Pembelajaran terpadu adalah sistem yang memberi siswa kesempatan, baik secara individu maupun kelompok, untuk aktif mencari, menggali, mengembangkan, bahkan menemukan konsep dan prinsip ilmu pengetahuan secara menyeluruh dan sistematis. Namun, pendekatan ini masih belum diterapkan secara optimal di banyak sekolah. Banyak guru menghadapi kesulitan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran terpadu. Artikel ini penting untuk membahas konsep dasar pengembangan pembelajaran terpadu, dengan harapan bahwa pemahaman yang kuat dapat memudahkan guru dalam merancang pembelajaran terpadu dan meningkatkan kemampuan siswa dalam mengaitkan konsep-konsep di berbagai bidang studi. Berikut adalah pembahasan mengenai konsep dasar pengembangan pembelajaran terpadu.
Pertama, memahami makna pengembangan pembelajaran terpadu
Menurut Abdul Majid, pengembangan pembelajaran adalah proses merancang pembelajaran secara logis dan sistematis, bertujuan untuk menentukan semua kegiatan dalam proses belajar dengan mempertimbangkan potensi dan kemampuan siswa. Pembelajaran terpadu menyatukan topik kurikulum secara interdisipliner, memungkinkan siswa memahami konsep melalui tema tertentu. Fokusnya adalah mengaitkan mata pelajaran dan menghubungkannya dengan dunia nyata untuk mengembangkan keterampilan dan menciptakan pengalaman belajar yang menarik serta bermakna. Pendekatan ini memberikan pembelajaran yang komprehensif, menekankan pada pembentukan sikap dan keterampilan, serta menjadikan tujuan akhirat sebagai sasaran utama di samping pengetahuan dunia.
Kedua, hakikat pendekatan pembelajaran terpadu versi JSIT
Pendekatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh seluruh SIT di Indonesia dinamakan TERPADU. TERPADU merupakan akronim dari "Terapkan, Eksplorasi, Rumuskan, Presentasikan, Aplikasikan, Duniawi dan Ukhrowi."
Telaah berarti mempelajari konsep-konsep dasar dari materi melalui kegiatan perenungan dan refleksi mendalam.
Eksplorasi berarti menjalankan aktivitas untuk memperoleh pengetahuan menggunakan beragam metode dan pendekatan pembelajaran.
Rumuskan artinya menyimpulkan hasil eksplorasi dengan beragam bentuk penyajian.
Presentasikan artinya menjelaskan atau mendiskusikan rumusan hasil eksplorasi.
Aplikasikan artinya menggunakan hasil pembelajaran yang didapat untuk memecahkan masalah dan menghubungkan dengan bidang terkait.