Raihan dhiaul badr                                               UTS/CW/IK5 Â
41822170 Â
 Â
Perjuangan ridwanullah SE dalam mewujudkan harapan melalui Pendidikan Â
berkualitas Â
 Â
 Â
biografi Â
Di sebuah desa kecil yang terletak di kaki pegunungan, lahirlah seorang lelaki hebat bernama Ridwanullah. Dan Desa Caringin Wetan menjadi saksi perjalanan hidup yang penuh makna. Lingkungan di sekitar sangat mendukung dengan masyarakat yang saling mengenal dan menghormati satu sama lain. Ridwanullah sejak kecil tumbuh dalam suasana yang positif di mana nilai-nilai solidaritas dan gotong royong ditanamkan pada setiap individu. Â
Masa kecil Ridwanullah penuh dengan kenangan indah yang tak terlupakan dia dibesarkan dalam keluarga yang sederhana namun penuh kasih sayang. walaupun orang tuanya tidak mengenyam Pendidikan formal mereka selalu menekankan pentingnya Pendidikan bagi anaknya.Mereka percaya bahwa pendidikan adalah kunci untuk membuka pintu menuju masa depan yang lebih baik. Mengingat hal ini,ridwanullah belajar menghargai setiap kesempatan belajar yang ada. lingkungan tempat ia dibesarkan juga mempunyai pengaruh yang besar terhadap pembentukan karakter dan Di desa tersebut banyak pemimpin yang menjadi teladan bagi warga setempat. Mereka sering menyelengarakan kajian agama dan kegiatan yang melibatkan masyarakat. Ridwanullah kecil sering diundang oleh orang tuanya untuk menghadiri acara-acara tersebut, dan dari situlah ia mulai memahami pentingnya ilmu agama dalam kehidupan.Di tengah kehijauan dan kebisingan gemericik  sungai, Ridwanullah menghabiskan waktu bermain bersama teman-temannya. Mereka berlari di antara pepohonan, menciptakan dunia petualangan imajiner Namun di balik keceriaan tersebut ia bercita-cita menjadi seseorang dimata masyarakat Â
Ridwanullah mengenyam pendidikan formal dari Sekolah Dasar (SD) hingga universitas.beliau telah menempuh semua jenjang Pendidikan dengan dedikasi yang penuh semangat.saat duduk di bangku sekolah dasar dia dikenal sebagai siswa yang aktif dan cerdas.setelah tamat sekolah ridwanullah melanjutkan Pendidikan menengahnya disekolah menengah ia mulai terlibat dalam organisasi kemahasiswaan  dan berbagai kegiatan sosial. kegiatan tersebut membentuk karakter dan kepemimpinannya. dia belajar bekerja dengan orang lain, berkonflik dan merencanakan kegiatan dengan baik.Ridwanullah kemudian melanjutkan studinya di salah satu universitas di Indonesia.Di sanalah beliau menemukan minat jatinya terhadap isu isu sosial dan
kemasyarakatan. Ia  berspesialisasi dalam ilmu-ilmu sosial dan bertekad untuk memperdalam pengetahuanya tentang dinamika Masyarakat dan cara cara meningkatkan kesejahteraan penduduk.semasa kuliah ridwanullah tidak hanya fokus pada studi akademis. beliau juga aktif mengikuti seminar-seminar, lokakarya, dan pelatihan kepemimpinan. Keterlibatannya dalam berbagai kegiatan ini memberinya pemahaman tentang permasalahan sosial yang dihadapi masyarakat Indonesia.Â
Â
Awal karier Mengabdi untuk Umat Â
Setelah menyelesaikan studi sarjananya, Ridwanullah memulai karirnya dengan terlibat dalam sebuah organisasi kemasyarakatan yang bertujuan untuk memulihkan keharmonisan antar umat. Dalam perannya ini ia mencoba menghubungkan tokoh-tokoh masyarakat yang memiliki latar belakang pemahaman yang berbeda. Pekerjaan pertamanya ini membuat beliau mendapatkan pengalaman berharga tentang pentingnya toleransi dan kerjasama dalam masyarakat yang majemuk.beliau menyadari bahwa tantangan dalam menjalankan tugas ini tidaklah mudah, Ia pernah mengalami diskriminasi dari kelompok tertentu yang tidak sejalan dengan pandangannya. Namun ia belajar untuk mengelola emosinya dan tetap fokus pada tujuan mulia yang ingin dicapainya. Dalam menghadapi tantangan ini, ia mengembangkan keterampilan komunikasi dan negosiasi yang sangat berguna dalam menjalankan tugasnya. seiring berjalannya waktu Ridwanullah semakin dikenal sebagai sosok yang peduli terhadap masalah-masalah sosial di sekitarnya. Ia sering mengadakan dialog antar umat beragama untuk membahas isu-isu sensitif dan mencari solusi bersama. Kegiatan ini tidak hanya mempererat hubungan antar warga tetapi juga menciptakan suasana saling menghormati meskipun ada perbedaan pandangan. Â
Cahaya Pengetahuan Â
Dalam perjalanan hidupnya Ridwanullah sangat mengapresiasi peran para guru yang telah membimbingnya. dia percaya bahwa tanpa mereka dia bukan apa apa. Â guru bukan hanya sebagai pendidik tetapi juga sebagai inspirator yang membentuk pemikiran mereka. Mereka mengajarkan nilai-nilai kehidupan yang mendalam seperti kejujuran, kerja keras, dan suka menolong sesama.kerap mengenang momen-momen ketika gurunya memberikan nasehat bijak atau berbagi pengalaman hidup. Salah satu guru kesayanganya adalah seorang ustad di sekolah dasar yang selalu menekankan pentingnya ilmu pengetahuan dan budi pekerti. Dari beliau lah ia belajar bahwa ilmu dapat digunakan untuk kebaikan umat.Sebagai abdi masyarakat Ridwanullah merasa berkewajiban untuk mewariskan warisan ilmunya kepada generasi muda. Beliau sering mengadakan kelas-kelas tambahan bagi anak-anak di sekitar rumahnya agar mereka dapat belajar dengan lebih baik tanpa harus terbebani biaya Pendidikan.di bawah sinar rembulan malam hari, ketika bintang-bintang bersinar gemerlap di langit malam, Ridwanullah duduk bersama anak-anak desa sambil membagikan cerita-cerita inspiratif serta pelajaran hidup dan tradisi sederhana namun penuh makna.
 Â
Keseimbangan Hidup Â
Ridwanullah   memahami   pentingnya   keseimbangan   antara   kehidupan pribadi dan professional.beliau menghindari sikap procrastinator dan selalu berusaha untuk menjadi lebihproduktif Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, ia menerapkan prinsip IDEAL: Â
Iman: Memiliki keyakinan diri yang kuat Â
Dedikasi: Berkomitmen penuh terhadap tugas dan tanggung jawab Â
Elaborasi: Selalu berusaha untuk memahami lebih dalam setiap hal Â
Akhlak Mulia: Menjunjung tinggi nilai-nilai moral dalam setiap tindakan Â
Lugas: Berkomunikasi dengan jelas dan efektif Â
Prinsip-prinsip tersebut menjadi pedoman hidupnya dalam menghadapi berbagai tantangan baik di lingkungan kerja maupun kehidupan pribadinya.Untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, Ridwanullah juga menyempatkan waktu untuk bersantai bersama keluarga dan teman-temannya.Ia meyakini bahwa hubungan sosial yang baik adalah salah satu kunci hidup Bahagia. Saat senja tiba dan matahari mulai terbenam di ufuk barat, ia sering duduk bersama keluarga sambil berbagi cerita tentang hari-harinya.
 Pencapaian terbesar saat ini Â
 Â
Salah satu pencapaian terbesar Ridwanullah adalah mendirikan sebuah tempat belajar setingkat  SLTA di desanya. Ketika ia melihat banyak anak-anak di desanya menghadapi kesulitan dalam mendapatkan pendidikan berkualitas, terutama karena keterbatasan akses ke sekolah-sekolah negeri atau swasta yang lebih baik, hatinya tergerak untuk bertindak. Beliau menyadari bahwa pendidikan adalah kunci untuk membuka peluang dan mengubah nasib generasi muda di daerahnya.Dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk tokoh masyarakat setempat, orang tua siswa, dan donatur, Ridwanullah memulai proyek pembangunan sekolah tersebut dari nol.  Â
Proses ini tidaklah mudah.ia harus menghadapi berbagai tantangan yang datang silih berganti Mulai dari penggalangan dana yang memerlukan strategi dan komunikasi yang efektif, hingga perizinan dari pemerintah setempat yang seringkali rumit dan memakan waktu. Namun dengan tekad yang bulat dan kerja keras yang tak kenal lelah, Ridwanullah terus berjuang seperti pahlawan dalam kisah-kisah inspiratif. Setelah melalui berbagai rintangan, sekolah tersebut akhirnya berhasil didirikan dan mulai menerima siswa/i baru. Sekolah ini tidak hanya menawarkan pendidikan formal, tetapi juga program-program pengembangan karakter serta keterampilan hidup bagi para siswa. Dengan kurikulum yang dirancang secara komprehensif,
sekolah ini berupaya membekali muridnya dengan pengetahuan akademis sekaligus keterampilan praktis yang dibutuhkan di dunia nyata.Sekolah tersebut kini telah menjadi pusat kegiatan masyarakat. Anak-anak muda berkumpul di sana dengan semangat belajar dan berbagi pengetahuan satu sama lain. Tempat ini menjadi oase pengetahuan di tengah padang gersang kebodohan, memberikan harapan baru bagi generasi penerus. beliau merasa bangga bisa memberikan akses pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak di daerahnya, dan pencapaian ini menjadi tonggak penting dalam perjalanan hidupnya. Â
Rencana untuk kedepannya Â
Meskipun telah mencapai banyak hal melalui pendirian sekolah menengah, impian terbesar Ridwanullah adalah mendirikan perguruan tinggi di daerahnya sendiri. Ia menyadari bahwa banyak anak muda berbakat di desanya memiliki potensi besar untuk berkembang namun terhambat oleh keterbatasan akses pendidikan tinggi. Banyak dari mereka yang harus pergi jauh dari rumah untuk melanjutkan studi mereka, dan seringkali menjadi kendala baik secara finansial maupun emosional.Dengan mendirikan perguruan tinggi ini, Ridwanullah berharap dapat memberikan peluang bagi generasi muda untuk mengembangkan diri mereka lebih lanjut serta berkontribusi pada pembangunan masyarakat lokal. Ia percaya bahwa pendidikan tinggi tidak hanya akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerahnya tetapi juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan sosial secara keseluruhan.Untuk mewujudkan impian ini Ridwanullah sedang melakukan riset mendalam mengenai model perguruan tinggi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat lokal. Dia ingin memastikan bahwa kurikulum dan program-program yang ditawarkan relevan dengan tantangan dan peluang yang ada di daerah tersebut. Selain itu, ia juga menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan tinggi lainnya di Indonesia untuk mendapatkan dukungan teknis dan sumber daya.beliau membayangkan suatu hari nanti melihat generasi muda desanya mengenakan toga kelulusan sebagai simbol keberhasilan perjuangan mereka. Ia ingin menciptakan lingkungan akademis yang inklusif dan mendukung di mana setiap mahasiswa merasa dihargai dan termotivasi untuk mencapai potensi terbaik mereka. Visi ini bukan hanya tentang pendidikan ini adalah tentang menciptakan harapan baru bagi seluruh umat manusia.Dalam perjalanan menuju pendirian perguruan tinggi, Ridwanullah juga berencana untuk melibatkan masyarakat dalam proses pembangunan. Ia percaya bahwa partisipasi aktif masyarakat sangat penting untuk memastikan keberlanjutan dan relevansi institusi pendidikan tersebut. Dengan melibatkan orang tua siswa, tokoh masyarakat, serta pemuda setempat dalam perencanaan dan pelaksanaan proyek ini, ia berharap dapat menciptakan rasa memiliki dan tanggung jawab bersama terhadap pendidikan di daerah mereka Dengan semangat pantang menyerah dan visi yang jelas untuk masa depan yang cerah bagi generasi muda seterusnya, Ridwanullah terus berjuang demi mewujudkan impiannya Setiap langkah kecil menuju pendirian perguruan tinggi adalah bagian dari perjalanan besar untuk menciptakan perubahan positif dalam kehidupan banyak orang dan harapan baru bagi bangsa ini. Â
Kegagalan adalah awal mula keberhasilan Â
Ridwanullah telah mengalami banyak kegagalan dan pengalaman pahit dalam perjalanan hidupnya, namun setiap momen tersebut memberikan pelajaran berharga. Ia menggambarkan pengalaman ini seperti badai yang menerpa kapal kecil di tengah lautan luas. Salah satu momen paling berat baginya adalah ketika proyek pembangunan sekolah, pertama kali menghadapi kendala serius akibat kurangnya dukungan dana pada tahap awal. Saat itu ia merasa putus asa dan hampir menyerah pada impiannya. Rasa sakit akibat kegagalan itu seolah menyesakkan dadanya hingga ia merasa sulit bernapas.Namun setelah merenung sejenak dan mendapatkan dukungan dari keluarga serta teman-temannya yang selalu ada di sampingnya, Ridwanullah bangkit kembali dengan semangat baru, seperti burung phoenix yang bangkit dari abu. Ia teringat akan semboyan "kegagalan adalah awal dari keberhasilan." Dengan tekad yang kuat seperti baja, ia tidak tergoyahkan oleh angin kencang sekalipun. Ia mulai mencari alternatif sumber dana lain dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak agar proyek tersebut dapat dilanjutkan. Ini adalah perjalanan panjang menuju cahaya harapan baru setelah melewati malam gelap kegagalan.Pengalaman ini mengajarkannya tentang pentingnya ketahanan mental dan kemampuan untuk bangkit dari keterpurukan. Ini menjadi pelajaran hidup yang sangat berharga baginya hingga saat ini, mengingat bahwa setiap rintangan dapat dilalui asalkan kita tetap teguh pada tujuan kita. Ini adalah mantra kehidupan yang penuh makna demi mencapai cita-cita luhur untuk umat manusia tercinta. Â
 Â
Pesan untuk Generasi Muda Â
Sebagai seorang pelayan umat dan pendidik bagi generasi muda saat ini, Ridwanullah dengan tulus menyampaikan pesan khusus: "Carilah ilmu sampai ke ujung dunia" Ia percaya bahwa pengetahuan adalah senjata terkuat untuk menghadapi tantangan zaman serta membangun masa depan bangsa harta tak ternilai yang abadi sepanjang masa, lebih berharga daripada emas atau permata manapun. Ia mendorong generasi muda agar tidak takut bermimpi besar dan terus berusaha mengejar cita-cita mereka meskipun harus melewati berbagai rintangan di sepanjang jalan. Setiap usaha keras pasti akan membuahkan hasil jika disertai dengan niat baik serta doa kepada Tuhan Yang Maha Esa.beliau memiliki keyakinan luhur bahwa allah selalu menyertai setiap langkah perjuangan hamba-Nya menuju jalan kebenaran yang hakiki. Dalam setiap kesempatan berbicara kepada anak-anak muda di desanya ia selalu menekankan betapa berharganya waktu mereka. "Jangan sia-siakan masa muda kalian" ujarnya penuh semangat sambil menatap mata mereka dengan harapan seolah menyalakan api semangat juang dalam jiwa-jiwa muda yang bersinar cerah seperti bintang-bintang di malam hari. Â
Harapan terbesar Ridwanullah adalah terciptanya lembaga pendidikan tinggi di Desa Bojonggaling, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi. Ia ingin lembaga ini menjadi mercusuar pengetahuan bagi generasi mendatang, sehingga mereka dapat menemukan jalan menuju cita-cita masing-masing tanpa merasa terasing atau tersisih oleh keadaan ekonomi atau geografis mereka. Ini adalah cita-cita mulia demi masa depan bangsa Indonesia tercinta di mana setiap anak memiliki hak atas pendidikan berkualitas tanpa terkecuali.beliau berharap lembaga tersebut mampu menciptakan perubahan mental yang lebih baik bagi individuindividu di sekitarnya serta mendorong kesejahteraan bagi seluruh warga desa melalui peningkatan kualitas pendidikan. Ini adalah harapan abadi agar kelak semua insan dapat menikmati cahaya ilmu pengetahuan tanpa batasan apapun.Dengan semangat pengabdian serta dedikasinya terhadap umat manusia, seperti embun pagi yang menyegarkan, daun-daun hijau setelah hujan turun malam sebelumnya, Ridwanullah terus melangkah maju menuju masa depan
yangcerah,bukan hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga bagi seluruh orang yang dicintainya dengan sepenuh hati. Ini adalah perjalanan panjang penuh liku-liku namun sangat bermakna demi mewujudkan cita-cita luhur akan dunia yang lebih baik melalui pendidikan sebagai landasan utama perubahan sosial menuju kehidupan yang lebih bermartabat dan sejahtera selamanya.Dalam setiap langkah perjalanan hidupnya hingga saat ini, dari seorang anak desa hingga menjadi pelayan umat, Ridwanullah menunjukkan bahwa ketekunan serta komitmen terhadap kebaikan dapat membawa perubahan signifikan tidak hanya bagi diri sendiri tetapi juga bagi orang lain. Dengan visi besar tentang masa depan pendidikan di desanya dan tekad kuat untuk terus berkarya demi umat manusia, Ridwanullah adalah contoh nyata bagaimana satu individu dapat membuat perubahan besar melalui dedikasi tanpa henti terhadap ilmu pengetahuan dan pengabdian kepada masyarakat.ini adalah kisah inspiratif tentang harapan yang tak pernah padam meskipun badai menghadang. a journey that will echo through the ages as a testament to the power of hope and resilience in the face of adversity. Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H