Mohon tunggu...
Rais Nur Arief
Rais Nur Arief Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Menyalurkan hobi menulis disini. Bergerak di bidang digital (www.digiten.id), florist (www.athaya.co.id) dan konveksi (www.besmile.co.id).

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Efektivitas Search Engine Marketing untuk Bisnis

29 Mei 2023   19:47 Diperbarui: 29 Mei 2023   19:51 262
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di era digital yang semakin maju ini, persaingan bisnis juga semakin ketat. Penting sekali untuk menerapkan strategi pemasaran online agar jangkauan bisnis menjadi semakin luas. Salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif adalah Search Engine Marketing (SEM). SEM melibatkan penggunaan mesin pencari, seperti Google, untuk mempromosikan bisnis dan mendapatkan lalu lintas pengunjung yang relevan.

Mengetahui Efektivitas SEM untuk Bisnis

Dengan menggunakan SEM, bisnis memiliki kesempatan untuk muncul di bagian atas halaman hasil pencarian mesin pencari untuk kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Hal ini memberikan keunggulan kompetitif yang besar, karena pengguna internet cenderung memilih tautan yang terletak di bagian atas hasil pencarian.

Dilansir dari website Digiten.id, SEM memang sangat efektif untuk perkembangan bisnis. Berikut adalah beberapa alasannya :

Meningkatkan Brand Awareness

SEM terbukti bagus untuk meningkatkan brand awareness. Dengan munculnya di bagian atas halaman hasil pencarian, bisnis dapat memperoleh paparan maksimal di antara calon pelanggan potensial. Ketika pengguna melihat iklan atau tautan yang relevan dengan kata kunci yang sedang dicari, maka pengguna akan mulai mengenali merek dan mengetahui keberadaan dari bisnis Anda.

Dengan penggunaan kata kunci yang tepat, Anda dapat memperluas jangkaun bisnis ke audiens secara lebih luas.

Hasil Lebih Cepat dari SEO

SEO menjadi teknik yang efektif dalam digital marketing, tapi SEM memberikan hasil yang lebih cepat. Ini berlaku ketika Anda merilis iklan berbayar dan website bisa muncul di mesin pencari. Dalam strategi SEO, membutuhkan waktu dan upaya yang signifikan untuk meningkatkan peringkat organik di mesin pencari.

Namun, dengan menggunakan SEM dan iklan berbayar, bisnis dapat segera muncul di halaman hasil pencarian dengan kata kunci yang relevan. Hal ini memberikan keuntungan langsung dalam mengarahkan lalu lintas pengunjung ke situs web mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun