Organisasi tidak bisa terus-menerus berapa di tahapan atau tingkatan yang sama, harus berjalan atau pindah ke tahapan selanjutnya, artinya harus melakukan perubahan. Organisasi harus melakukan perubahan agar tetap dapat mengikuti, cocok, dan relevan dengan kemajuan masa demi tetap bisa bersaing dalam dunia kerja/bisnis.Â
Untuk melakukan perubahan, pasti ada dorongannya, organisasi akan melakukan perubahan dengan dorongan berupa kemajuan teknologi, globalisasi, media sosial dan revolusi informasi, turbulensi ekonomi, pergeseran sikap sosial, perubahan kekuatan pasar, e-business dan mobile commerce, dan peningkatan regulasi. Terlepas dari dorongan perubahan dari bagian luar atau eksternal, perubahan juga mulai dari pemimpin.Â
Pemimpin harus menjadi "Change Agent" atau agen perubahan dalam organisasi, untuk membantu para pengikut serta organisasi beradaptasi dengan ancaman eksternal dan peluang baru yang ada. Agar mencapai perubahan yang sukses, pemimpin organisasi harus memiliki karakteristik seperti :
- Mendefinisikan diri mereka sebagai pemimpin perubahan daripada sebagai orang yang ingin mempertahankan status kuota.
- Menunjukkan keberanian.
- Percaya pada kapasitas karyawan untuk memikul tanggung jawab.
- Dapat mengasimilasi dan mengartikulasikan nilai-nilai yang mendorong kemampuan beradaptasi.
- Mengenali dan belajar dari kesalahan mereka sendiri.
- Mampu mengelola kompleksitas, ketidakpastian, dan ambiguitas..
- Memiliki visi dan dapat menggambarkan visi mereka untuk masa depan dengan jelas.
Tetapi dalam memimpin organisasi ke perubahan, pemimpin harus juga memperhatikan tahap-tahapan yang penting untuk memberikan arahan dalam proses perubahan.Â
Pemimpin harus memberikan rasa kebutuhan akan perubahan kepada orang-orang dalam organisasi, mengumpulkan orang-orang yang tepat untuk membuat rencana perubahan organisasi, memberikan visi serta strategi yang jelas untuk memberikan gambaran untuk mencapai perubahan yang dituju, selalu melakukan komunikasi, menyingkirkan hambatan yang ada dan mendorong orang-orang dalam organisasi untuk bertindak/bekerja secara kreatif, mencapai goals kecil dalam perubahan dan merayakannya untuk menjaga semangat orang-orang dalam organisasi, teruslah bergerak maju, dan mencari jalan agar perubahan yang dilakukan/dicapai tetap menempel ke dalam work habit orang-orang organisasi.
Menurut saya, setiap organisasi pada masa sekarang, harus terus melakukan perubahan atau membauat perubahan bersifat short-term atau sementara. Kenapa?, perubahan dan kemajuan pada masa kini melaju dengan secara cepat.Â
Pada satu hari saja, kita dapat melihat sebuah perubahan dalam masyarakat seperti kebiasaan, frekuensi pembelian, dan hal sebagainya. Serta, teknologi yang maju dengan sangat cepat, seperti dari membeli barang dengan uang cash menjadi tinggal menempelkan smartphone kita ke kasir.
Organisasi atau perusahaan harus selalu up-to-date tentang hal seperti itu dan hal-hal lainnya, jika tidak, mereka bisa tertinggal dan tidak dapat kembali ke posisi sebelumnya walaupun sudah melakukan perubahan. Contohnya seperti produsen handphone yaitu Nokia dan BlackBerry. Nokia merupakan handphone yang menguasai pasar di Indonesia pada tahun 2006-2008, mereka memiliki line-up handphone yang menarik dan sesuai dengan para konsumennya.Â