Di era digital yang semakin maju, tentunya apapun dilakukan dengan melibatkan peran digital. Dalam dunia bisnis, digital marketing telah menjadi salah satu kunci utama dalam meningkatkan omset. Dilansir dari www.digiten.id, penggunaan  digital marketing memiliki potensi besar untuk mencapai audiens yang lebih luas dengan menggunakan strategi dan teknik yang tepat. Digital marketing juga bisa mengoptimalkan keuntungan bisnis dan membangun hubungan dengan pelanggan potensial. Lalu, bagaimana cara meningkatkan omset bisnis melalui digital marketing?
Bagaimana Cara Meningkatkan Omset Lewat Digital Marketing?
Ingat, omset berbeda dengan profit. Omset merupakan jumah uang yang akan Anda terima dalam suatu periode waktu penjualan. Sedangkan profit atau keuntungan merupakan selisih antara biaya dan pendapatan.
Profit akan semakin besar jika omset yang Anda dapatkan juga besar. Anda bisa menerapkan beberapa cara untuk meningkatkan omset melalui digital marketing berikut ini:
Memperkuat Branding
Hal yang pertama adalah memperkuat branding. Brand yang kuat bisa berpengaruh untuk mendukung penjualan produk. Brand yang kuat juga bisa mengamankan harga dari produk Anda. Di era sekarang ini, memperkuat branding produk bisa Anda lakukan lewat media sosial.
Media sosial telah menjadi platform yang sangat kuat untuk membangun citra merek dan berinteraksi dengan pelanggan potensial. Dengan menggunakan media sosial secara efektif, Anda dapat menghadirkan merek Anda di hadapan audiens yang luas.
Memberikan Penawaran Khusus
Selanjutnya adalah memberikan penawaran atau diskon khusus. Anda bisa memberikan diskon yang terbatas sehingga bisa mempengaruhi keputusan pembelian. Salah satunya dengan memanfaatkan momen 3.3, 4.4, atau kapanpun waktu yang Anda inginkan. Intinya, berikan penawaran khusus untuk tanggal tertentu yang bisa mempengaruhi pelanggan potensial untuk melakukan pembelian.
Sistem Membership
Sistem membership bisa membuat pelanggan melakukan repeat order karena ada penawaran menarik tertentu. Dengan menerapkan program keanggotaan atau keanggotaan berlangganan, Anda dapat mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian berulang. Dalam sistem ini, pelanggan yang menjadi anggota akan mendapatkan manfaat eksklusif, seperti diskon khusus, akses ke produk atau konten yang terbatas, pengiriman gratis, atau hadiah khusus lainnya.
Memanfaatkan Email Marketing
Tips selanjutnya adalah memanfaatkan email marketing untuk meningkatkan omset penjualan. Email marketing tetap menjadi salah satu alat pemasaran digital yang efektif untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung dan mempromosikan produk atau layanan Anda.
Dengan strategi yang tepat, email marketing dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih intim dengan pelanggan, mengingatkan mereka tentang produk atau penawaran terbaru, serta mengarahkan mereka untuk melakukan pembelian.
Website Development
Anda juga bisa mengembangkan website untuk meningkatkan omset bisnis. Dengan memiliki website yang responsif dan menarik, Anda dapat menampilkan produk atau layanan Anda secara lengkap, menyediakan informasi yang relevan bagi pelanggan, dan memberikan pengalaman yang memuaskan.
Apapun langkah yang ingin Anda ambil, jangan sampai sembarangan dalam melakukannya. Alih-alih meningkatkan omset anda bisa jadi malah mengeluarkan banyak biaya yang sia-sia bila salah langkah. Semoga bermanfaat!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H