Mohon tunggu...
Raihan Amalky
Raihan Amalky Mohon Tunggu... Mahasiswa - Laki-laki

saya Raihan Ridho Amalky Mahasiswa jurusan manajemen Universitas Islam Sultan Agung

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Analisis Pemasaran Bisnis dalam Upaya Pengembangan UMKM Untuk Meningkatkan Perekonomian Negara

2 Januari 2022   10:43 Diperbarui: 2 Januari 2022   10:46 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

ANALISIS PEMASARAN BISNIS DALAM UPAYA PENGEMBANGAN UMKM UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN NEGARA

Penulis 1 : Raihan Ridho Amalky (30402000294)

Penulis 2 : Ibu Meilan Arsanti, S.Pd., M.Pd.

PENDAHULUAN

  • Latar Belakang

Fashion di Indonesia kini semakin berkembang mengikuti arus modernisasi. Perkembangan ini menjadikan masyarakat sebagai masyarakat yang selektif di dalam menentukan gaya hidupnya. Gaya hidup sangat erat hubungannya dengan fashion, karena adanya fashion akan menunjang penampilan seseorang agar lebih menarik dan menjadi trend center di masyarakat. Produk fashion termasuk produk yang dapat dikonsumsi dalam jangka panjang karena produk ini digunakan dengan pemakainan normal satu tahun. Produk fashion meliputi pakaian, sepatu, tas, aksesoris, dan lain sebagainya.

Persaingan bisnis pada bidang fashion sangat ketat terutama pada bidang pakaian, pemasar bersaing dalam menawarkan barang dagangan(produk yang dijual) dengan berbagai cara yang digunakan agar konsumen tertarik dengan barang dijual oleh perusahaab tersebut. Banyak pemasar yang berusaha untuk menawarkan model pakaian terkini yang menggunakan bahan berkualitas, pembuatan desain secara khusus yang dibuat oleh toko tersebut atau ciri khas dari toko, bahkan mereka memberikan penawaran harga yang pas dikantong(murah).

Semua pilihan tergantung pada konsumen itu sendiri, mereka lebih memilih baju dengan harga yang tergolong mahal atau harga murah kualitas oke. Di dalam menjalankan persaingan bisnis, pemasar diharapkan memiliki kreativitas yang tinggi di dalam menciptakan inovasi, hal tersebut menjadi pertimbangan yang sangat penting dalam kegiatan bisnis karena dengan inovasi yang dibuat oleh pemasar mampu membuat perusahaan bertahan dalam suatu persaingan. Para pemasar juga harus menyediakan sarana untuk konsumen agar bisa mencari informasi secara detail.

Dengan potensial nya bisnis Brand Fashion yang marak di era zaman sekarang, Penulis berfikir untuk menciptakan sebuah inovasi Brand Fashion yang bertemakan idealis.

Dari gagasan yang penulis fikirkan penulis ingin menganalisis STP (Segmentasi, Targeting, Positioning) bisnis Brand Fashion yang akan penulis buat

  • Rumusan Masalah

Mengacu terhadap latar belakang di atas, sehingga rumusan masalah yang akan penulis angkat adalah "Menganalisis STP (Segmentasi, Targeting, Positioning) dalam upaya meningkatkan inovasi Brand Fashion"

  • Tujuan Penulis

Sehubungan dengan rumusan masalah diatas, maka tujuan penulisan ini adalah Untuk mengetahui penerapan analisis STP (Segmentasi, Targeting, Positioning) dalam upaya meningkatkan inovasi Brand Fashion

  • Manfaat Penulis

Berdasarkan tujuan penulisan diatas, Adapun manfaat yang diharapkan dalam penulisan ini adalah :

  • Sebagai sarana untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang diperoleh penulis
  • Untuk mengetahui bagaimana penerapan analisis STP dalam meningkatkan inovasi Brand Fashion
  • Dari ilmu pengetahuan yang diperoleh penulis kemudian dapat di implementasikan diusaha bisnis yang dibuat oleh penulis

PEMBAHASAN

  • Pengertian Pemasaran

Definisi marketing atau pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan suatu produk atau layanan yang mereka punya. Pemasaran ini mencakup pengiklanan, penjualan, dan pengiriman produk ke konsumen atau perusahaan lain.

Dalam melakukan promosi, mereka akan menargetkan orang-orang yang sesuai dengan produk yang dipasarkan. Biasanya mereka juga melibatkan selebriti, selebgram atau siapapun yang memiliki kepopuleran untuk mendongkrak produk tersebut. Tak hanya itu, dalam pemasaran, bagian yang memiliki tugas ini akan membuat kemasan atau desain yang menarik pada iklan sehingga akan banyak orang yang tertarik.

Selain itu, dengan adanya pemasaran juga sangat membantu para konsumen. Jadi mereka akan lebih mudah menemukan produk yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Ketika pemasaran sesuai dengan targetnya, perusahaan akan mendapatkan banyak pembeli dan kefuntungan bisa didapatkan.

  • Pengertian Strategi

Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu

  • Pengeretian Strategi Pemasaran

Menurut Paul dan Guiltinan, strategi pemasaran adalah sebuah pola pikir yang digunakan untuk mengembangkan suatu bisnis atau perusahaan. Adapun cara yang digunakan adalah dengan menyatukan beberapa unsur pemasaran seperti segmentasi pasar, bauran marketing, posisi, sasaran, dan sebagainya.

  • Analisis STP

STP atau Segmentation Targeting Positioning adalah salah satu pendekatan atau model yang digunakan untuk mengembangkan pesan dan strategi pemasaran yang sesuai pada segmentasi target audiens tertentu.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya untuk menerapkan model STP marketing ini kamu harus melakukan 3 langkah, yaitu:

  • Segmentasi

Segmentatsi dilakukan dengan membagi pelanggan menjadi sekelompok orang dengan karakteristik dan kebutuhan yang sama. Segmentasi Brand Fashion yang akan penulis rancang adalah meliputi segmenting geografis adalah wilayah Pulau Jawa, Jakarta dan Bali. Segmenting demografinya yaitu rentang usia 15 -- 30 tahun dengan penghasilan antara Rp. 1.000.000 -- 5.000.000, Pendidikan pelajar dan mahasiswa yang berjenis kelamin pria dan wanita. Sedangkan segmenting psikografis nya yaitu konsumen yang belanja sesuai keinginan yang disukai dan segmenting tingkah laku konsumen yaitu berloyalitas tinggi

  • Targeting

Tahapan segmenting atau Tahapan kedua dalam model Segmenting Targeting Positioning adalah menentukan segmen mana yang akan menjadi target pemasaran. Targerting dari penulis merupakan seseorang yang berjenis kelamin pria dan wanita, berusia 15-30 tahun yang berpendidikan pelajar dan mahasiswa

  • Positioning

Tahapan positioning dapat diartikan menentukan bagaimana produk atau brand kamu direpresentasikan dalam benak pelanggan potensial. Positioning Brand Fashion dari penulis memiliki keunggulan kualitas dari desain yang di tampilkan sangat menarik perhatian bagi yang melihat serta memakai bahan baju yang berkualitas dan nyaman jika dipakai.

PENUTUP

  • Kesimpulan

Berdasarkan hasil penulisan yang telah dipaparkan sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa: Analisis STP mampu mengembangkan potensi UMKM bisnis dengan berinovasi membuka Toko Brand Fashion akan menerapkan strategi Analisis STP menggunakan variabel Segmentasi, Targeting, Promotion yang mampu meningkatkan volume penjualan pada Toko Brand Fashion. Strategi Analisis STP yang akan diterapkan oleh Toko Brand Fashion dalam upaya meningkatkan volume penjualannya juga sudah dilakukan dengan benar dan sesuai dengan teori yang ada, dengan kata lain ketiga variabel tersebut berperan penting dalam meningkatkan volume penjualan, meningkatkan jumlah pelanggan serta dapat memberikan keuntungan untuk usaha Toko Brand Fashion dan mampu meningkatkan potensi UMKM daerah.

  • Saran

Berdasarkan penulisan yang telah selesai dilakukan, maka penulis dapat memberikan saran yaitu untuk pengembangan ilmu pengetahuan diharapkan para pembaca lebih memahami secara spesifik tentang Analisis STP dan tingkat penjualan dalam berbagai jurnal, artikel, maupun buku-buku penunjang.

DAFTAR PUSTAKA

http://repository.unimus.ac.id/3033/2/BAB%20I.pdf https://cpssoft.com/blog/bisnis/pengertian-pemasaran-fungsi-dan-jenis- pemasaran-dalam-bisnis/

https://koinworks.com/blog/pengertian-strategi-pemasaran-fungsi-contoh- elemen/

https://id.wikipedia.org/wiki/Strategi http://bemfe.unimus.ac.id/index.php/2021/04/22/mengenal-segmenting- targeting-dan-positioning-stp-marketing/

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun