Digital Marketing adalah suatu aktivitas promosi barang atau jasa kita menggunakan media digital.
Digital Marketing tidak bisa langsung begitu saja loh, ada beberapa langkahnya, sebagai berikut:
1. Punya target produk atau market
2. Pilihlah produk paling bagus dan menarik
3. Kita harus mempunyai website pribadi
4. Memaksimalkan media sosial yang kita punya
Apa sih tujuan dari Digital Marketing itu? Tujuan dari Digital Marketing sendiri adalah untuk menjangkau konsumen maupun calon konsumen secara mudah dan cepat, karena kita menggunakan sosial media seperti YouTube, Facebook, Instagram dan Tiktok.
Di beberapa platform yang sudah saya sebutkan di atas, Penggunanya juga berbeda-beda loh, seperti di Facebook rata-rata pemakai Facebook adalah orang tua jadi kalau mau berbisnis di Facebook tersebut kita harus membuat caption yang menarik dan detail karna para orang tua biasanya kalau mau berbelanja online harus mempunyai info yang detail.
Berbeda dengan Facebook, Instagram dan Tiktok penggunanya rata-rata di dominasi oleh anak muda, jadi kalau kita mau membuka usaha di kedua platform tersebut kita harus membuat barang yang sedang trend dan kalau bisa di kasih sedikit diskon karena biasanya anak-anak muda suka yang diskon.
Ada beberapa hal yang harus disiapkan untuk Digital Marketing loh, berikut beberapa hal yang harus kita siapkan:
1. Tentukan Target Pasar
apa sih target pasar itu? Target pasar adalah khalayak atau konsumen yang menjadi target pemasaran produk kita untuk melakukan pendekatan.
2. Pelajari strategi dan teknik dasar dalam Digital Marketing
strategi dalam Digital Marketing berbagai macam loh, simak berikut ini:
-Adakan giveaway
-Melakukan Kolaborasi dengan brand lain atau artis
-Buat konten pemasaran semenarik mungkin supaya menarik konsumen untuk menggunakan brand atau jasa kita.
-Manfaatkan semua media sosial yang kita punya
3. Cek sistem penjualan dan pemasaran
4. Bangun SDM yang berkompeten
5. Pahami kebutuhan dan keinginan konsumen
Berikut ini adalah beberapa konten marketing yang paling banyak digunakan oleh pebisnis:
-Blog
-Ebook
-Video
-Investasi jangka panjang
-Meningkatkan brand awareness
Ada beberapa jenis Digital Marketing yang harus kalian ketahui:
-Push Digital Marketing
Strategi yang masuk dalam Push Digital Marketing itu sendiri adalah membuat blog, website, mengiklankan produk kita di berbagai website, dan melakukan promosi melalui email.
-Pull Digital Marketing
Berbeda dengan Push Digital Marketing, jenis pull digital marketing ini mengacu pada keaktifan konsumen itu sendiri untuk mencari informasi tentang brand atau produk yang di butuhkan.
Selain itu, Digital Marketing juga mempunyai manfaat yang cukup besar loh, mau tau apa saja manfaatnya? yuk langsung aja di simak!
-Menghasilkan Penjualan yang tinggi
-Mempersiapkan untuk era Internet Of Things
-Membantu perusahaan yang baru merintis untuk bersaing dengan perusahaan yang sudah punya nama
-Membuat pelaku lebih hemat
-Pelaku dan konsumen jadi bisa lebih dekat
nah berikut adalah beberapa manfaat dari Digital Marketing. So kalian sudah tau kan apa itu Digital Marketing? jadi bagaimana apakah kalian minat dengan bidang Digital Marketing ini? Semangat!!!
Semoga Bermanfaat yaa:)