Mohon tunggu...
raihan abed wahyudi
raihan abed wahyudi Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Politik

Political Science Student. Political Analyst.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Islamisme dan Post Islamisme dalam Sosial Politik Indonesia Saat Ini

7 Januari 2021   09:54 Diperbarui: 7 Januari 2021   10:21 206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seperti yang kita ketahui bahwasannya Islamisme merupakan paham yang bertujuan ingin mendirikan negara Islam dan menerapkan hukum Islam, sedangkan Post-Islamisme berusaha memadukan antara agama dan sistem politik modern. Agenda utama Islamisme ialah mendirikan tatanan negara Islam dan memobilisasi umat Islam dalam rangka membangun tatanan yang totaliter yang disebut sebagai nizam Islami. Islamisme ingin mengembalikan Islam seperti yang telah dipraktikkan oleh Nabi Muhammad SAW. 

Islam Politik (Islam Siyasi) atau Islamisme juga muncul sebagai respons terhadap ekses-ekses modernitas yang dipahami sebagai Barat dan asing, yang dianggap gagal memenuhi kepentingan-kepentingan Islam seperti yang mereka pahami. Salah satu slogan kaum Islamis adalah "Islam adalah Jawaban" (al-Islam huwa al-hal). Mereka menganggap ideologi-ideologi selain Islam seperti demokrasi, sosialisme, komunisme, dan sekulerisme telah gagal. Namun, meskipun berusaha merujuk tradisi dan masa lalu, Islamisme di zaman modern adalah produk modernitas dan modernisasi.

Islamisme mengklasifikasikan seluruh kalangan non muslim sebagai kuffar (orang-orang kafir) dan dengan demikian berarti merupakan "musuh Islam." Kalangan muslim liberal pun tidak luput dari sasaran. Selain berkontribusi terhadap polarisasi antara muslim dan non muslim lainnya, Islamisme juga memunculkan perseteruan internal yang kejam.

Asal usul Islamisme (Islam politik) yang muncul sebagai akibat krisis di dunia Islam dapat ditelusuri sejak lahirnya al Ikhwan al-Muslimin di Mesir sebagai pangkalan awal gerakan Islamisme pada tahun 1928 M. Gerakan ini menyebar ke seluruh dunia Muslim, termasuk Indonesia.

Dalam konteks ke-Indonesiaan, dapat dibilang bahwa kelompok Islamisme merupakan kelompok Muslim yang pertama ada di Indonesia, jauh sebelum Post-Islamisme muncul.  Wujud yang jelas dari hal tersebut ialah terbentuknya Partai Masyumi pada masa itu yang menginginkan Indonesia merdeka berdasarkan syariat Islam yang dituangkan dalam sila pertama Pancasila yang berbunyi Ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya"  yang kemudian disempurnakan menjadi "Ketuhanan Yang Maha Esa".

Salah satu indikator berhasilnya Islamisme adalah menjamurnya lembaga pendidikan berbasis Islam non Pesantren. Berdirinya TK IT, SD-IT, SMP-IT, SMA-IT (Islam Terpadu) dan organisasi pendidikan Islam seperti Rohis yang tersebar hampir di setiap sekolah-sekolah SMA. Berdasarkan indikator tersebut, dapat terlihat bahwa Islamisme di Indonesia merupakan suatu gerakan massa berbasis agama yang menuntut perubahan sosial akibat ketidakpuasan dan kecewa terhadap rezim yang dianggapnya otoriter dan tidak peduli dengan penderitaan rakyatnya. 

Gerakan Islam mulai terlihat pasca lengsernya rezim Orde Baru. Hal yang paling menonjol adalah berdirinya partai-partai Islam dan Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam. Partai Islam yang berdiri seperti PKS (Partai Keadilan Sejahtera), PBB (Partai Bulan Bintang), PKU (Partai Kebangkitan Ummat) yang lahir sebagai tandingan dari partai Islam lain, yaitu PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) dan Partai Persatuan. Ormas-ormas Islam pun didirikan sebagai penampung aspirasi umat Islam yang mungkin tidak terkoordinir oleh partai politik, di antaranya yaitu FPI (Front Pembela Islam), MMI (Majelis Mujahidin Indonesia), HTI (Hizbut Tahrir Indonesia) dan ormas-ormas lainnya. 

Maraknya pendirian sebuah parpol Islam dan Ormas Islam, akan berhubungan pula dengan munculnya kelompok-kelompok Islam jihadis (kelompok Islam garis keras) di Indonesia sebagai bentuk kekecewaan dan mereka mempunyai pemahaman politik Islam sebagaimana yang digunakan oleh al-Ikhwan al-Muslimin di Timur Tengah atau Masyumi di Indonesia. 

Contoh nyata di Indonesia, yaitu gerakan 212 yang dilatarbelakangi oleh penistaan agama oleh Basuki Tjahja Purnama (Ahok) yang saat itu mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta dan gerakan tersebut dimaksudkan untuk menyatakan penolakan terhadap pasangan Ahok-Djarot yang saat itu bersaing dengan pasangan Anies-Sandi yang didukung oleh salah satu partai Islam yaitu PKS, sehingga hal ini membulatkan suara mayoritas kelompok Islamisme di wilayah Jakarta untuk mendukungnya. Alhasil, tujuan pun tercapai, Ahok-Djarot kalah dalam pemilihan, bahkan Ahok mendapat 2 tahun kurungan penjara akibat perbuatannya tersebut. 

Contoh nyata berikutnya adalah peristiwa yang saat ini sedang santer terdengar dan diberitakan. Semenjak kepulangan tokoh besar FPI yaitu Habib Rizieq ke Indonesia beberapa waktu lalu, berbagai peristiwa terjadi. Sebut saja, penjemputannya di Bandara yang dihadiri banyak sekali massa pengikutnya. Lalu kejadian pernikahan anaknya sekaligus peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang juga dihadiri oleh ribuan massanya. Juga peristiwa meninggalnya 6 anggota laskar FPI yang diduga ditembak mati oleh aparat kepolisian karena menyerang anggota kepolisian. Dan hari ini polisi menetapkan 6 orang tersangka atas kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta. 

Dari dua contoh nyata tadi saja, kita sudah dapat melihat bahwa Islamisme di Indonesia masih sangat menjual untuk selalu diungkit dan dikaitkan dengan politik. Eksistensi kelompok Islamisme juga diprediksi masih akan terus bertahan, karena kelompok-kelompok tersebut sudah memiliki struktur organisasi dan tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Sebut saja FPI, yang sampai dengan tahun 2004 saja telah mendirikan 18 cabang di tingkat provinsi dan sebanyak 50 perwakilan cabang di tingkat kabupaten dengan puluhan ribu simpatisan di seluruh Indonesia. Ikatan dan keterikatan antar anggotanya juga sangat terlihat akrab, selayaknya sebuah keluarga, jika ada satu anggota yang diganggu, maka yang lain akan melakukan aksi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun