Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya (FIA UB) kembali menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat atau Kuliah Kerja Nyata Tematik (PKM/KKNT) dimana kegiatan ini merupakan kegiatan yang diwujudkan dalam bentuk perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi.Â
Kelompok dalam PKM/KKNT ini terbagi ke dalam 60 kelompok yang ditempatkan di 60 desa Kabupaten Malang. Salah satu kelompok yang mendapatkan tugas PKM/KKNT ditempatkan di Desa Sukonolo, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang.
Kelompok ini mengusung tema "Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan dan Optimalisasi Digital Marketing pada Desa Sukonolo" yang mendapat bimbingan langsung dari Lestari Eko Wahyudi, S. AP., M. AP., selaku dosen FIA UB dan Zainal Abidin, sebagai Sekretaris Desa dan Pendamping Lapangan Kelompok. Kelompok ini menginisiasi dua program utama beserta beberapa program pendukung.Â
Salah satu program utama yang diinisiasikan oleh Kelompok PKM/KKNT ini adalah Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan Desa Sukonolo. Program ini di inisiasi dengan tujuan menguatkan tata kelola pemerintah desa dengan mengembangkan website Desa Sukonolo dan mengorganisir sistem keuangan Desa Sukonolo.
Program peningkatan Tata Kelola ini dilaksanakan selama 3 minggu. Teknologi informasi dan komunikasi yang diharapkan dalam peningkatan ini adalah teknologi yang tanpa batas jarak dan waktu di mana pun dan kapan pun dapat memberikan pelayanan dan informasi kepada seluruh masyarakat, dimana teknologi pada saat ini sudah banyak menyebar dikalangan masyarakat dan dipilih sebagai sarana informasi dan komunikasi yang efisien yaitu layanan internet seperti website desa.Â
Pembuatan website Desa Sukonolo diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mengetahui secara langsung terkait dengan informasi desa seperti profil desa meliputi visi dan misi, monografi, dan lain sebagainya serta data kependudukan, kabar desa, dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) serta realisasi APBDesa setiap tahunnya.
Dalam minggu pertama, program ini dilaksanakan pada hari Selasa (21/06/2022) Kamis (23/06/2022). Pada hari pertama, kelompok ini melakukan wawancara dengan perangkat desa mengenai monografi desa, pelayanan desa, sistem pemerintahan desa, dan potensi desa.
Keesokan harinya, terdapat kegiatan mengorganisir dan memperbaiki sistem keuangan desa yang kemudian dapat dimasukkan ke dalam website Desa Sukonolo. Pengorganisasian sistem keuangan desa yang dimaksud adalah Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) serta realisasi APBDesa di tahun 2022 ini. Pembuatan website dan pengisian website dilakukan di hari terakhir di minggu pertama.
Pada Rabu (06/07/2022) Kamis (07/07/2022), kegiatan dilanjutkan dengan program peningkatan tata kelola yang belum selesai di minggu sebelumnya. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu yaitu mewawancarai perangkat desa di bagian administratif mengenai pelayanan desa dan syarat untuk menerima pelayanan desa.
Kemudian hasil wawancara tersebut dimasukkan ke dalam website Desa Sukonolo yang kini dapat diakses melalui www.portalsukonolo.wordpress.com. Setelah pembuatan dan pengisian website selesai, kegiatan dilanjutkan dengan membuat buku pedoman penggunaan website Desa Sukonolo. Buku Pedoman ini berisikan cara-cara untuk menggunakan website, mengunggah berita terbaru, dan mengoperasikan website tersebut.
Di minggu terakhir atau minggu ketiga, telah dilaksanakan Sosialisasi website Desa Sukonolo yang diadakan pada Kamis (14/07/2022) bertempatkan di Balai Desa Sukonolo. Acara ini berlangsung dengan durasi selama 2 jam, mulai dari pukul 09.00-11.00 WIB, sosialiasi ini dihadiri oleh 7 perangkat desa. Kegiatan yang dilakukan selama sosialisasi ini yaitu memberikan informasi kepada perangkat desa mengenai tutorial penggunaan dan pengorganisasian website, tutorial mengunggah laman dan berita terkini, serta dokumentasi yang dapat diunggah di galeri website.
Kegiatan ini memberikan informasi penerapan E-Governance dalam meningkatkan dan mengembangkan tata kelola desa. Penerapan ini melalui pengadaan website dapat mempermudah pencarian informasi mengenai Desa Sukonolo dan pelayanan perangkat desa.Â
Hasil yang dicapai dari program kerja yang dilaksanakan tersebut yaitu meningkatkan pelayanan publik dan efisiensi waktu dimana dalam hal ini warga dapat mengakses secara langsung pra syarat apabila ingin melakukan pendaftaran administrasi di kantor pelayanan balai desa. Secara umum dari hasil sosialisasi website kepada perangkat desa tersebut telah memenuhi target dimana perangkat desa tersebut dapat menggunakan website desa dan mempermudah administratif desa.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H