan bisnis dan mendapatkan lalu lintas pengunjung yang relevan.
Mengetahui Efektivitas SEM untuk Bisnis
Dengan menggunakan SEM, bisnis memiliki kesempatan untuk muncul di bagian atas halaman hasil pencarian mesin pencari untuk kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Hal ini memberikan keunggulan kompetitif yang besar, karena pengguna internet cenderung memilih tautan yang terletak di bagian atas hasil pencarian.
Dilansir dari website Digiten.id, SEM memang sangat efektif untuk perkembangan bisnis. Berikut adalah beberapa alasannya :
Meningkatkan Brand Awareness
SEM terbukti bagus untuk meningkatkan brand awareness. Dengan munculnya di bagian atas halaman hasil pencarian, bisnis dapat memperoleh paparan maksimal di antara calon pelanggan potensial. Ketika pengguna melihat iklan atau tautan yang relevan dengan kata kunci yang sedang dicari, maka pengguna akan mulai mengenali merek dan mengetahui keberadaan dari bisnis Anda.
Dengan penggunaan kata kunci yang tepat, Anda dapat memperluas jangkaun bisnis ke audiens secara lebih luas.
Hasil Lebih Cepat dari SEO
SEO menjadi teknik yang efektif dalam digital marketing, tapi SEM memberikan hasil yang lebih cepat. Ini berlaku ketika Anda merilis iklan berbayar dan website bisa muncul di mesin pencari. Dalam strategi SEO, membutuhkan waktu dan upaya yang signifikan untuk meningkatkan peringkat organik di mesin pencari.
Namun, dengan menggunakan SEM dan iklan berbayar, bisnis dapat segera muncul di halaman hasil pencarian dengan kata kunci yang relevan. Hal ini memberikan keuntungan langsung dalam mengarahkan lalu lintas pengunjung ke situs web mereka.
Selain itu, dengan SEM, bisnis memiliki kontrol penuh atas penayangan iklan. Anda dapat memperpanjang penayangan iklan di halaman pertama hasil pencarian atau menghentikan iklan kapan saja sesuai kebutuhan dan anggaran pemasaran. Dengan demikian, SEM memberikan fleksibilitas yang tinggi dalam mengatur dan mengelola kampanye iklan untuk mencapai tujuan pemasaran secara efisien.
Menentukan Target Audiens
Anda juga bisa menentukan target dengan lebih spesifik dengan SEM. caranya yaitu menentukan karakteristik dari target di Google Ads. Anda dapat menentukan dari gender, usia, lokasi, hingga jadwal. Dengan menarget audience dengan spesifik, maka iklan Anda bisa memperoleh pelanggan potensial dengan sasaran yang tepat. Iklan Anda akan efektif dalam meningkatkan penjualan produk maupun jasa.
Bisa Mengontrol Budget
Kelebihan selanjutnya adalah, Anda bisa mengontrol budget dalam penerapan SEM. Dalam SEM, Anda memiliki fleksibilitas untuk menentukan anggaran harian atau total anggaran yang ingin Anda alokasikan untuk kampanye iklan.
Hal ini memungkinkan Anda untuk mengontrol pengeluaran pemasaran secara efektif dan mengoptimalkan penggunaan anggaran yang dimiliki. Selain itu, dengan melihat hasil dan performa kampanye secara real-time, Anda dapat mengidentifikasi apa yang bekerja dan melakukan penyesuaian yang diperlukan untuk mencapai hasil yang lebih baik.
Semoga bermanfaat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H