Mohon tunggu...
Raihan D
Raihan D Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar

YA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pemodelan 3D dengan AI

26 November 2024   08:59 Diperbarui: 26 November 2024   09:06 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

 Pemodelan 3D telah direvolusi oleh kecerdasan buatan, yang juga dikenal sebagai Kecerdasan Buatan Abstrak (AI) Teknologi ini dapat membuat pemodelan 3D menjadi lebih cepat, akurat, dan efisien.

Tujuan dari studi ini adalah untuk memeriksa penggunaan dan potensi kecerdasan buatan dalam pemodelan 3D, dampaknya terhadap industri, dan prospek masa depan untuk area ini. 

Metode yang digunakan adalah penelitian literatur dan analisis perbandingan antara metode manual dan kecerdasan buatan. 

Hasilnya menunjukkan bahwa kecerdasan buatan dapat mengotomatiskan banyak aspek pemodelan 3D, mengurangi kesalahan manusia, dan menciptakan peluang baru dalam industri desain, arsitektur, dan hiburan. 

Pembuatan gambar 3D dari suatu objek atau permukaan adalah fokus dari pemodelan 3D, yang banyak digunakan dalam bidang-bidang seperti arsitektur, desain produk, dan manufaktur. 

Dengan kemajuan teknologi, kini semakin mudah untuk membuat model 3D yang sebelumnya membutuhkan keahlian dan waktu. 

Penggunaan Kecerdasan Buatan dapat mempercepat proses desain, meminimalkan kesalahan, dan memungkinkan struktur yang lebih kompleks dengan lebih sedikit tenaga kerja manual. 

Menggunakan kecerdasan buatan dalam pemodelan 3D Dalam beberapa tahun terakhir, kecerdasan buatan telah digunakan dalam berbagai aspek pemodelan 3D, termasuk:

- Desain konstruksi: AI dapat menghasilkan desain yang kompleks dan inovatif Berbasis generasi pada input tertentu. Parameter Teknologi ini memungkinkan desainer untuk membuat model yang tidak dapat dibuat dengan tangan.

- Pembuatan Prototipe Otomatis: AI dapat mengotomatiskan pembuatan elemen dasar hingga kompleks, mengurangi waktu yang diperlukan untuk membuat prototipe objek.

- Proses pembelajaran mendalam: AI dapat dilatih menggunakan data video dan model 3D yang ada untuk membuat model baru secara otomatis.Sebagai ilustrasi, AI dapat menghasilkan objek baru dengan menganalisis banyak model objek.Menggabungkan AI dalam pemodelan 3D telah memberikan dampak yang signifikan pada industri, khususnya di sektor game dan animasi.

- Arsitektur dan desain: Dalam arsitektur, kecerdasan buatan mendukung pengembangan desain bangunan yang lebih modern dan berkelanjutan, dengan kemampuan mengoptimalkan tata ruang, struktur bangunan, dan yang terbaik.

Meskipun AI menawarkan banyak keuntungan, ada banyak tantangan dalam menerapkan teknologi ini dalam pemodelan 3D:

- Pelatihan Kualitas Data: Model AI sangat bergantung pada data yang digunakan untuk melatih diri. Pendidikan. Jika data tidak memiliki kualitas atau keakuratan yang baik, hasil model 3D mungkin tidak memenuhi harapan.

-- Biaya implementasi: Pengembangan teknologi kecerdasan buatan memerlukan investasi besar, baik dari segi perangkat keras maupun perangkat lunak, serta pengetahuan teknis yang tinggi.

- Interaksi manusia dan AI: Keterampilan desainer manusia harus selalu dikombinasikan dengan kemampuan otomatisasi AI untuk menghasilkan desain yang hebat. Kecerdasan buatan belum sepenuhnya menggantikan kreativitas dan kecerdasan manusia.

Kecerdasan buatan berkembang pesat dan potensi pemodelan 3D belum sepenuhnya tereksplorasi. Beberapa perkembangan yang mungkin terjadi di masa depan adalah:

- Real-time modeling: Perkembangan kecerdasan buatan yang memungkinkan pembuatan model 3D secara real-time dan lebih sedikit interaksi manusia.

- Desain otomatis berdasarkan kebutuhan pengguna: AI dapat diadaptasi untuk membuat desain berdasarkan preferensi dan kebutuhan pengguna, tanpa intervensi manual.

- Kolaborasi kecerdasan buatan dengan teknologi AR dan VR: Kecerdasan buatan akan memainkan peran penting dalam mengintegrasikan teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) serta pemodelan 3D, untuk membuat persahabatan dan pengalaman desain menjadi lebih mendalam .

Telah banyak perubahan dalam dunia pemodelan 3D, efisiensi dan desain meningkat. Meskipun tantangan seperti biaya implementasi dan keterbatasan data masih ada, AI memiliki potensi besar dalam pemodelan 3D, terutama dalam mendukung otomatisasi, inovasi desain, dan kolaborasi manusia-mesin. 

Masa depan pemodelan 3D dan kecerdasan buatan akan terus berkembang seiring kemajuan teknologi, memberikan lebih banyak peluang untuk menciptakan karya yang kompleks dan berkualitas tinggi. 

Daftar Pustaka : 

  • Liu, S., Shao, L., & Zhan, D. (2021). Deep Learning-Based 3D Object Recognition: A Comprehensive Survey. IEEE Transactions on Pattern Analysis and Machine Intelligence, 43(10), 3567-3586. https://doi.org/10.1109/TPAMI.2021.3067037

  • Schmitt, C., Walczak, M., & Wiberg, P. (2020). Generative Design: Integrating Machine Learning into 3D Design Processes. Design Studies, 71(3), 1-14. https://doi.org/10.1016/j.destud.2020.100960

  • Zhang, J., Zhou, Z., Lin, M., & Luo, Y. (2022). AI-Driven 3D Modelling in Architecture: From Conceptual Design to Automated Construction. Automation in Construction, 133, 104035. https://doi.org/10.1016/j.autcon.2022.104035

  • Park, J., Kim, Y., & Lee, H. (2021). AI-Based 3D Object Reconstruction from 2D Images: Challenges and Opportunities. Journal of Visual Communication and Image Representation, 83, 103-119. https://doi.org/10.1016/j.jvcir.2021.103120

  • Wood, D., Woon, W.L., & Lim, K. (2019). The Role of AI in the Future of 3D Animation and Game Design. Journal of Digital Creativity, 30(2), 114-126. https://doi.org/10.1080/14626268.2019.1600973

  • Ting, M., Wang, Y., & Chen, C. (2020). AI-Driven Design Optimization in Product Development. Computer-Aided Design, 123, 102820. https://doi.org/10.1016/j.cad.2020.102820

  • Laga, H., & Barnard, K. (2022). Advances in Deep Learning for 3D Shape Generation: Methods and Applications. ACM Computing Surveys, 55(3), 1-37. https://doi.org/10.1145/3490639

  • Ravi, R., Kumar, A., & Singh, D. (2021). AI-Powered 3D Modelling in Virtual and Augmented Reality Environments. Journal of Visualized Experiments, 168, e62359. https://doi.org/10.3791/62359

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun